Skip to main content

Rekomendasi Drama China-Taiwan Part 2



Sebenarnya aku bukannya baru suka nonton drama China-Taiwan sekarang-sekarang ini. Tapi bisa dibilang baru suka lagi setelah dulu sering nonton waktu kecil. Aku udah mulai nonton drama China pas masa Putri Huan Zhu dan Kabut cinta ditayangkan di Indosiar pada akhir abad ke 20  dan awal abad 21. Hehe berasa lama banget yah tapi beneran serial Putri Huan Zhu itu tayang tahun 1998 dan Kabut Cinta tahun 2001-2002. Udah lama banget kan? Pokoknya kedua serial ini bakal bikin kamu nge-fans sama Vicky Zhao. Trus di tahun 2003-an drama Taiwan mulai terkenal dan tayang di TV swasta kayak SCTV dan RCTI. Sebut saja At the Dolphin Bay, Twins, Snow Angel dan tentu saja ada F4 yang Berjaya setelah membintangi Meteor Garden dan lanjutan-lanjutannya sejak tahun 2001. Jangan lupa Mars yang bikin Vic Chou jadi keren banget tayang tahun 2004. Di tahun 2005-an ada Devil Beside You yang dibintangi oleh Mike He. Pokoknya sebelum drakor booming banget, drama China-Taiwan udah banyak disuka di Indonesia.

Dan sekarang saat akhirnya jadi koleksi tontonan lagi, Drama China-Taiwan ini ternyata malah banyak banget yang recommended dan bikin nulis part 2 ini (sebenarnya karena seneng juga sih ternyata part 1 nya malah jadi pencarian teratas di google untuk keyword “Rekomendasi Drama China”, makasih banget loh). Baca disini buat Part 1 yah.

Here’s the list.. Enjoy

1.        Perfect Match

Genre : Romance, Comedy
Starring : Wu Kang-jen, Ivy Shao, Ben Wu, Xiao Man
Country of Origin : Taiwan
No. of Episode : 22+1
Original Release : 3 March - 4 Agustus 2017

Drama ini bercerita tentang seorang Chef restoran terkenal bernama Ting En dan seorang penjual makanan di pasar malam bernama Feng Qing. Ting En yang tahu resepnya dibikin kw sama Feng Qing akhirnya ke pasar malam dan memperlihatkan Fen Qing bagaimana cara memasak yang baik dan enak. Fen Qing akhirnya magang di restoran untuk belajar pada Ting En dan akhirnya gitu deh. Hehe. Pelit banget yah ngasih synopsis. Pokoknya entah Fen Qing akhirnya jago dan malah mengambil alih restoran sedangkan Ting En jadi penjual di Food Truck.

2.        Attention, Love

Genre : Romance, Comedy and Youth
Starring : Joanne Tseng, Prince Chiu
Country of Origin : Taiwan
No. Of Episode : 15
Original Release : 30 Juli – 5 November 2017

Berkisah tentang perempuan dan laki-laki yang sudah ditakdirkan sejak dulu. Alias mereka adalah anak dari dua pasangan yang bersahabat yang sudah menjodohkan anak mereka sejak dari kandungan. Kedua anak itu bernama Li Zheng dan Shao Xi. Tapi saat kecil Li Zheng harus kehilangan kedua orang tuanya sehingga ia pun tinggal di Jepang bersama pamannya. Saat SMA Li Zheng kembali tinggal di Taiwan dan menumpang di rumah Shao Xi. Li Zheng yang disebut orang tua Shao Xi sebagai tunangannya sangatlah dingin tapi rajin dan pintar. Sedangkan Shao Xi menjadi gadis tomboy yang suka berkelahi dan malas. Shao Xi pun diam-diam menyukai Li Zheng dan menuliskan perasaanya di buku diari. Saat akhirnya ia menyatakan perasaannya pada Li Zheng ia ditolak karena Li Zheng yang masih trauma dengan kematian orang tuanya. Shao Xi pun melanjutkan ke universitas dan kaget karena Li Zheng juga melanjutkan di universitas yang sama. Hingga akhirnya mereka ngekos dan ternyata kamarnya sebelahan juga.
Pertama kali nonton sih jadi ingat ItaKiss. Tapi beda banget kok ceritanya. Di sini aku malah suka banget dengan Shao Xi yang menyukai Li Zheng diam-diam dan akhirnya berani mengungkapkannya gak kayak aku (eh kok curhat?). Li Zheng juga selalu menolong Shao Xi diam-diam.

3.        Boss and Me

Also known as : Shan Shan Comes to Eat
Genre : Romantic Comedy
Based on : Shan Shan Comes to Eat by Gu Man
Starring : Hans Zhang, Zhao Liying, Huang Ming
Country of Origin : China
No. of Episode : 33
Original Release 8 Juli – 22 Juli 2014

Feng Teng merupakan pewaris dan CEO dari sebuah perusahaan raksasa yang dinamai sama dengan namanya. Ia memiliki seorang adik bernama Feng Yue yang mempunyai golongan darah yang sangat langka. Ia kemudian mempekerjakan Shan Shan lulusan universitas tidak terkenal tapi punya goldar yang sama dengan adiknya untuk bekerja di perusahaannya sebagai asisten keuangan yang sebenarnya sebagai pendonor darah. Feng Teng akhirnya jatuh hati kepada Shan Shan setelah melihatnya makan dengan lahap di balkon lewat jendela kantornya. Ia kemudian sering mengundang Shan Shan untuk menemaninya makan sambil memilihkan sayuran yang ia tidak suka di kantornya. Tentu saja hal ini membuat heboh pegawai lain yang akhirnya menjadikan Shan Shan sebagai bulan-bulanan gosip.
Drama ini bisa dibilang sudah bukan drama baru soalnya tayang tahun 2014. Tapi dasar akunya ajja yang baru nonton dan akhirnya langsung suka banget, jatuh hati dan cinta mati sama Zhang Han. Eit dia yang main di Meteor Shower alias Hana Yori Dango versi China jadi Tao Ming Tse nya. Disitu yang jadi Sanchainya si Zheng Shuang yang jadi Wei Wei di love 020 (dan akupun penasaran kok mukanya si Zheng Shuang berubah banget yah? Aku beneran gak bisa ngenalin dia). Back to this drama “Boss and Me” yah bisa dibilang ala-ala Cinderella jaman now. Seperti biasa drama China itu konfliknya gak terlalu lebay jadinya kisah Feng Teng dan Shan Shan pun berjalan gitu aja. Cobaan terbesar paling datang dari Li Shu yang udah kenal dan suka sama Boss sejak kecil tapi Cuma dianggap adik sama Boss. Dan bagaimana mereka mencoba berjuang mengabaikan jurang perbedaan antara keduanya. Meski banyak yang suka sama Boss tapi cintanya Cuma buat Shan Shan, kurang romantis apa coba? Dan yang bikin aku pangling saat mereka akhinya menunda pernikahan untuk menunggu utang keluarga Shan Shan yang 10 juta bisa dibayar ke Feng Teng. Pokoknya acting Zhang Han keren banget, suaranya aja bikin klepek – klepek apalagi senyumnya ya ampun.. (hehe mulai lebay deh kalo liat cowok ganteng).

4.        Refresh Man


Genre : Romantic Comedy
Starring : Aaroon Yang, Joanne Tseng
Country of Origin : Taiwan
Number of Episode : 17
Original Release : 6 Maret – 26 juni 2016

‘Refresh Man’ adalah sebutan bagi pekerja yang tidak punya ‘passion’ dalam bekerja. Mereka tidak peduli dengan reputasi buruk, selama mereka dibayar karena sudah datang tidak masalah. Begitulah yang terjadi dengan tim penjualan 3 perusahaan kosmetik Muse yang di cap sebagai tempat sampah bagi orang buangan. Yu Tang yang sejak dulu sangat rajin dan selalu mendapat peringkat terbaik selangkah lagi akan menjadi sekretaris eksekutif. Tapi CEO yang baru kemudian muncul dan ternyata temannya saat SMA yang paling malas dan selalu dapat nilai rendah yaitu Ji Wen Kai. Ji Wen Kai kemudian memilih sekretarisnya sendiri dan memindahkan Yu Tang ke divisi Penjualan 3. Yu Tang yang sejak dulu sangat berambisi bekerja keras dan sukses mati-matian menberikan dorongan bagi tim penjualan 3 agar sukses dan menguntungkan perusahaan. Ia akhirnya berhasil dengan Ji Wen Kai yang selalu membantunya secara diam-diam karena telah menyukai Yu Tang sejak 10 tahun yang lalu. 

5.        Rush to the Dead Summer

Also known as : Love till the End of Summer
Genre : Romance, Teen, Coming of Age
Starring : Cheney Chen, Zheng Shuang, Bai Jinting
Country of Origin : China
Original Language : Mandarin
No of Episode : 46, 48 (Hunan TV Ver)
Release : 2017

Rush to the dead summer bercerita tentang kisah persahabatan antara Fu Xiao Si, Li Xia, Lu Shiang, Cheng Qi Qi dan Yu Jian yang dimulai sejak SMA. Persahabatan mereka berlanjut hingga kuliah meski harus berpisah-pisah setelah lulus SMA. Fu Xiao Si dan Li Xia melanjutkan ke Institut Seni Rupa di Shanghai, Lu Xiang ke jurusan Ekonomi Universitas Waseda, Cheng Qi Qi di daerah lain (lupa) dan Yu Jian yang lebih dulu pergi ke Shanghai untuk mewujudkan mimpinya sebagai penyanyi. Tapi masa depan yang berbeda dari impian mereka dan cinta yang hadir dalam persahabatan mereka mulai menimbulkan banyak konflik. Mulai dari Lu Zhiang yang kehilangan ibunya dan dipenjara karena penyerangan, Fu Xiao Si dan Li Xia yang berpisah karena penghianatan Cheng Qi Qi, serta Yu Jian yang dikhianati pacarnya dan kehilangan pacarnya yang baru karena kecelakaan. Pokoknya beberapa episode terakhir termasuk tragis.
Drama ini sendiri diangkat dari novel dengan judul yang sama karangan Guo Jingmin.  Nonton drama ini makin salut sama acting Zheng Shuang (ituloh yang jadi Bei Wei Wei di Love 020) meskipun awalnya kurang terbiasa liat rambut pendeknya soalnya dia jadi keliatan chubby. Trus suka juga sama persahabatan Fu Xiao Si dan Lu Shiang yang erat banget sampai Lu Shiang rela mengalah dari menyukai Li Xia karena Li Xia dan Fu Xiao Si yang sudah saling mencintai sejak SMA meski baru menunjukkannya saat kuliah. Dan sangat benci dengan Cheng Qi Qi yang tega jahatin Li Xia karena cemburu padahal mereka sudah sahabatan sejak lama. Dari awal nonton emang suka banget jalan ceritanya tapi pas 6 episode terakhir sebel sendiri karena tragis banget. Si Qi Qi sampe ngaku hamillah. Meski akhirnya berakhir bahagia dengan Lu Zhiang yang akhirnya keluar dari penjara dan menikah dengan Yan Mo serta Yu Jian yang kembali di dekati mantannya tapi kelanjutan  kisah Fu Xiao Si dan Li Xia hampir gak ada. Episode terakhir Cuma menunjukkan Fu Xiao Si yang berjalan gontai dengan sedih setelah pesta pernikahan Lu Zhiang sambil membawa buket bunga Yan Mo yang ia berhasil tangkap di tengah jalan akhirnya ketemu Li Xia setelah berpisah sekian lama. Dan mereka sama-sama tersenyum dari jarak 5 meter. The end. Padahal udah tragis banget pisahnya dan Fu Xiao Si pas ditinggal Li Xia udah kayak orang stress dan sedih banget harusnya ada ending yang lebih. Apa kek.. Pelukan kek.. Nikah kek.. kan sebelum pisah Fu Xiao Si sendiri sudah melamar Li Xia. Penasaran di novel endingnya kayak giman. Tapi overall dramanya bagus kok. Meski awalnya gak terlalu ngeh sama Fu Xiao Si lama-lama dia kelihatan ganteng juga. 

6.        A Love so Beautiful

Genre : Romance, Comedy
Based on : To Our Pure Little Beauty by Zhao Gangan
 Starring : Shen Yue, Hu Yitian
Country of Origin : China
No. of Episode : 23

Karena dua orang sudah merekomendasikan drama ini dan untungnya dapat website yang cukup update buat drama China-Taiwan maka nontonlah drama ini. Meski aku punya kebiasaan buruk. Nonton episode pertama dulu habis itu langsung lompat ke episode terakhir dulu sebelum nonton episode lainnya. soalnya gak mau kalo udah capek-capek nonton dan exited banget tapi endingnya tragis dan tidak happy. And syukurlah drama ini endingnya happy banget jadi gak sia-sia deh yang rekomendasiin. Tapi entah kenapa nonton drama ini aku berasa nonton ItaKiss. Hehe gak bermaksud apa-apa sih tapi kisah cewek biasa, bodoh dan tidak popular suka sama cowok pintar, dingin, ganteng nan popular sudah sangat klise. Meski kalo diperhatikan kisahnya tetap beda soalnya drama ini dari novel. Ceritanya sendiri Chen Xiaoxi dan Jiang Chen bukannya tinggal bareng tapi tetanggaan dari kecil. Jiang Chen malah tinggal sendiri karena ayahnya sudah meninggal dan ibunya menikah lagi dan tinggal bersama keluarga barunya.
Tapi Chen Xiaoxi yang dari dulu suka sama Jiang Chen dan tidak malu mengungkapkannya emang kayak Kotoko ke Naoki. Dan lagi Chen Xiaoxi tidak mudah menyerah mengejar Jiang Chen dari selalu menyediakan sarapan dan mengejar Jiang Chen dengan sepedanya agar bisa barengan ke sekolah atau pulang. Mukanya si Shen Yue juga ngingetin sama pemeran Kotoko di ItaKiss 1996, kayaknya kalo ada remake ItaKiss versi china dia cocok deh. Tapi kabarnya sih dia yang akan jadi Sanchai di remake Meteor Garden (belum cek sih). Back to drama ini, Chen Xiaoxi dan Jiang Chen kemudian sempat pacaran tapi pisah. Beberapa tahun kemudian mereka ketemu di RS dan Jian Chen sendiri sudah jadi dokter bedah jantung sukses sedangkan Chen Xiaoxi akhirnya menjadi penulis komik. Dan mereka balikan. Udah. Nonton sendiri deh.

7.        I Cannot Hug You

Country : China
Episode : 16
Genre : Fantasy
Starring : Xing Zhao Ling, Zhang Yu Si

Setelah kuciwa drakor berjudul Untouchable bukan adaptasi webtoon andalan tapi drama action detektif gitu. Padahal sudah penasaran bakal jadi apa soalnya sering banget adaptasi webtoon mengecewakan. Eh ternyata yang bikin drama adaptasinya tuh China. Drama ini sesuai webtoonnya berkisah tentang Li Shi Ya Vampir jaman now yang jatuh cinta sama manusia karena rasa sentuhannya yang lesat. Ups jangan ngeres seperti yang aku bilang vampire jaman now karena di drama ini kaum vampire diceritakan sudah berevolusi dan tak lagi meminum darah serta hidup abadi tapi cukup menyentuh manusia agar bisa hidup. Zhi Hao, manusia yang disukai Shi Ya ternyata adalah tetangganya dan punya fobia kuman alias steril freak gitu dan paling anti disentuh. Tapi lama-lama dia akhirnya suka juga sama Shi Ya. Sayangnya ada organisasi jahat yang ingin meneliti vampire dan mencari tahu rahasia kecantikan mereka dengan membedahnya dan ada Xin Ba, vampire juga dan teman Shi Ya sejak kecil yang suka sama dia.
Overall, drama lumayan lah. Gak mengecewakan kayak adaptasi webtoon yang lain. Karakternya juga dapet kok meski kadang-kadang ada juga yang kelihatan kaku.

8.        Memory Love

Genre : Romance, Drama
Starring : Andy Chen, Mandy Wei
Country of Origin : Taiwan
No. of Episodes : 18

Drama kali ini berkisah tentang Jia En yang pulang dari luar negeri untuk bertemu kembali dengan ayah kandungnya atas petunjuk benda-benda yang ditinggalkan ibunya. Tapi temannya yang memiliki masalah utang membuat mereka kecelakaan. Ia pun amnesia sedangkan pacarnya koma. Di sisi lain ada Shao Tian Chef lulusan Prancis yang sangat membutuhkan donor jantung. Ia pun mendapat donor jantung dari pacar Jia En. Teman Jia En pun memanfaatkan situasi Jia En yang amnesia untuk menukar identitas mereka karena ayah Jia En sebenarnya orang kaya pemilik hotel. Jia En kemudian bekerja di peternakan sebagai Zhao Aili dan akhirnya bertemu Shao Tian yang merupakan anak pemilik peternakan. Ia kemudian bergabung untuk menjadi asisten Shao Tian dan belajar membuat makanan penutup.
Aku suka Shao Tian soalnya manis banget dan mengingatkan sama muka salah satu pemain laga Indonesia lupa namanya siapa.

9.        Where the Lost Ones Go

Also known as : Unfortunately Not You; I’m Sorry Not You
Genre : Friendship,  Romance, School, Youth
No. of Episode : 24
Release : 2017
Starring : Fan Kris, Boey Cecilia

Drama ini keren dan tak biasa menurutku. Eh synopsis dulu yah. Oke drama ini bercerita tentang kisah cinta seorang mahasiswa di jurusan seni lukis Tradisional China bernama Ye Zi dan seorang mahasiswa di jurusan seni lukis cat minyak bernama Xiang Ze Yi yang merupakan idola kampus. Mereka kemudian saling menyukai dan akhirnya berpacaran. Tapi suatu hari tiba-tiba Xiang Ze Yi menghilang tanpa sebab dan membuat Ye Zi patah hati. Saat akhirnya beberapa tahun kemudian Ye Zi menjadi pelukis manga terkenal, Ze yi muncul kembali dan akhirnya ketahuan kemana Ze Yi selama ini. Mereka kembali bersama namun masa lalu yang kelam kembali menghantui Ze Yi. Hingga akhirnya ia berhasil memperbaiki semuanya atas bantuan Ye Zi namun mereka kembali berpisah.
Yang keren dari drama ini adalah bagaimana setiap episode awalnya selalu berganti plot. Dari masa-masa saat Ye Zi-Ze Yi bersama lalu berganti jadi masa-masa saat Ze Yi menghilang dan Ye Zi yang patah hati. Meski begitu pergantian ini tanpa keterangan jadi di awal mungkin membuat bingung tapi kerennya kisah di plot masa lalu dan masa sekarang pasti ada hubungannya atau membuat tokoh dejavu. Pokoknya bagus deh. Aku juga suka karakter Ze Yi yang ceria dan konyol meski sedih bagaimana karakternya malah berubah drastis setelah ia menghilang dan muncul kembali. Sebenarnya sih gak selalu menghilang. Ze Yi sudah muncul beberapa saat sebelumnya namun masih belum berani memperlihatkan diri, hanya memandang Ye Zi dari jauh. Aku juga suka bagaimana romantisnya kisah mereka berdua saat kuliah. Meski agak terganggu dengan kisah 3 sahabat yang lainnya dengan pasangan masing-masing yang juga ikut menonjol. Biasanya aku skip aja. Dan terakhir masih bingung apakah mereka berakhir bahagia atau hanya khayalan. Soalnya setelah Ze Yi membantu Ye Zi membuatkan pesta bagi kedua orang tuanya mereka kemudian berjalan bersama. Dan meski Ye Zi sudah melamar Ze Yi tapi cincinnya gak dipake, diganti sama gelang yang diberikan Ze Yi ke Ye Zi dan keduanya pun berpisah, satunya turun tangga yang lainnya naik tangga. Lalu diganti dengan cerita bagaimana jika Ze Yi tidak menghilang. Ze Yi akan ikut wisudanya, melamar Ye Zi saat Ye Zi wisuda, menjemput Ye Zi jika hujan, pergi ke pesta dengan Ye Zi dan terakhir mereka menikah. Yah positif saja semoga akhir menikahnya itu beneran dan bukan bagian dari bagaimana jika. Bingung? nonton deh. Oh iya aku juga suka bagaimana orang ketiga tidak terlalu berarti di drama ini jadi tidak ada kisah kehancuran hubungan karena orang ketiga. hehe. Soalnya si cowok yang teman Ye Zi dan menyukai Ye Zi dari dulu juga pengecut banget baru pas akhir-akhir berani bilang suka dan melamar.       

10.    The Lost Tomb

Also known as : Grave Robbers Chronicles, Grave Robbery Note
Genre : Action, Adventure, Mistery, Supernatural
Based on : Daomu Biji by Nanpai Shansu
Starring : Li Yifeng, Yang Yang, Tiffany Tang
Country of Origin : China
No of Episode : 10+2 pilot episode
Original Release : 12 Juni 2015

Yup ini juga drama lama dan aku baru nonton sekarang. Kenapa tertarik nonton? Soalnya ada si ganteng Yang Yang. Meski bukan tokoh utama tapi kedualah. Lumayan juga sih ada ini jadi sekali-sekali rekomendasiin drama action misteri. Jadi drama ini berkisah tentang Wu Xie yang berasal dari keluarga tomb raiders, eh bukan si Angie yah tapi salah satu keluarga dari 9 keluarga mistik penggali makam di masa lampau. Ia kemudian berpetualang mencari makam-makam yang hilang berdasarkan petunjuk dari buku catatan kakeknya dan bantuan dari teamnya. Ada Zhang Qiling si muka datar yang diperankan Yang Yang (poninya ganggu deh ampe nutupin mata tapi masih ganteng nomor 1 sih), Pang Zi sahabatnya yang sangat jago dalam IT, Paman ketiganya Wu Sanxing yang berpengalaman beserta asistennnya Pan Zi dan si gendut yang rusuh.
Aku suka ceritanya. Pas pertama nonton berasa kayak Frodo yang berusaha memecahkan catatan kakeknya, beberapa menit kemudian berasa nonton the fast and the furious, lama-lama berasa nonton the mummy. Ceritanya menarik karena emang tema petualangan meskipun aku takut juga pas ada hantu berbaju putihnya. Tapi lain dengan drama China yang panjang, ini singkat banget Cuma 10 episode. Dan itupun gantung banget nget nget bikin kesel. Aku gak tau dimana kalo mau nonton 2 pilot episodenya. Katanya sih drama ini bakal dibikin 8 season tapi sampe sekarang season 2 sampe selanjutnya belum tau kapan dibikinnya. Malah ada the mystic nine yang merupakan prequelnya. Tapi tetap suka sama acting Yang Yang apalagi dia kesannya misterius disitu. Trus suka juga sama Wu Xie yang innocent dan menganggap semua orang baik tapi berani juga. Cuma ya itu gantung. Sampai mau nyari novelnya sekalian biar tau lanjutannya tapi tahulah pasti susah dapat versi terjemahan Bahasa Inggrisnya.

I think that's all. The end buat 2017.
Buat yang mau tau Rekomendasi Drama China-Taiwan 2018 baca Disini
 
Ay^^!

Comments

  1. Makasih reviewnya tetep keren 😁 penasaran sama memory love, banyak antrian jadwal nonton nih. Bkalan begadang. Hehe
    Kalau nonton drama yg seru hal yg ditakutin pasti ending yg ngegantung bikin gk bisa move on 😅

    ReplyDelete
  2. Tanya dong kak itu memory love si cwo beneran meninggalkah di ending?

    ReplyDelete
  3. Kak buat website yg update drama chinese sama taiwan itu,, kakak biasanya dimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sejauh ini yg paling update tuh drakorindofilms.net

      Delete
    2. Bantu jawab ya. Bisa juga liat di https://m.facebook.com/ChinesedramaTV

      http://www.dramapanda.com/2018/01/2017-chinese-drama-recommendations.html?m=1

      Tempat kumpulnya fans drama mandarin

      Delete
    3. Wah makasih udah dibantu jawab. aku juga biasanya ngunjungin drama panda tapi kalo fb jarang buka

      Delete
  4. Setuju suara Zhang Han enak banget di denger, bikin suasana jadi romantis.. Harus nya ada yah sesi 2 nya.. Nyeritain 3 tahun awal pernikahan Feng Teng dan Shan Shan.. nyeritain perjuangan untuk punya anak.. Nyeritain kelanjutan hub.an Feng Teng dengan mantan pacar nya yg artis.. Plus kisah cinta Liu Liu.. Suka banget drama Boss and Me ini.. Baru tamat langsung nonton ulang dari episode 1..

    Ada rekomen drama Taiwan/Chinese tentang kisah cinta dokter?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku cukup puas kok yang penting endingnya jelas gak ngegantung kayak beberapa drama yang lain.

      Kalo drama dokter masih sering nonton korea sih, belum pernah coba nonton versi mandarin. Tapi ada yg bilang surgeon bagus.

      Delete
  5. Sebagian besar dramanya sudah aku tonton, ternyata selera jiejie sama dengan ku hihihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah jdi jiejie.. seneng deh kalo satu selera

      Delete
  6. Kakak paling paling paling sukaa drama yang mana??? Kalau boleh tau sih hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apa yah? Suka semua sih. Klo Taiwan paling favorit masih Twins, trus klo china eternal love deh

      Delete
  7. Drama taiwan / cina emg romantiss ny dapettt . Masih tetep ga bs move on sm autumn concerto . Ud ntn 4x . Skrg lg ngu filmny vanness yg baru love won't wait 😍😍
    Makasi yaa ud bagi2 infooo 😘

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sih Autumn Concerto jg romantis abis. Kayaknya vanness emang spesialis melodrama sih.

      Delete
  8. Kaka suka drama thailand juga gk?? Udh pernah nonton drama thailand blum? Klo blum aku juga mau nge recomend kaka 😊, coba deh tonton yg judulnya *u-prince the series:handsome cowboy*. Itu klo kaka blum pernah nonton drama thailand... Tapi, klo udh. Malah aku mau nanya. Drama thailand yang bagus2 apa sih??? Oiyaa, drama yang di recomended kaka seru2 loh.. 👍👏👍👏👍👏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mau d bilang suka gak terlalu jg sih. Tapi udah nonton beberapa kayak full house dan princess hours versi thailand. Kadang lakorn gaje buatku. Lebih suka nonton film2nya. Tapi makasih rekomendasinya.

      Delete
  9. Kak, udah nonton film pretty man versi cina? Ceritanya si seru cuman sayangnya endingny ngegantung gitu. Apa mungkin bakal ada season 2 nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah, aku review kok d rekomendasi drama china 2018. Iya gantung banget gak ngerti. Cuma ad episode spesialnya yg ternyata cuplikan dri episode sebelumnya

      Delete
  10. You are my sunshine sangat2 keren sist😇

    ReplyDelete
  11. wah ada yg genre romance-comedy, cocok banget sih buat gua yg gasuka drama apalagi melodrama wkwk

    ReplyDelete
  12. Setelah baca part ini. .Aq nemu sesuatu, ok fix pasti kk nya suka sama YangYang. .. YangYang is the best ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya aku suka Yang Yang. Soalnya gara2 nonton 020 aku jadi kecanduan drama China-Taiwan. Tapi gak cuma Yang Yang aku juga suka Zhang Han dan Deng Lun. Entar deh aku bikin tulisan tentang aktor Drama China favoritku.

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Profil Deng Lun

Mumet dengan kerjaan, jadi mau update lagi deh biar fresh. Kali ini aku mau nulis profil salah satu aktor China favoritku. Awalnya mau nulis Yang Yang sih tapi dianggurin aja datanya. Nanti deh. Sekarang soalnya ngebet banget sama si senyum lebar, Deng Lun. Soalnya drama yang dia bintangi tuh oke banget. Ini dia profilnya Nama: Deng Lun Born: October 21 st , 1992 (yes, kami Cuma beda setahun) in Shijiazhuang, Hebei Prov Tinggi: 185 cm Berat: 65 kg Deng Lun merupakan lulusan Shanghai Theatre Academy dan memulai karirnya sejak 2013 dalam Drama TV berjudul “Flowers in Fog” (belum nonton sih) kemudian main di beberapa drama lainnya dan akhirnya karirnya terus menanjak. Aku sendiri jatuh hati sama dia waktu dia main di drama berjudul “Because of Meeting You” yang merupakan drama remake dari drama Korea berjudul “Jang Bo-ri is here”. Di drama ini ia berperan sebagai Li Yunkai, seorang pengacara yang merupakan teman masa kecil tokoh utama perempuan. Perannya yang ceria dan

Itazura na Kiss in all versions

Hajimemashite.. Maaf lagi sok Jepang.. Kali ini aku mau bahas soal salah satu Dorama Jepang yang saking populernya sampe diadaptasi dalam berbagai versi. Eng ing eng.. Itazura na Kiss.. Sudah pada nonton versi apa saja? Tenang aku juga belum nonton semua kok. Tapi bagaimana pun versinya kisahnya Cuma satu yaitu bercerita tentang Seorang cewek SMA yang kurang pintar dari kelas F (disini kelas dibagi berdasarkan kepintaran muridnya dan diurut dari A untuk yang paling pintar hingga F untuk yang paling kurang pintar) bernama Aihara Kotoko yang jatuh cinta dengan orang paling populer di sekolahnya dari kelas A bernama Irie Naoki sejak tahun pertama. Di tahun seniornya, Ia kemudian mengakui perasaannya lewat surat cinta kepada Naoki dan ditolak mentah-mentah dengan alasan Naoki benci gadis bodoh. Pada hari yang sama Kotoko kehilangan rumahnya karena suatu musibah (di setiap serial beda-beda eui musibahnya) dan bersama ayahnya terpaksa menumpang di rumah teman ayahnya yang ternyata adala

Review Cry Me a Sad River

Kali ini mau bahas salah satu film China yang cukup ngena di hati dan bikin ikutan nangis.  Ini dia Profilnya Also known: Bei Shang Ni Liu Cheng He Genres: Friendship, School, Youth, Drama, Melodrama, Tragedy Country: China Release: 30 September 2018 Starring: Ren Min, Xin Yun Lai, Zhao Ying Bo Sinopsis: Yi Yao dan Qi Ming adalah tetangga dan teman masa kecil yang pergi ke kelas yang sama. Murid pindahan Tang Xiao Mi menyukai Qi Ming dan menjadi cemburu dengan hubungan baik Yi Yao dengannya. Dia mengikuti Yi Yao dan menemukan rahasia miliknya. Tang Xiao Mi kemudian menggunakan rahasia ini untuk memulai bullyingnya di sekolah dan semua siswa lain bergabung. Penindasan itu perlahan menghancurkan Yi Yao, sampai Gu Sunxi muncul disampingnya dan membantunya. Namun sebuah tragedi kembali menghancurkan Yi Yao. Comment: #SpoilerAlert Setelah terlalu banyak menonton drama kali ini tertarik nonton film China. Yup, mungkin kita hanya familiar dengan film-film action, kung fu maupun his