Skip to main content

Review "Crimes Against Nature , Environmental Criminology and Ecological Justice

Note : Dibuat untuk Tugas Terorisme dan Kejahatan Internasional

Book by Rob White

Review :

Buku ini terdiri atas tiga bagian pokok yaitu bagian pertama menjelaskan pendekatan teoretis dan perspektif, bagian kedua menjelaskan dimensi kejahatan lingkungan baik national maupun internasional, bagian ke 3 berhubungan dengan berbagai tanggapan terhadap kejahatan lingkungan, penegakan hukum, peraturan, pencegahan kejahatan lingkungan dan peran lembaga global.
Persfektif Teori Hijau
Pada dasarnya isu lingkungan menjadi berita utama selama beberapa tahun belakangan. Hubungan antara manusia dan alam tidak dapat dipisahkan dari keadaan lingkungan. Isu mengenai Green Criminology atau Environmental Criminology pertama kali diperkenalkan oleh Lynch pada tahun 1990 sebagai pendeskripsian terhadap kejahatan lingkungan dan biasa juga disebut Conservation Criminology.
Green atau Environmental Criminology mengacu pada penelitian mengenai kerusakan lingkungan, hukum lingkungan dan aturan mengenai lingkungan oleh kriminolog. Isu ini erat kaitannya dengan konsep ekologi mengenai interaksi komplek dengan alam baik abiotik (air, tanah, udara, batu) dan biotik (hewan dan tumbuhan).
Buku ini memberikan contoh mengenai kasus-kasus kejahatan terhadap lingkungan yang pernah terjadi. Mulai dari limbah beracun, penebangan, penyelundupan satwa liar, bio-piracy, penggunaan bahan perusak lapisan ozon melalui pembalakan liar dan penangkapan ikan secara illegal, polusi air dan penyalahgunaan hewan. Kerusakan lingkungan dianggap berkaitan dengan kemiskinan, kesehatan, adat, perusahaan dan negara.
Buku ini kemudian menerangkan mengenai bagaimana dua teori besar memandang masalah lingkungan. Kedua teori itu adalah realisme yang melihat masalah lingkungan adalah bagian dari alam dan terjadi secara alami. Teori kedua yaitu Konstruksionisme yang melihat bahwa sebenarnya masalah lingkungan merupakan konstruk sosial. Masalah pemanasan global atau perubahan lingkungan dapat diilustrasikan untuk melihat bagaimana isu lingkungan berubah menjadi masalah sosial.hal ini menurut Rob White dilakukan oleh media yang menyebarkan propaganda.
Bagian yang lain kemudian menjelaskan mengenai isu-isu seputar resiko sebagai fenomena sosial dan implementasinya dalam prinsip kehati-hatian sebagai respon terhadap ancaman yang mungkin terjadi dalam kesehatan lingkungan dan kesejahteraan.
Kejahatan Lingkungan
Di bab II ini Rob White mencoba menjelaskan mengenai kejahatan lingkungan. Banyak penjelasan mengenai dimensi kejahatan lingkungan yang terdiri dari definisi kerusakan lingkungan, kategori kerusakan lingkungan yaitu tipe-tipe green crimes. Juga dijelaskan mengenai bagaimana geografi sangat mempengaruhi kejahatan terhadap lingkungan. Isu-isu lingkungan kemudian di klasifikasikan menjadi beberapa warna yaitu Green, brown and White Issue.
Salah satu penyebab kerusakan lingkungan yaitu revolusi telekomunikasi yang telah mengubah banyak aspek. Negara-negara berubah menjadi negara industri dan hal itu berdampak buruk pada lingkungan. Terjadi banyak kejahatan terhadap lingkungan dimana hutan-hutan harus ditebangi untuk dijadikan kawasan industri. Hewan dan tumbuhan kehilangan habitatnya untuk hidup.
Dalam bukunya Rob White juga menjelaskan mengenai bagaimana isu kejahatan terhadap lingkungan kemudian menjadi kejahatan transnasional. Suatu konferensi yang diadakan United Nation Environment Programme pada 2006 di Nairobi dan diikuti oleh 120 negara membahas mengenai 3 bidang khusus yang berkaitan dengan masalah limbah yang membutuhkan perhatian dunia. Hal ini dikarenakan limbah sangat berperan dalam merusak lingkungan. Selain masalah limbah, masalah yang cukup besar adalah masalah pembalakan liar, penangkapan ikan secara illegal dan perdagangan hewan secara illegal.
Ada pendapat yang mengatakan bahwa aktor kriminal yang paling berpengaruh terhadap kerusakan lingkungan adalah para kapitalis yang menguasai perusahaan-perusahaan multinasional. Hal ini karena kekuasaan dan kekayaan yang mereka miliki yaitu dengan melakukan eksploitasi terhadap alam dan manusia.
Menurut Rob, kerusakan lingkungan adalah bagaimana manusia memperlakukan alam dalam memenuhi kebutuhannya. Jadi untuk memahami bahaya terhadap lingkungan sangat penting untuk meninjau kembali bagaimana manusia menggunakan kekayaan alam sesuai dengan kebutuhan dan melestarikannya serta tidak ekploitatif terhadap alam.
Respon Terhadap Kerusakan Lingkungan
Ada 3 pendekatan utama dalam menganalisis mengenai kejahatan terhadap lingkungan dan aturannya. Salah satunya adalah memetakan undang-undang yang ada dan untuk menyediakan analisis sosio-legal berkelanjutan terhadap pelanggaran hukum tertentu, serta peran lembaga penegak hukum, kesulitan-kesulitan dan peluang menggunakan hukum pidana terhadap pelanggar lingkungan.
Setiap negara memiliki aturan yang berbeda dan pendekatan yang berbeda dalam memandang kejahatan terhadap lingkungan. Negara seperti kanada telah membuat regulasi mengenai hal tersebut. Namun menjadi tantangan tersendiri bagi kepolisian untuk mengatasi masalah ini karena kejahatan tersebut bisa saja terjadi dalam lingkup lokal, regional, dan global dan bisa saja sulit untuk di deteksi. Negara-negara kecil misalnya yang belum punya regulasi yang jelas terhadap kejahatan lingkungan tidak bisa berbuat apa-apa saat lingkungannya dirusak oleh MNC besar dari negara maju.
Rob menegaskan dalam bukunya bahwa menanggapi kerusakan lingkungan berarti menanggapi tindakan dari lembaga-lembaga yang menghasilkan begitu banyak kehancuran, polusi, degradasi dan kepunahan. Tindakan kriminal tertentu dan kelalaian merupakan salah satu langkah menuju kehancuran alam dan jelas membahayakan. Banyak yang merupakan penjahat kambuhan, terutama ketika mereka adalah perusahaan-perusahaan transnasional, Namun ini tentu menimbulkan sejumlah tantangan untuk mereka yang ingin menegakkan prinsip-prinsip dan praktek lingkungan, ekologi dan keadilan spesies.

To change the future means changing the institutions of the present (Rob White)

Comments

Popular posts from this blog

Profil Deng Lun

Mumet dengan kerjaan, jadi mau update lagi deh biar fresh. Kali ini aku mau nulis profil salah satu aktor China favoritku. Awalnya mau nulis Yang Yang sih tapi dianggurin aja datanya. Nanti deh. Sekarang soalnya ngebet banget sama si senyum lebar, Deng Lun. Soalnya drama yang dia bintangi tuh oke banget. Ini dia profilnya Nama: Deng Lun Born: October 21 st , 1992 (yes, kami Cuma beda setahun) in Shijiazhuang, Hebei Prov Tinggi: 185 cm Berat: 65 kg Deng Lun merupakan lulusan Shanghai Theatre Academy dan memulai karirnya sejak 2013 dalam Drama TV berjudul “Flowers in Fog” (belum nonton sih) kemudian main di beberapa drama lainnya dan akhirnya karirnya terus menanjak. Aku sendiri jatuh hati sama dia waktu dia main di drama berjudul “Because of Meeting You” yang merupakan drama remake dari drama Korea berjudul “Jang Bo-ri is here”. Di drama ini ia berperan sebagai Li Yunkai, seorang pengacara yang merupakan teman masa kecil tokoh utama perempuan. Perannya yang ceria dan

Itazura na Kiss in all versions

Hajimemashite.. Maaf lagi sok Jepang.. Kali ini aku mau bahas soal salah satu Dorama Jepang yang saking populernya sampe diadaptasi dalam berbagai versi. Eng ing eng.. Itazura na Kiss.. Sudah pada nonton versi apa saja? Tenang aku juga belum nonton semua kok. Tapi bagaimana pun versinya kisahnya Cuma satu yaitu bercerita tentang Seorang cewek SMA yang kurang pintar dari kelas F (disini kelas dibagi berdasarkan kepintaran muridnya dan diurut dari A untuk yang paling pintar hingga F untuk yang paling kurang pintar) bernama Aihara Kotoko yang jatuh cinta dengan orang paling populer di sekolahnya dari kelas A bernama Irie Naoki sejak tahun pertama. Di tahun seniornya, Ia kemudian mengakui perasaannya lewat surat cinta kepada Naoki dan ditolak mentah-mentah dengan alasan Naoki benci gadis bodoh. Pada hari yang sama Kotoko kehilangan rumahnya karena suatu musibah (di setiap serial beda-beda eui musibahnya) dan bersama ayahnya terpaksa menumpang di rumah teman ayahnya yang ternyata adala

Review Cry Me a Sad River

Kali ini mau bahas salah satu film China yang cukup ngena di hati dan bikin ikutan nangis.  Ini dia Profilnya Also known: Bei Shang Ni Liu Cheng He Genres: Friendship, School, Youth, Drama, Melodrama, Tragedy Country: China Release: 30 September 2018 Starring: Ren Min, Xin Yun Lai, Zhao Ying Bo Sinopsis: Yi Yao dan Qi Ming adalah tetangga dan teman masa kecil yang pergi ke kelas yang sama. Murid pindahan Tang Xiao Mi menyukai Qi Ming dan menjadi cemburu dengan hubungan baik Yi Yao dengannya. Dia mengikuti Yi Yao dan menemukan rahasia miliknya. Tang Xiao Mi kemudian menggunakan rahasia ini untuk memulai bullyingnya di sekolah dan semua siswa lain bergabung. Penindasan itu perlahan menghancurkan Yi Yao, sampai Gu Sunxi muncul disampingnya dan membantunya. Namun sebuah tragedi kembali menghancurkan Yi Yao. Comment: #SpoilerAlert Setelah terlalu banyak menonton drama kali ini tertarik nonton film China. Yup, mungkin kita hanya familiar dengan film-film action, kung fu maupun his