Skip to main content

Rekomendasi Drama China-Taiwan

Akhir-akhir ini agak bosen dengan drakor yang genrenya itu-itu aja. Dorama juga susah nyari yang update maka beralihlah tontonanku ke drama China (aku nyebutnya China aja yah, masa harus bilang drama Tiongkok?). Setelah nonton 1 drama yang direkomendasiin teman malah ketagihan dan lanjut cari drama-drama lainnya apalagi wifi di tempat kerja mendukung banget. Tau kan drama china tuh suka panjang banget episodenya tapi untungnya intriknya gak terlalu lebay kayak saeguk Korea jadi tahan-tahan aja aku nonton banyak-banyak. Malah masih kurang sih, karena aku malah suka banget nonton ulang episode yang menurutku bagus. Hihi..
Yup tanpa berlama lama ini dia listnya.

1.        Love 020

Also known as : One Smile is Very Alluring
Genre : Romance comedy, Youth
Based on : One Smile is Very Alluring by Gu Man
Directed by : Lin Yufen
Starring : Yang Yang, Zheng Shuang
Country of origin : China
Original language(s) : Mandarin
No. of episodes : 30

Merupakan drama televisi China yang tayang tahun 2016 dan diangkat dari novel dengan judul yang sama (One Smile is Very Alluring) karya Gu Man. Diperankan oleh Yang Yang sebagai Xiao Nai dan Zheng Shuang sebagai Bei Wei Wei. Drama ini ditayangkan oleh JSTV dan Dragon TV dari 22 Agustus hingga 6 September 2016 serta ditayangkan secara online di Youku Channel, Youtube dan DramaFever. Drama ini menjadi salah satu drama tersukses di China dan menjadi yang paling banyak ditonton secara online yaitu lebih dari 30 milyar viewers (huwaa.. despacito aja kalah loh).
Love 020 berkisah tentang Bei Weiwei (Zheng Shuang) yang merupakan dewi kampus (nomor 2 sih) dan unggul dalam pelajarannya. Dia bercita-cita untuk menjadi perancang / insinyur game online, dan menggunakan nama alias Luwei Weiwei sebagai username game online yang suka Ia mainkan yaitu Dreaming of Jianghu. Setelah dia dicampakkan oleh suami onlinenya Zhenshui Wuxiang (yup ceritanya di game onlinenya bisa nikah sama pemain lain buat jadi partner dalam bertarung menghadapi monster), dia kemudian didekati oleh pemain nomor satu Yixiao Naihe, yang menyarankan agar mereka menikah sehingga mereka berdua dapat berpartisipasi dalam beberapa kompetisi dalam permainan. Pasangan yang baru terbentuk itu langsung hits dan menjalani banyak petualangan bersama dalam permainan.
Namun, Wei Wei tidak pernah menduga identitas sebenarnya dari suami mayanya adalah seniornya, Xiao Nai (Yang Yang) yang digambarkan sebagai cowok paling ganteng dan cemerlang baik di olahraga maupun akademik. Ketika Wei Wei menemukan identitas aslinya, mereka telah saling jatuh cinta. Bersama-sama, mereka mengatasi banyak kesalahpahaman dan rintangan yang menghalangi hubungan mereka.
Sebelumnya makasih banget buat temanku yang getol banget rekomendasiin drama ini. Sebenarnya sebelum nonton dramanya aku pernah gak sengaja donlot filmnya yang diperanin oleh orang lain. Film yang aku donlot itu Cuma aku nonton sekilas habis itu langsung aku hapus karena kurang menarik soalnya mungkin yang kuliat Cuma bagian gamenya. Eh pas nonton dramanya gak taunya bagus banget. Langsung jatuh cinta sama Xiao Nai dan Wei Wei. Kalo kalian pecinta drama ringan tanpa konflik dan intrik yang bikin galau, drama ini wajib banget buat ditonton. Meski ceritanya agak cheesy dengan penggambaran Xiao Nai dan Wei Wei yang perfect abis dan mungkin langka di dunia nyata tapi unsur game onlinenya malah bikin drama ini menarik banget. Malah kalau main game kadang-kadang ikut kebayang bagaiman kalau lawanku ternyata ganteng, tinggi, jago basket, jago IT, pintar dan anak profesor kayak Xiao Nai terus kenalan dan suka (haha ngimpi abis). Pokoknya nonton episode 1 sampai 30 pasti senyum-senyum sendiri karena kisah Xiao Nai dan Wei Wei sebenarnya lancar banget tanpa ada orang ketiga atau penjahat yang berarti. Mereka bahkan gak pernah bertengkar. Di drama ini juga mencoba mendobrak sentimen orang IT yang dianggap selalu gambarannya cupu dan kacamataan. Apalagi dengan karakter Wei Wei yang cantik dan pintar IT (dimana kalo di kisah lain biasanya cewek cantik IQnya jongkok, biasanya.. gak semua juga sih).
Habis nonton drama ini aku langsung jatuh hati sama Yang Yang yang memerankan Xiao Nai dan langsung cuss cari dramanya yang lain.

2.        The Wirlwind Girl

Also known as : Tornado Girl, Taekwondo Girl
Genre : Teen, Sport, Romance
Based on : Tornado Girl by Ming Xiaoxi
Directed by : Cheng Zhichao
Starring : Hu Bingqing, Yang Yang, Chen Xiang, Bai Jinting
No. of Episode : 32

Setelah sukses membuatku jatuh hati di Love 020 akhirnya aku nonton lagi drama Yang Yang yang lainnya. Judulnya The Wirlwind Girl, tentang seorang gadis bernama Bai Qiao yang tidak bisa teknik Yuan Wu Da (Taekwondo) dan hanya bisa melihat teman-temannya latihan akhirnya mendapat kesempatan untuk berlatih di Songbai Dojo hingga akhirnya bisa mengikuti banyak turnamen. Yang aku suka dari drama ini selain bagian olahraganya tuh karakter Ruobai yang diperankan Yang Yang care banget sama si Bai Qiao. Dia rela menolong Bai Qiao bahkan sampe terluka dan sakit tanpa memberi tahu Bai Qiao. Bahkan setiap orang yang tahu dan melihat saat ia menolong Bai Qiao diberi tahu agar tidak mengatakan bahwa Ia yang menolongnya. Sampai akhirnya di turnamen episode terakhir ia yang sakit keras memilih keluar dan pingsan tanpa ada yang melihat karena tidak ingin membuat Bai Qiao khawatir dan tidak jadi ikut turnamen. Dan eng ing eng sorry banget spoiler dia mati meski gantung karena di akhir drama Cuma diperlihatkan kalau ia pingsan tapi aku tahu akhirnya ia mati karena baca kelanjutannya di The Wirlwind 2. Ternyata pas nonton The Wirlwind Girl yang kedua penggantinya kayak kenal. haha. Ternyata Ji Chang Wook yang jadi tokoh utama prianya. Tapi teteup belum bisa move on dari Ruobai Ge sama kayak Bai Qiao.

3.        Eternal Love

Also known as : Three Lives Three Worlds, Ten Miles of Peach Blossoms
Genre : Romance, Fantasy, Xianxia
Based on : Three Lives Three Worlds, Ten Miles of Peach Blossoms by TangQi GongZi
Directed by : Lin Yufen, Yu Cuihua, Ren Haitao
Starring : Yang Mi, Mark Chao
Country of Origin : China
Original Language (s) : Mandarin
No. of episodes : 58

Drama ini bercerita tentang Bai Qian, putri siluman rubah ekor sembilan dari Kerajaan Qing Qiu yang menyamar menjadi laki-laki (Si Yin) agar bisa menjadi murid Mo Yuan, dewa tinggi dari gunung Kunlun. Perang yang menghancurkan antara kerajaan hantu membuat Mo Yuan harus mengorbankan jiwanya untuk menyegel Raja Hantu Qing Cang dengan Lonceng Emas. Si Yin yang tidak terima dengan kematian gurunya membawa lari tubuh gurunya dan menyembunyikannya. 70.000 tahun kemudian, dalam upaya untuk menyegel kembali Qing Cang, Bai Qian harus menerima sidang langit dan kehilangan ingatan serta kekuatannya. Ia dikirim ke alam fana untuk menjalani sebuah percobaan agar bisa menjadi Dewi Tinggi. Di dunia fana, dia bertemu Ye Hua (putra mahkota sembilan langit) dan keduanya jatuh cinta, Ye Hua memberinya nama Su Su. Untuk mencegah tragedi yang sama (yang terjadi pada Sang Ji dan Shao Xin) mulai menimpa, Ye Hua mencoba untuk memalsukan kematiannya saat menyembunyikan Su Su dari Sembilan Langit. Namun, rencana Ye Hua akhirnya digagalkan dan Su Su dibawa ke Sembilan Langit. Su Jin, yang cemburu pada cinta Ye Hua untuk Su Su, dengan sengaja menciptakan serangkaian kesalahpahaman menyebabkan Su Su kehilangan matanya. Berpikir bahwa Ye Hua telah mengkhianatinya, Bai Qian yang hancur melompat dari Teras Zhu Xian, mengembalikannya kembali ke status dewanya. Atas permintaannya, semua kenangannya akan hal yang terjadi setelah kekuatannya dikembalikan telah dihapus dan dia melupakan Ye Hua.
Tiga ratus tahun kemudian, keduanya bertemu lagi sebagai dewa. Bai Qian adalah orang yang ditunangkan dengan Ye Hua sejak dulu. Saat bertemu di Laut Barat Ye Hua langsung mengenali Bai Qian sebagai Su Su tetapi Bai Qian tidak mengingatnya. Ye Hua kemudian bertekad untuk mendapatkan kembali cinta Bai Qian dibantu anaknya A-Li. Dari awal sampai akhir, waktu terus mengalir dan garis nasib mereka terus berlanjut: belitan tiga kehidupan dan tiga dunia di 10 mil bunga persik.
Awalnya sih kurang ngeh sama drama ini soalnya rada di luar nalar manusia (hehe). Tahulah kalo kisah tentang abadi-abadi gitu tidak menghitung tahun tapi ratus ribuan tahun. Tapi meski abadi mereka juga bisa mati jika terbunuh sih. Bai Qian sendiri lebih tua 90.000 tahun dibanding Ye Hua. Tapi di drama ini perbedaan umur segitu bukan masalah toh mereka memang abadi yang kalo diliat kayak seumuran. Dan Ye hua sendiri ternyata adalah saudara kembar Mo Yuan tapi jiwanya tinggal dalam teratai emas karena suatu kejadian hingga akhirnya terlahir sebagai putera mahkota sembilan langit. Tapi lupakan soal umur bikin pusing sendiri kalau mau hitung-hitungan soalnya ada yang lebih tua lagi yaitu Dong Hua Dijun yang sudah menguasai langit dan bumi sebelum raja setelah raja sekarang yang sudah tua juga (hi..kebayang kan umurnya, apalagi asal usulnya tidak diketahui karena ia muncul dari batu).
Yang aku suka banget dari drama ini tuh sampe rela donlot dan nonton 58 episode (untung wifi kantor) karena meski Fantasy tapi kisah cintanya betul-betul sesuai dengan judulnya. Kebayang kan bahkan saat Ye Hua masih berupa Teratai Emas, Si Yin sudah cinta sama teratai itu dan selalu menjaganya. Sedangkan Ye Hua yang masih berupa roh gentayangan yang tidak kasat mata selalu menemani Si Yin dikala ia susah meski Si Yin tidak tahu dan tidak bisa melihatnya. Saat ia jadi putra mahkota dan dikirim ke dunia fana untuk melawan tunggangan raja hantu kemudian terluka parah hingga harus menjadi ular hitam lalu bertemu Si Yin, Ye Hua kembali jatuh cinta padanya hingga rela terus menjadi ular hitam meski sudah bisa berubah menjadi abadi lagi. Dan akhirnya untuk terus dekat dengan Si Yin yang ia panggil dengan nama Su Su, ia menyamar menjadi pengembara dan akhirnya menikah dengan Su Su. Saat Su Su dibawa ke sembilan langit ia mati-matian melindunginya dari kejahatan Su Jin bahkan rela menerima hukuman 49 petir setiap hari selama 3 bulan. Saat Su Su melompat dari teras Suxian, Ia ikut melompat dan hampir mati. Ia kemudian merawat anaknya dari Su Su sendirian dengan sepenuh hati pasca meninggalnya Su Su dan terus berusaha menghidupkan kembali Su Su. Saat akhirnya bertemu dengan Bai Qian di Laut Barat, Ia langsung mengenalinya sebagai Su Su dan sangat senang karena ternyata Su Su adalah Bai Qian dari Qing Qiu yang sudah ditunangkan dengannya sejak dulu. Ia berupaya mengejar cinta Bai Qian bahkan membantunya menghidupkan kembali guru Bai Qian yang sangat dicintainya. Ia kehilangan lengan dan banyak budidaya karena membuat obat untuk Mo Yuan dan harus menjalani cobaan langit di dunia Fana karena telah membunuh 4 hewan ayah langit. Di dunia fana sebagai Zhao Ge ia tidak pernah melirik wanita lain meski Su Jin membuat manusia Su Su dari boneka untuk mengelabuinya karena Ia menunggu dewi dari Qing Qiu yang akan Ia nikahi. Saat selesai dengan cobaan langitnya dan mendapati Bai Qian marah karena cemburu pada Su Su, Ia terus menunggu di luar gua rubah 7 hari 7 malam dalam guyuran hujan dan terik matahari agar Bai Qian memaafkannya. Sampai akhirnya Ia membunuh Qing Cang dan mengorbankan jiwanya kepada lonceng emas untuk menyelamatkan Bai Qian serta langit dan bumi dari kehancuran. 3 tahun kemudian Ia hidup lagi atas bantuan Mo Yuan dan langsung mencari Bai Qian di 10 mil pohon persik. Romantis banget kan Ye Hua ini?
Padahal awalnya aku sempat mengira si Bai Qian sukanya sama Mo Yuan alias gurunya ternyata sebatas cinta kepada ayah. Hihi. Ada juga kisah menarik antara Dijun dan Feng Jiu soalnya Dijun ini kan tetua yang tidak bisa menyukai siapapun sedangkan Feng Jiu ini keponakan Bai Qian alias masih muda kalo menurut hitungan abadi-abadi. Pokoknya recommended deh dan lebih keren dari saeguk Korea manapun. Ye Hua juga ganteng sih aku suka ekspresinya kalo lagi seneng maklum disini kan dia karakternya kaku karena terlahir sebagai putera mahkota yang harus pandai dan tangguh jadi kalau lagi sama Bai Qian dan berubah ekspresif tuh keren aja diliatnya. Tokoh yang lain juga keren-keren, aku bahkan suka Dijun dengan rambut putihnya, Bai Zhen atau kakak keempat Bai Qian juga ganteng, A-Li yang jadi anak Ye Hua juga lucu dan imut abis. Pokoknya tonton deh tuh pasti suka.
Ps : Jadi ternyata ada versi filmnya dengan judul Once upon a time dan tebak siapa yang jadi Ye Hua? yup The most charming Yang Yang.. Ganteng banget dia disitu. Meski teteup versi dramanya masih nomor 1 dihati.

4.        Love Me if You Dare

Also known as : Close Your Eyes and Close to Me
Genre : Crime, Suspense, Romance
Based on : When He Comes, Close Your Eyes by Dingmo
Written by : Hai Yan
Directed by : Zhang Kaizhou
Starring : Wallace Huo, Sandra Ma, Zhang Luyi, Wang Kai, Yin Zheng
Number of Episode : 24

Berkisah tentang Simon/ Jin Yang yang merupakan profesor ahli psikologi kriminal yang kembali ke China untuk beristirahat dari Amerika setelah menghadapi pembunuh berantai yang kejam. Tapi ternyata di China ia harus berhadapan dengan berbagai pembunuhan misterius yang harus ia pecahkan bersama asistennya Jenny/ Jian Yao.
Setelah romance dan kolosal kali ini temanya detektif. Menurut aku sih kisahnya cukup menarik soalnya banyak membahas soal psikologi kriminal yang bikin aku ingat sama Criminal Mind atau Mr. Brain (Series2 kayak gini bikin aku tertarik banget buat belajar sosial dan psikologi). Kisah cintanya juga cukup romantis meski Jian Yao kalo dilihat-lihat masih terlalu muda untuk Jin Yan.

5.        Behind Your Smile

Genre : Romance, Melodrama, Mystery
Created by : Sanlih E-Television
Written by : Du Xinyi, Wang Yuqi
Directed by : Chen Ronghui
Starring : Marcus Chang, Eugenie Liu, Sean Lee, Hongshi, Esther Yang
No. of Episode : 19

Zhao Yiting (Marcus Chang) menjadi orang yang sangat dingin dan hidup tanpa arti karena ingin mencapai tujuannya untuk menghancurkan orang yang mengambil segalanya darinya bahkan membuat ayahnya meninggal. Orang tersebut adalah Lin Man, seorang bos perusahaan konstruksi yang melarikan diri setelah perusahaannya hancur karena pembalasan dendam Zhao Yiting. Di saat yang sama, Lei Xinyu yang merupakan putri Lin Man kembali ke rumah karena ingin memberi kejutan pada ibunya tapi yang ia dapatkan adalah orang-orang yang marah karena merasa ditipu ibunya dan akhirnya melampiaskan kemarahan padanya. Ia dipukuli, semua barangnya diambil dan tidak bisa lagi pualng ke rumahnya karena orang-orang terus mengejarnya. Zhao Yiting kemudian menolongnya sebagai jalan untuk mendapatkan informasi keberadaan Lin Man. Tapi karena sifat Lei Xinyu yang baik hati, naif dan suka menolong malah membuat Zhao Yiting yang sudah bertunangan jatuh cinta padanya.
Suka banget ceritanya, si Yiting yang selalu ada untuk Xinyu bikin melted apalagi kalau dia ketawa. Senyum dikit aja udah ganteng banget apalagi kalau ketawa. Fix, lelaki idaman adalah yang senyumnya irit tapi kalau lagi senyum bisa membuat seisi dunia ikut senyum.. suka..
 
6.        Because of Meeting You

Also Known as : Yin Wei Yu Jian Ni, Because of You
Jumlah Episode : 56
Tayang : 2017
Starring : Sun Yi, Deng Lun, Wu You, Pan Joy

Drama ini bercerita tentang dua wanita yang hidup sebagai penyulam di Jin Lu Ge (Golden Tread House), salah satu tempat penyulaman paling terkenal. Mereka adalah istri dari putra pemimpin penyulam. Karena sudah tua tiba saatnya untuk mengangkat pemimpin penyulam yang baru maka mereka pun bersaing untuk menang. Xu Hui Jie sangat berharap untuk bisa menjadi pemimpin penyulam selanjutnya, maka iapun melakukan berbagai cara agar bisa menang. Hingga suatu hari karena khawatir akan kalah di babak terakhir, Ia mengikuti Song Xi Hua ke gunung dan menyebabkan mereka kecelakaan hingga putra tertua pemimpin penyulam tewas. Karena takut dituduh, ia pun cepat-cepat pergi dari tempat kejadian. Namun ia tidak menyadari anak satu-satunya yaitu Jin Yi Bei diam-diam ikut ke dalam mobil dan tertinggal di tempat kejadian. Jin Yi Bei kemudian berjalan sendiri hingga akhirnya kecelakaan dan hilang ingatan. Ia diselamatkan oleh pengemudi yang merupakan seorang ibu yang punya warung pangsit. Ia lalu tinggal di sana dan diberi nama Guo Guo.
Untuk mencari keberadaan anaknya, orang tua Yi Bei mengadakan kompetisi menggambar. Anak kandung tukang pangsit yang bernama Yu Xin kemudian mengikuti kompetisi tersebut dengan mencontoh gambar yang dibuat Guo Guo. Ia kemudian menang dan mendapat beasiswa pendidikan sampai perguruan tinggi. Agar dikasihani ia mengaku yatim piatu. Karena terkesan dengan gambar Yu Xin, ibu kandung Yi Bei kemudian menjadikan Yu Xin sebagai muridnya dan membuat Yu Xin berharap ialah yang akan memimpin Jin Lu Ge.
Guo Guo yang tumbuh besar kemudian menjadi pengantar pangsit membantu ibunya dan bertemu dengan Song Xiu Hua lalu dijadikan murid dan diajari menyulam. Hingga suatu hari sebuah perusahaan mengadakan kontes mendesain Cheongsam modern untuk dipakai seorang artis dalam acara penghargaan. Yu Xin dan Guo Guo menjadi finalis kontes tersebut dan mereka bersaing untuk menang. Sang artis lebih menyukai desain Guo Guo yang elegan dan penuh dengan filosofi tapi Yu Xin yang jahat menjadikan kehamilan artis tersebut sebagai ancaman untuk membuatnya menang. Ia juga menfitnah Guo Guo sebagai penyebab keracunan alergi yang dialami sang artis. Tidak hanya itu, Ia yang menikah diam-diam dengan Lu Si Chen kemudian hamil dan melahirkan seorang putri. Untuk menyembunyikan kehamilannya, ia memberikan anaknya untuk dirawat oleh Guo Guo sedangkan dia pergi ke Francis untuk belajar desain dengan beasiswa dari Li Yun Zhe. Guo Guo merawat anak tersebut yang ia beri nama Le Tong bersama ibunya seperti anaknya sendiri. Gurunya kemudian mengirimnya ke Jin Lu Ge untuk belajar menyulam dari pemimpin penyulam sebelumnya alias neneknya. Di sana ia kembali harus bersaing dengan Yu Xin yang jahat dan menggunakan segala cara agar bisa menguasai Jin Lu Ge.
Selain kisah perjuangan Guo Guo menjadi pemimpin penyulam, ada juga kisah cinta Guo Guo dengan Li Yun Kai yang merupakan teman masa kecilnya dan merupakan keponakan gurunya. Yun Kai juga salah satu yang paling sedih saat Yi Bei menghilang. Setelah ayahnya menikah lagi, Yun Kai harus tinggal bersama dengan ibu tirinya dan saudara tiri bernama Yun Zhe. Yun Kai yang tidak ingin menjadi pengusaha kemudian memilih menjadi pengacara hingga akhirnya ia dikirim ke desa kecil bernama Ziping dimana Guo Guo tinggal untuk bekerja. Disanalah ia bertemu dengan Guo Guo dan kemudian jatuh cinta padanya meski ia tidak tahu bahwa Guo Guo adalah Yi Bei yang selama ini ia cari. Hingga akhirnya mereka kemudian menikah dan bersama-sama menjadi orang tua bagi Le Tong.
Serial ini merupakan remake dari drama korea keluaran 2014 berjudul “Jang Bo Ri is Here”. Aku belum pernah nonton versi korea nya tapi setelah nonton versi China nya sepertinya drama ini lumayan menarik. Soalnya mengangkat Sulam Menyulam yang merupakan budaya China sebagai tema. Di drama ini kita bisa belajar proses penyulaman Cheongsam-Cheongsam yaitu baju tradisional China yang indah dan penuh filosofi khas China. Ada juga bagian yang mengajarkan bagaimana memilih kain yang baik, memilih benang, sampai teknik-teknik penyulaman komplit di drama ini. Bahkan ada bagian ketika mereka melukis lewat sulaman. Pasti susah banget tuh. Ini juga mengingatkan aku sama Mama yang dulu suka menyulam di kain dan dijadikan Sarung bantal, taplak dan pajangan meski sekarang sudah jarang banget orang yang melakukannya. Padahal kan itu salah satu budaya yang perlu dilestarikan. Salut deh sama orang China yang cinta banget sama budayanya. Bahkan pernikahan Guo Guo dan Yun Kai diadakan secara tradisional dan memakai Cheongsam yang disulam.
Aku juga suka pemeran-pemerannya. Guo Guo yang manis dan Yun Kai yang baik dan lucu itu cocok banget. Bahkan Yu Xin dan Yun Zhe sebenarnya cocok meski kasian juga karena Yun Zhe langsung benci dan meninggalkan Yu Zin setelah tahu semua kebohongannya. Cuman lagi-lagi harus sabar nontonnya soalnya ada 56 episode tapi katanya Korean versionnya juga punya banyak episode dan versi China lebih bagus dari versi korea. Kayaknya sih gitu soalnya yang versi korea kurang terkenal.

7.        When a Snail Falls in Love

Genre : Crime, Suspense, Romance 
Based on : When a Snail Falls in Love by Dingmo 
Written by : Zhu Zhu 
Directed by : Zhang Kaizhou 
Starring : Wang Kai, Wang Ziwen 
Country of Origin : China 
No. of episode : 21 

Drama ini berkisah tentang Ji Bai seorang kapten berhati dingin di unit kejahatan kriminal Kepolisian dan Xu Xu seorang magang profiler yang bergabung tapi tidak lulus dalam tes fisik. Karena hal ini Ji Bai tidak menginginkan Xu Xu dalam timnya tapi karena kemampuan Xu Xu dalam menganalisis psikologi kriminal, mereka sering memecahkan masalah bersama. Xu Xu yang suka menggambar komik mengibaratkan Ji Bai sebagai Singa sedangkan dirinya sebagai siput. Suka deh dengan komiknya lucu juga bagaimana Xu Xu bisa membaca karakter tiap pelaku kejahatan.

8.        My Amazing Boyfriend


Also known as : My Wonderful Boyfriend
Genre : Romantic, Comedy, Fantasy 
Starring : Kim Tae Hwan, Janice Wu 
Country of Origin : China 
No. of Episodes : 28 

Ternyata ini versi China dari drama My Love From the Star. Meskipun tidak sama persis sih soalnya ini web series yang diadaptasi dari novel. Disini kisahnya si cowok bukan alien yang tersesat tapi Laki-laki yang hidup ratusan tahun karena digigit ular (Trus kenapa gak jadi manusia ular yah? Hehe. Peace). Yang bikin mirip adalah karena ceweknya sama-sama artis kelas 2. Oke begini sinopsisnya. Xue Ling Qiao yang diperankan sama Kim Tae Hwan (yes, drama china pemerannya Korea) tertidur selama seabad. Ia kemudian terbangun karena darah Tian Jing Zhi (Janice Wu) yang kecelakaan dan akhirnya ia selamatkan. Ia lalu tinggal di rumah Tian Zhi untuk menyelidiki siapa yang membuatnya tertidur. Dan akhirnya mereka pura-pura pacaran. 
Suka sama cowoknya. Meskipun korea tapi cocok aja meranin Xue Ling Qiao. Dia juga gak sekaku Kim So Hyun yang terkesan tua karena jadi profesor. Kalo di sini cowoknya jadi instruktur taekwondo. Pokoknya recommended lah. Si Kim Tae Hwan jago juga aktingnya padahal model. Semoga bisa liat dia juga di drakor. Tapi endingnya agak gantung soalnya Tian Zhi yang ditinggal Ling Qiao kok tiba-tiba mual seperti orang yang hamil dan malah jadi abadi alias bisa sembuh sendiri saat terluka?  Trus Ling Qiao keliatan lagi senyum. Tenang, akan ada season 2 nya tahun depan, tapi sedih sih Tae Hwan gak main lagi tapi diganti sama Mike D. Angelo (emang harus yah yang jadi Ling Qiao orang luar? kan aktor China juga banyak). Meski aku suka Mike di Full House Thailand tapi akhir-akhir ini udah kurang suka. Waktu nonton di My Little Princess gak terlalu dapat feelnya. Semoga aja deh Season 2nya bagus.

9.        My Mr. Mermaid

Genre : Sport, Romance 
Episode : 36 
Cast : Tan Song Yun dan Dylan Xiong 

Kali ini drama seputar olahraga air alias renang. Berkisah tentang Tang Yibai yang comeback setelah di banned dari kompetisi renang selama 4 tahun karena skandal penggunaan obat yang dilarang. Ia kemudian bertemu reporter magang bernama Yun Duo yang ternyata pernah ia selamatkan saat hampir tenggelam. Meski semua orang masih mempertanyakan masa lalu Yi Bai tapi Yun Duo selalu membelanya di depan reporter lain dan akhirnya mereka menjadi dekat. Tang Yibai kemudian berjuang meraih mimpinya menjadi perenang tercepat di dunia, dimulai dengan perjuangan memenangkan piala impian dimana ia harus bersaing dengan sahabatnya yang sekarang sangat memusuhinya.Si Yibai ini lumayan manis meski mengingatkanku pada seseorang entah siapa. Sedangkan Yun Duo imut-imut kecil nan lincah. Lagi-lagi drama china minim konflik. Manis aja terus. Lumayan sih jadi gak bikin penonton frustasi. Yah pokoknya suka deh sama kisahnya. 

10.    The King of Romance

Genre : Romance
Starring : Lego Lee and Cindy Lien
Country of Origin : Taiwan
No. of Episode : 17

Drama ini berkisah tentang Gao Bing Bing, seorang wanita modern yang sangat percaya pada reinkarnasi kisah Cinta Abadi dalam 7 Kehidupan. Ia percaya lelaki yang ditakdirkan untuknya adalah gurunya saat belajar menjadi chef makanan penutup. Karena hutang ayahnya ia harus dikejar oleh rentenir dan terpaksa kehilangan rumahnya. Tapi ia menolak untuk pindah dan tinggal diam-diam di rumah tersebut. Ia bekerja di sebuah hotel sebagai asisten chef dan gemar bermain game dengan code name Juliet. Ia berpasangan dengan Romeo dalam permainan game dan mereka menjadi akrab. Ternyata sang pemilik rumah yang ia tinggali adalah dokter kandungan yang memeriksanya, yang juga tamu di hotel tempatnya menginap, Romeonya dan teman masa kecilnya. 
Meski karena bagian game ini mengingatkan pada drama Love 020 tapi ceritanya gak kalah kok. Drama ini berusaha menunjukkan kalau seseorang sudah ditakdirkan ia akan terikat terus menerus. Mereka terus bertemu sebagai dokter-pasien, tetangga, teman, hingga akhirnya mereka saling suka. hihi.. the end.. nontonlah sendiri

Yuhu.. itulah list drama China-Taiwan yang recommended buat ditonton versi aku. Feel free to tell me kalau ada rekomendasi drama China lainnya yang bagus. 

Baca Rekomendasi Drama China-Taiwan part 2 disini 
Baca Rekomendasi Drama China-Taiwan 2018 disini 
Baca Rekomendasi Drama China-Taiwan 2018 part 2 disini 
Baca Rekomendasi Drama China-Taiwan 2019 disini
Baca Rekomendasi Drama China-Taiwan 2020 disini
Baca Rekomendasi Drama China-Taiwan 2021 disini
Baca Rekomendasi Film China-Taiwan disini
Selamat Membaca!!!

Ay^^!

Comments

  1. Makasih sist rekomennya drama chinanya..
    Sukaaa bgt no 1 & 3 smpe d simpen di hp. Rekomen lg donk sist kl ada yg keren kaya eternal love...
    Aku mau nmbhin jga 1 love so beautiful keren jga sist ����

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih udah baca. Makasih jg rekomendasinya.

      Delete
    2. tau link the whirlwind girl sub indo gak 1-32

      Delete
    3. The demon master yg master devil do not kiss me season 3 sama put your head on my shoulder jg bagus. Tapi yg PUt Your Head on My Shoulder msh on going

      Delete
    4. Iya put your head on my shoulder tuh wajib di tonton 😍😍

      Delete
    5. Iya, cek updatean aku di rekomendasi drama China-Taiwan 2019 ada The Demon Master sama Put Your Head on My Shoulder disitu. Sekarang aku lagi jatuh hati sama Gu Wei Yi

      Delete
  2. Keren reviewnya. Yg udah ak tonton love o2o sma eternal love. Yg my amazing boyfriend baru setengah tp udah bosan. Hehe. . Mau coba yg lain msih blm bisa move on sma eternal love peach blossom :(. Ada juga the eternal love sma a love so beautiful jg bgus kak. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah makasih udah baca. Iya aku juga gak bisa move on dari eternal love peach blossom. Ye hua teope begete deh. Sekarang lagi nonton A Love so Beautiful sama Rush to the dead summer. Trus pengen nonton I Can Not Hug You yang dari webtoon Untouchable. Cuman sekarang agak sibuk sama kerjaan jadi nontonnya dicicil.

      Delete
    2. Hehe. . Iya sama lagi sibuk kerja nyicil deh nontonnya. Yg i can not hug you ak jg blm nonton soalnya nunggu tamat dulu aja biar gk penasaran nunggu episodenya 😄. Ada yg bikin penasaran sih jdulnya pretty man baru 9 episode d china kyaknya bagus. Tp nunggu berbulan2 kalau mau nonton sub indonya. Heheh. .
      Kalau ada yang baru lagi review lg ya kak.

      Delete
    3. I can not hug you udah tamat kok. Aku lagi nonton love of aurora tapi baru smpe episode 8. Pretty man entar aku coba nonton

      Delete
  3. sis... kalo donload yang ada sub indonya dimna ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa di dramakoreanindo.com, drakorindofilms.net dan 123drakor.com . Banyak pilihan sizenya jg. Karna aku suka nonton di hp jadi suka donlot yg hardsub. Semoga membantu jawabannya. Makasih sdh berkunjung

      Delete
  4. nanya ah, yg eternal love itu ad komedinya atau pure romance enggak? sy enggak terlalu suka romance tp kok ini kek nya boomin bgt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi ada dua eternal love. Yg eternal love ten miles peach blossom sebenarnya pure romance sih tpi ceritanya bagus banget. Aku memang gak suka komedi sih. Klo yg the eternal love belum sempat nonton

      Delete
    2. the eternal love lumayan bagus kok. ada lucunya karena 2 jiwa brtolak blakang ada dlm 1 tubuh. 2 jiwa ini jg suka org yg brbeda. rada gantung d akhirny tp yo wes lah...

      Delete
    3. Masih gak terlalu suka nonton kolosal mbak. Cuma Eternal love cherry blossom yg bikin ketagihan. Tapi kpan2 aku nonton deh.

      Delete
  5. drama chian yg pertama kali aku nntn love o2o and im so addicted. uhhh romantisnya itu loveee bgt. jdi suka kebayang pnya psangan yg mirip kek yang-yang. n aku juga udah nntn love me if you dare, yaampunn sgt bkin degdegan meskipun nntonnya siang. i love drama chinaaaa hehe

    ReplyDelete
  6. Udah nonton surgeon blm? Kalo yg suka drama medis lumayan buat variasi kalo lg bosen nonton drakor. Ode to joy 1 & 2 juga bagus.. Age of youth nya china dengan versi lebih dewasa.. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum sih. Masih stay d romance dulu. Tapi makasih rekomendasinya. Entar aku coba nonton

      Delete
  7. Rekomen filmny yang yang yg bagus lg dong??
    Aku udh nntn lovd o2o sama yg once upon a time.
    Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. I belonged to you kayaknya bagus. Tpi aku belum nemu dimana bisa downloadnya. Klo drama coba nonton the wirlwind girl, the lost tomb sama the four drama lama sih.

      Delete
    2. Tp mgkn ga sekeren love o2o yaa..

      Delete
    3. Iya sih Love o2o paling keren. Tapi yang yang tetap keren disitu.

      Delete
    4. Endingnya when snail fall in love it gantung ya?
      Mau ada kelanjutannya apa gmn?

      Delete
    5. When a snail falling in love gak gantung kok seingatku

      Delete
    6. This comment has been removed by the author.

      Delete
  8. Cwony kayak sakit atau apa gt..
    Yg love me if u dare aku baru selesai nntn, pas closing endingny smirkny simon mirip allen.

    ReplyDelete
  9. Kak, A Love So Beautiful ga dimasukin? Dramanya mayan bagus loh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada di part 2
      http://ulee-asyik.blogspot.co.id/2018/01/rekomendasi-drama-china-taiwan-part-2.html?m=1

      Delete
  10. Hai...makasih rekomendasinya.. lagsg start download walau masih gak bisa move on dr ye hua ama bai qian... 😁😁😁😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga masih gak bisa move on. Sampe sekarang masih rada males nonton yg klasik. Cuma peach blossom aja yg d bela2in nonton. Makasih udah baca, ada jg rekomendasi part 2 dan rekomendasi drama 2018

      Delete
  11. LG cari referensi c drama yg bagus...
    Eh..bisa and me bagus juga...so roamtic lah...sepadan lah sama love o2o

    ReplyDelete
  12. makasih rekomendasinya...
    mo nanya, donlot The Wirlwind Girl & the four yg pake sub indo d mana y ? prnh dpt tp slalu gagal ddonlot ato lamanny sdh tdk trsedia ato subny english.
    dah ngubek2 tp blm nemu. kebetulan aku jg suka Yang Yang gara2 nonton love o2o. ni aza lg nungguin drama terbaruny martial universe.

    ReplyDelete
  13. The wirlwind girl bisa cari di dramakoreaindo atau 123drakor. Kalo the four aku juga nyari-nyari. sempat mau nonton streaming aja tapi gak bisa keputer.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Min tolong, saya sudah cari sepeerti yg direkomendasikan tapi tetap saja tidak ketemu, pengen banget nontonnya . apalagi yang main yangyang .
      gak ketemu dan bahkan subtittle indonesianya pun gak ada

      Delete
    2. coba drakor.id kawan...

      Delete
    3. Iya di drakor.id sudah ada yah https://www.drakorid.tv/nonton/the-whirlwind-girl-2015/

      Delete
  14. makasih rekomendasinya, min tolong bagi linknya soalnya saya sudah cari didramakoreaindo / 123drakor tapi tetap gak bisa dowload + subtittle indonesianya, udah ngubek2 tetap aja gak ketemu. terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di dramakoreaindo ada kok the lost tomb, kalo tge wirlwind girl ada d kshowsubindo dengan judul tornado girl. Maaf yah kadang2 aku lupa nonton dimana. Soalnya kadang cuma streaming aja

      Delete
    2. MIN bisa rekomendasi tempat jual kaset online drama china subtittle indonesia the whirlwind girls yg masih ada . karena saya bingung mau dowload dimana semuanya gak ada pakek sub Indo kecuali di TIKI itupun cuma sampe eps 1-10

      Delete
    3. Maaf yah. Gak rekomendasiin klo kaset. Soalnya mimin klo gak ada indo sub nontonnya eng sub. Klo gak bisa donlot streaming aja. Klo the whirlwind girl cm streaming itu pun eng sub

      Delete
    4. This comment has been removed by the author.

      Delete
  15. Drama china emang paling top !!

    Dari awal muncul drama2 korea, aku ga tertarik, soalnya alay aja cowoknya, kurang macho...

    Akhirnya aku cari yang china, awalnya yang kaya dinasty2 gitu,kan akh dari dulu suka tuh nonton film2 kerajaan...

    Eh...akhirnya keterusan dan mulai suka drama china sampai sekarang dan ga pernah bosenin pokoknya

    ReplyDelete
  16. Hi..salam kenal..
    makasih banget rekomendasi Drama China nya, bikin aq ketagihan n off sbntar dr drakor.

    Aq donlotin hampir smuanya..
    Tp aq mw ksh saran dong ya, klo nulis sinopsis jgn smpe ending bnget / kstw gantung/sad/happy ending nya..Biar bkin penasaran, dan gak give up, cz kadang klo tw 'gantung' aq prefer gak nnton..pdahal pd bagus drama nya. :(

    Terus, tlong klo tulis sinopsis, 1 paragraf nya jngan terlalu panjang, aq lieur bacanya..wkwkkw..ini mah mata aq doang sih yg mudah jeleng hehehe..maafkan chingu...

    Tp overall, aq sependapat sm rekomendasi nya. Bener banget bkin move on dr korea. Dan fresh nglyt aktor& aktris nya..Yg awalnya aq gak tahu sm aktris/aktor china..ehh mulai kecantol sm Yang-yang & Zhang Shuang..haha...

    Skrg aq lg ngikutin drama Moonshine&valentine, gegara kangen sm Victoria fx sbenrnya, etapi trnyta aktor nya (si : Huang Jing Yu) manis juga lama-lama...

    Btw, kok jdi curhat.
    Trimakasih sx lgi ya, chingu..ditunggu rekomen drama lainnya..

    Keep writing..Xie..xie..

    Luv-Gielidya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih masukannya. Baca yg lain dong, ada part 2 sm yg rekomendasi drama 2018. Iya waktu nulis ini emang panjang banget aku aja kaget sendiri. Maklum aku bener2 suka sih. Maapkan ke spoileran mimin soalnya bete sendiri kadang kalo nonton drama udah suka banget karena reviewnya bagus eh pas nonton kecewa.

      Delete
  17. Min, butuh saran nih,,
    C drama apa aja yg seru tp romance gt tp gk berat2 bgt bwt d tonton 😂
    Soalnya pemula nih dr kdrama k cdrama..
    Mulai jenuh sma kdrama😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mulai dari yg dikit2 aja episodenya kayak the king of romance atau a love so beautiful. Soalnya cdrama suka banyak episodenya

      Delete
  18. Aku imagine tokoh utama cowok My Amaizing Boyfiend Season 2, YangYang kalo ceweknya tetap Janice Wu, soalnya Taehwan kan lagi di luar negeri main drama. Tapi sayangnya pemeran Season 2 diganti gara-gara padat jadwalnya si Taehwan sama Janic Wu jadi diagnti sama Mike :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku tetap lebih pilih taehwan yg main sih. Tapi gak tau jg ni drama kapan tanyangnya.

      Delete
  19. bgs flm yg anda rekomendasikan
    ada lg tuh
    kyk summer's fox
    seru n lucu
    smpe ada season 2 nya
    kbrx mo ada season 3 nya
    jg i can't hugh you
    jg ada season 2 nya
    pretty man
    youth
    dll
    aq nontonnya d aplikasi drakor.id
    bxk bgt drama2 china yg lg hits n seru
    sekedar recomendasi,:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih rekomendasinya. Iya aku udah nonton smua yg d sebut dan buat youth dan pretty man ada di 'rekomendasi drama china-taiwan 2018'

      Delete
  20. suka banget sama drama Love O2O. Dari situ aku mulai suka sama Yang Yang. dia meranin karakternya keren banget. udah gitu dramanya juga ringan. nggak ada konflik berat yang sampe buat kite kesel sendiri nontonnya. ya, terkesana perfect banget sih kedua pemeran utamanya. kayak nggak mungkin gitu kita temuin di dunia nyata.
    dan yang drama Eternal Love itu, aku belom nonton. soalnya udah keburu nonton yang filmnya. ya itu pun karena ada Yang Yang disana nya. tapi pas baca sinopsisnya disini, kayaknya itu lebih complicated yaa... jadi pengen nontonnya.
    makasih loh rekomendasinya. aku jadi banyak bahan tontonan. soalnya udah agak bosen sama yang korea koreaan wkwkwk.
    ditambah lagi ya rekomendasinya kalo ada yang bagus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih tanggapannya. Aku juga suka Love 020 karena minim konflik. Hidup sudah susah jadi tontonannya yang happy2 aja. hehe
      Nonton deh yang dramanya dijamin gak nyesel. Filmnya singkat banget, aku suka Bai Qian versi drama sih.
      Banyak kok rekomendasinya, ada part 2 sama ada yang 2018. Aku udah jarang banget nonton drakor, sekarang lagi suka drama Xianxia dan Wuxia

      Delete
  21. Gara2 bosen drakor jadi nyari drama China & drama pertama yang gue tonton 'a love so beautiful' baper parah bagus banget dramanya 😍 terus gue nonton 'Love 020' busettt rasanya ada sedikit penyesalan kenapa gue engga dari dulu ngikutin drama China 😤😤 sebagai pemula gue sangat2 puas dengan 2 drama itu & lagi nyari rekomendasi drama China lain.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah makasih komentarnya. Silahkan dibaca rekomendasi drama China-Taiwan Part 1 dan 2 yah, trus ada juga rekomendasi Drama China-Taiwan tahu 2018. Sekarang aku lagi suka historikal drama sih

      Delete
  22. Nyari rekomendasi drama china pas dapet ini ternyata Kita samaan...�������� nonton love o2o trus lanjut the whirlwind girl... YangYang is the best. .

    ReplyDelete
  23. Buat yang mau cek rekomendasi Drama China-Taiwan 2019 cek disini yah

    https://ulee-asyik.blogspot.com/2019/02/rekomendasi-drama-china-taiwan-2019.html?m

    ReplyDelete
  24. Terima kasih kak atas I N F O R M A S I nya yang sangat bermanfaat

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Profil Deng Lun

Mumet dengan kerjaan, jadi mau update lagi deh biar fresh. Kali ini aku mau nulis profil salah satu aktor China favoritku. Awalnya mau nulis Yang Yang sih tapi dianggurin aja datanya. Nanti deh. Sekarang soalnya ngebet banget sama si senyum lebar, Deng Lun. Soalnya drama yang dia bintangi tuh oke banget. Ini dia profilnya Nama: Deng Lun Born: October 21 st , 1992 (yes, kami Cuma beda setahun) in Shijiazhuang, Hebei Prov Tinggi: 185 cm Berat: 65 kg Deng Lun merupakan lulusan Shanghai Theatre Academy dan memulai karirnya sejak 2013 dalam Drama TV berjudul “Flowers in Fog” (belum nonton sih) kemudian main di beberapa drama lainnya dan akhirnya karirnya terus menanjak. Aku sendiri jatuh hati sama dia waktu dia main di drama berjudul “Because of Meeting You” yang merupakan drama remake dari drama Korea berjudul “Jang Bo-ri is here”. Di drama ini ia berperan sebagai Li Yunkai, seorang pengacara yang merupakan teman masa kecil tokoh utama perempuan. Perannya yang ceria dan

Itazura na Kiss in all versions

Hajimemashite.. Maaf lagi sok Jepang.. Kali ini aku mau bahas soal salah satu Dorama Jepang yang saking populernya sampe diadaptasi dalam berbagai versi. Eng ing eng.. Itazura na Kiss.. Sudah pada nonton versi apa saja? Tenang aku juga belum nonton semua kok. Tapi bagaimana pun versinya kisahnya Cuma satu yaitu bercerita tentang Seorang cewek SMA yang kurang pintar dari kelas F (disini kelas dibagi berdasarkan kepintaran muridnya dan diurut dari A untuk yang paling pintar hingga F untuk yang paling kurang pintar) bernama Aihara Kotoko yang jatuh cinta dengan orang paling populer di sekolahnya dari kelas A bernama Irie Naoki sejak tahun pertama. Di tahun seniornya, Ia kemudian mengakui perasaannya lewat surat cinta kepada Naoki dan ditolak mentah-mentah dengan alasan Naoki benci gadis bodoh. Pada hari yang sama Kotoko kehilangan rumahnya karena suatu musibah (di setiap serial beda-beda eui musibahnya) dan bersama ayahnya terpaksa menumpang di rumah teman ayahnya yang ternyata adala

Review Cry Me a Sad River

Kali ini mau bahas salah satu film China yang cukup ngena di hati dan bikin ikutan nangis.  Ini dia Profilnya Also known: Bei Shang Ni Liu Cheng He Genres: Friendship, School, Youth, Drama, Melodrama, Tragedy Country: China Release: 30 September 2018 Starring: Ren Min, Xin Yun Lai, Zhao Ying Bo Sinopsis: Yi Yao dan Qi Ming adalah tetangga dan teman masa kecil yang pergi ke kelas yang sama. Murid pindahan Tang Xiao Mi menyukai Qi Ming dan menjadi cemburu dengan hubungan baik Yi Yao dengannya. Dia mengikuti Yi Yao dan menemukan rahasia miliknya. Tang Xiao Mi kemudian menggunakan rahasia ini untuk memulai bullyingnya di sekolah dan semua siswa lain bergabung. Penindasan itu perlahan menghancurkan Yi Yao, sampai Gu Sunxi muncul disampingnya dan membantunya. Namun sebuah tragedi kembali menghancurkan Yi Yao. Comment: #SpoilerAlert Setelah terlalu banyak menonton drama kali ini tertarik nonton film China. Yup, mungkin kita hanya familiar dengan film-film action, kung fu maupun his