Skip to main content

Rekomendasi Drama China-Taiwan 2018 Part 2


Tahun ini bisa dibilang sebagai kebangkitan Drama China-Taiwan. Kalau dulu sukanya Drakor aja, sekarang mulai banyak yang melirik drama mandarin, mungkin karena tahun ini lagi banyak drama yang bagus.
Baca Rekomendasi Drama China-Taiwan 2018 part 1 disini
And the list continued…


1.        Between

Genre: Business, Comedy, Romance
Country: Taiwan
Episode: 16
Release: April-Juli 2018
Starring: Chang Marcus, Yeh Esther, Lin Sam
Sinopsis:
Berkisah tentang seorang gadis “Sandwich” bernama Su Hsiao Ching yang merupakan pekerja keras tapi sering mendapat tekanan dari banyak pihak yaitu keluarga dan bosnya. Segalanya berubah lebih sulit ketika ia berhadapan dengan CEO baru bernama Luo Cheng Kai dan Tuan tanah yang ikut tinggal di rumahnya bernama Qu Zhih Jun yang berprofesi sebagai fotografer. Kerja keras dan tekad Hsiao Ching membuat kedua pria itu jatuh cinta padanya dan berusaha mengejarnya.
Review:
Senyum semangatku balik lagi. Lah kok jadi kayak judul lagu? Hehe.. Bukan S***h yang comeback kok tapi si senyum ganteng Chang Marcus. Kali ini perannya masih cowok dingin yang suka sama kaktus dan superhero. Mungkin karena sering menyelamatkan perusahaan orang kali yah. Aku suka juga yang jadi ceweknya dia manis gitu trus punya gaya busana sendiri. Kalo ceritanya masih ongoing, tentang gadis yang bekerja keras dan jadi bulan-bulanan karena itu. Mengingatkan sedikit sama diriku sendiri yang sering harus ngerjain kerja lain. Sebenarnya aku gak terlalu suka dengan cerita cinta segitiga karena menurutku kita gak bisa menyukai dua orang secara bersamaan (Paling jengkel waktu di Twilight sama karakter Bella yang gak bisa hidup tanpa Edward tapi suka juga sama Jacob). Nah tokoh utama ceweknya tuh kesannya kayak gitu. Untung di akhir-akhir dia udah nunjukin lebih suka CEO. Aku juga pasti pilih CEO soalnya care banget.

2.        Sweet Dreams

Also known as: One Thousand and One Nights, Yi Qian Ling Yi Ye
Genre: Comedy, Romance, Fantasy
Country: China
Episode; 48
Aired: 25 Juni-22 Juli 2018
Starring: Dilraba Dilmurat, Deng Lun, Li Qiu Shi
Sinopsis:
Ling Ling Qi sangat mengidolakan desainer bunga sekaligus CEO dari perusahaan pengrajin bunga yaitu Bo Hai dan memutuskan untuk mengejarnya dengan bekerja di Flower Plus milik Bo Hai. Meski gagal berkali-kali menjadi desainer bunga akhirnya ia bisa diterima menjadi staff penjual bunga di salah satu toko Flower Plus yang membuatnya tetap jauh dari Bo Hai di kantor pusat. Suatu hari ia membeli gelang Sweet Dreams yang bisa membuat orang tidur nyenyak. Magnet dalam gelang ternyata terhubung dengan frekuensi magnet gelang Sweet Dreams milik Bo Hai dan membuatnya bisa memasuki mimpi Bo Hai dimana mereka berdua menjadi tokoh utama. Berada di mimpi Bo Hai membuat Ling Ling Qi bisa memahami Bo Hai dan mereka akhirnya saling menolong baik dalam mimpi maupun di kehidupan nyata. Karena berbakat Ling Ling Qi akhirnya diangkat menjadi asisten Bo Hai lalu menjadi desainer bunga serta bisa lebih dekat dengan Bo Hai yang ternyata menyimpan trauma masa lalu.
Review:
Sebelum berkomentar soal Dilraba yang lagi hits banget di China, aku mau bilang kalau salut sama China yang suka bikin drama yang menonjolkan budayanya. Biasanya untuk drakor profesi yang ditonjolkan adalah dokter, polisi, tentara, wartawan, jaksa, detektif, pengacara, dll. Pokoknya profesi umum di dunia. Tapi kalo C-Drama profesi yang ditonjolkan lebih beragam dan sama sekali tidak terpikirkan. Aku udah pernah review drama tentang penyulam, sekarang ada lagi drama dengan profesi tidak biasa yaitu pengrajin bunga dan keduanya sama-sama dibintangi oleh Deng Lun. Kali ini Deng Lun jadi pengrajinnya dan dapat karakter lebih dingin dan kejam. Semakin keren karena dipasangin sama Dilraba Dilmurat (dia main di Eternal Love jadi ponakannya Bai Qian) yang jadi Ling Ling Qi dengan karakter ceria, bersemangat dan suka menolong. Oh iya Dilraba ini memang mukanya tidak seperti orang cina kebanyakan soalnya dari etnis Uighur. Dia sudah membintangi banyak drama dan makin viral karena Alexandre Pato seorang pesepakbola pernah bawa-bawa spanduknya waktu dia menang pertandingan. Kembali ke drama, aku suka banget ceritanya karena mimpi yang mereka jalani tuh merupakan scene sejarah ataupun kisah film. Banyak banget pengetahuan tentang bunga dan cara merangkai bunga. Pokoknya recommended banget deh!
Oh iya meski episodenya banyak tapi termasuk drama yang paling cepat update soalnya tayang senin-sabtu.
3.        Meteor Garden

Genre: Romantic Comedy
Country: China
Episode: 44
Release: 9 Juli 2018
Starring: Shen Yue, Dylan Wang, Darren Chen, Connor Leong, Caesar Wu
Sinopsis:
Namanya remake udah ditau ceritanya kayak apa jadi gak usah synopsis langsung review aja yah
Review:
Akhirnya yang ditunggu tayang juga. Pemainnya udah beda banget dan yang jadi sorotan tentu aja Shen Yue yang jadi Shancai serta para F4. Meski masih belum move one dari F4 ala Jerry Yan CS tapi remakenya boleh juga. Awalnya sih agak kurang setuju sama awal filmnya yang agak beda dan gak ada bullyan ala F4 dengan kartu merahnya soalnya kali ini pake kartu Joker dan siapapun yang dapat harus bertanding melawan F4 main kartu trus kalo kalah harus melakukan apapun yang dipertaruhkan. Mungkin karena kampanye stop bullying lagi marak yah jadi ceritanya diubah. Tapi pas nonton beberapa episode lagi mulai dapat feel meteor gardennya dan suka sama yang jadi Dao Ming Si nya yang ganteng. Rambutnya masih nanas tapi lebih modern gak pake head band lagi tapi pomade. Hehe. Shen Yue juga cukup sukses memerankan Shancai begitupun dengan karakter F4 yang lain (cocok). Kalo kata TJP sih “Same old Recipe but girl still love it”. Tapi dekat ke ending bedanya makin kelihatan. Meski keren sih di akhir-akhir diputar semua soundtrack Meteor Garden yang dulu.
4.        The Ex-Man


5.        Smile


6.        Heavy Sweetness Ash Like Frost

Genre: Fantasy, Romance
Country: China
Episode: 63
Starring: Yang Zi, Deng Lun
Ya ampun hebat sih Deng Lun dia punya beberapa drama yang tayang tahun ini. Baru aja selesai nonton dia di Sweet Dreams eh ada lagi dramanya. Kali ini Wu Xia dan yup episodenya panjang bet. Tapi kusuka, ku bahkan streaming part-part kecilnya di youtube karena gak sabar tungguin update-an episode selanjutnya. Dan kemudian ku coba baca novelnya. Yup ini drama diangkat dari novel. Kisahnya sendiri awalnya mirip-mirip Peach Blossom karena bercerita tentang beberapa alam dan abadi serta iblis. Jadi maafkan yah kalau panjang dan dipenuhi spoiler soalnya salah satu favorit.
Dimulai dengan kisah tentang dewi bunga yang melahirkan seorang anak di ambang kematiannya. Anak tersebut ia beri nama Jin Mi dan untuk mencegah anaknya merasakan penderitaan yang sama karena cinta, ia memberinya pil tanpa perasaan dan menyuruh semua peri bunga untuk merahasiakan identitas Jin Mi. Jin Mi kemudian hidup riang sebagai peri anggur. Suatu hari ia menemukan burung hitam yang jatuh dihalamannya dan ia mengira burung tersebut adalah gagak. Ia pun menolong burung tersebut yang ternyata pangeran alam langit sang Dewa Api Phoenix, Zu Feng. Sebagai imbalan ia meminta Zu Feng membawanya keluar dari cermin air. Zu Feng mengajaknya ke alam langit dan disanalah petualangan Jin Mi dimulai. Jin Mi menemukan bahwa Ayahnya ternyata adalah dewa air dan ia sudah ditunangkan dengan putra sulung kaisar langit yaitu Dewa Malam Run Yu. Agar bisa menjadi dewa ia kemudian diharuskan melakukan penebusan di alam manusia. Zu Feng yang jatuh cinta pada Jin Mi akhirnya ikut melompat dari roda nasib karena mengetahui rencana ibunya untuk membunuh Jin Mi. Sebagai manusia, Jin Mi menjadi wali suci dalam suku penyembuh yang selalu memakai cadar. Sedangkan Zu Feng adalah Raja Yi yang diselamatkan Jin Mi saat sedang terluka parah. Jin Mi yang tidak tahu identitas raja Yi yang bisu dan tuli akhirnya memanggilnya Gagak. Mereka berkomunikasi dengan menulis di kertas. Saat raja Yi sembuh ia kemudian kembali ke istana. Jin Mi yang dipanggil untuk megobati raja Yi di istana sangat terkejut mengetahui gagak ternyata adalah Raja Yi. (Sampai sini aja sinopsisnya, kalau aku lanjut bisa di protes pembaca karena kepanjangan).
Oke jadi kenapa tadi aku bilang mirip Peach Blossom karena alurnya sama. Bedanya di sini orang ketiga lebih dominan soalnya Run Yu yang ditunangkan sama Jin Mi. Kisahnya juga bisa dibilang lebih tragis daripada Peach Blossom karena Jin Mi membunuh Zu Feng dengan menusuknya dari belakang karena mengira Zu Feng lah yang membunuh ayahnya. Tapi aku suka bagaimana Zu Feng yang bangkit kembali akhirnya malah menaklukkan kerajaan iblis dan jadi raja di sana. Akhirnya malah si Jin Mi yang mati karena mengorbankan dirinya untuk menghentikan perang antara alam langit (Run Yu) dan alam iblis (Zu Feng).
Meski Run Yu lebih ganteng tapi Deng Lun sukses bikin aku jatuh hati sama Zu Feng, meski di akhir-akhir aku kurang suka rambutnya di kuncir mendi digerai atau dikuncir sedikit aja. Kalau di kuncir semua kayak cewek. Eh Yan You sang pangeran ular juga ganteng bahkan pengawal setia Zu Feng juga ganteng. Pokoknya 60 lebih episode itu sangat-sangat worth it untuk ditonton.

7.        Accidentally in Love

Genre: Comedy,Romance, School, Youth
Country: China
Episode: 30
Release: Agustus 2018
Starring: Sun Yi Ning.Guo Fiction
Salah satu drama yang masih fresh banget. Berkisah tentang Chen Qing Qing yang kabur dari rumah karena tidak mau menikah dengan pilihan kakeknya. Ia pun pergi ke sekolah lama orang tuanya dan mengubah dandanannya. Di sana ia bertemu teman sebangku yang juga penyanyi idola bernama Si Tu Feng. Dan mereka akhirnya selalu sama-sama dan jatuh cinta. Bla.bla.bla. Aku suka sih dengan karakternya.ceritanya juga cukup ringan meski menurutku Chen Qing Qing dibuat begitu sempurna. Ia sangat cantik saat masih jadi nona muda cucu konglomerat dan akhirnya di Si Tu Feng ia mengaku bernama Qing Shen mereka sempat duet, trus pas jadi Chen Qing Qing yang kacamataan ia masih bisa berbakat dan ikut kontes kecantikan. Jadi asisten Si Tu Feng ia malah punya bakat menggambar komik dan akhirnya berkolaborasi. Jadi agak beda dengan kisah bety lafea lainnya.  


8.        Legend of Yunzi

Genre: Historical Fiction
Based on Poison Genius Consort by Jie Mo
Starring: Ju Jingyi, Zhang Zhehan, Merxat
Country: China
Episodes: 48 + 2 (Epilogue)
Release: 25 Juni – 15 Agustus 2018
Berkisah tentang Long Feiye pangeran Qin yang dinikahkan dengan Han Yunxi yang buruk rupa karena bisul di wajahnya. Ia selalu memakai cadar. Namun saat hari pernikahan Yunxi berhasil menyembuhkan wajahnya berkat gelang peninggalan ibunya. Ia kemudian membantu Long Feiye dengan kemampuan medisnya. Ia berteman dengan Gu Qishao pemilik lembah dengan berbagai tanaman herbal dan racunnya. Han Yunxi kemudian berupaya membuat obat untuk “Poison Puppet” yang juga diidap Long Feiye. Akhirnya agak gantung sih, membuat orang bertanya-tanya itu beneran atau Cuma khayalan Long Feiye. Apa hayo? Maafkan yah, aku lagi berusaha untuk tidak terlalu spoiler. Hehe
Oh iya aku suka banget dengan karakter Long Feiye yang dingin tapi care banget sampe jadi cemburuan sama Yunxi, chemistry nya dapet banget sama Yunxi yang imut, ceria dan optimis. Sekilas dia mirip Zhen Zuang, tapi lama-lama beda banget kok.

9.        The Rise of Phoenixes

Genre: Historical Fiction, Political and Romance
Based on Huang Quan by Tianxia Guiyuan
Starring: Chen Kun, Nini
Country: China
Episode: 70 (Uncut), 56 (TV)
Release: 14 Agustus 2018
Aku agak bingung juga sih dengan drama China apalagi yang historikal gini kok ada yah versi uncut dan versi tv nya? Apa bedanya? Soalnya aku nonton Princess Agents (Ini juga bagus, recommended) dan ada versi uncut dan tvnya juga, tapi pas nonton baik-baik sama aja sih kelihatannya. Ada yang bisa jelaskan?
Oke back to this drama berkisah tentang Ning Yi, pangeran keenam yang baru saja dibebaskan setelah dikurung di kuil (lupa namanya). Ia menyembunyikan ambisinya dengan menjadi pangeran innocent yang menyukai kain dan jahit-menjahit. Ia kemudian bertemu dengan Feng Xiwei yang ternyata adalah keturunan terakhir kekaisaran terdahulu. Pokoknya sih nanti kisahnya bakal epic soalnya ada dendam dan perebutan kekuasaan. Yang bikin aku bingung sih kenapa nama tokohnya banyak banget yang Ning, apa satu keluarga semua yah? Tapi kan ada juga kasim dan asisten namanya juga Ning. Tapi overall, dramanya menarik. FYI, Nini ini jadi model SK-II terbaru loh. Oh iya drama ini juga diputar di Netflix loh.

10.    Mr. Swimmer

Genre: Action, Comedy, Romance, Drama, Sports
Country: China
Episodes: 46
Starring: Mike Angelo, Ju Jing Yi, Jerry Yan (bukan F4)
Release: September-Oktober 2018

Ada Mike Angelo lagi, kayaknya dia sedang laris manis di China. Aku biasanya males nonton Mike soalnya kadang drama dia gaje (peace!). Tapi nonton juga ini soalnya suka sama Ju Jing Yi pas main jadi Yunxi. Drama ini sendiri bercerita tentang Yong Zhe (Mike) seorang perenang hebat yang karirnya turun setelah terlibat masalah pemukulan. Trus dia ketemu Chaca yang jatuh miskin dan dicampakkan pacarnya dan ternyata temannyaYong Zhe yaitu si kaya Lan Tian. Awalnya menarik sih, tapi gak tau semakin kesini agak membingungkan mungkin karena aku Cuma nonton sekilas-sekilas aja. Dibandingkan dengan My Mr. Mermaid aku tentu aja pilih M3. Soalnya kisah sebagai atlet renangnya lebih dalam dan ada si manis.

Comments

Popular posts from this blog

Profil Deng Lun

Mumet dengan kerjaan, jadi mau update lagi deh biar fresh. Kali ini aku mau nulis profil salah satu aktor China favoritku. Awalnya mau nulis Yang Yang sih tapi dianggurin aja datanya. Nanti deh. Sekarang soalnya ngebet banget sama si senyum lebar, Deng Lun. Soalnya drama yang dia bintangi tuh oke banget. Ini dia profilnya Nama: Deng Lun Born: October 21 st , 1992 (yes, kami Cuma beda setahun) in Shijiazhuang, Hebei Prov Tinggi: 185 cm Berat: 65 kg Deng Lun merupakan lulusan Shanghai Theatre Academy dan memulai karirnya sejak 2013 dalam Drama TV berjudul “Flowers in Fog” (belum nonton sih) kemudian main di beberapa drama lainnya dan akhirnya karirnya terus menanjak. Aku sendiri jatuh hati sama dia waktu dia main di drama berjudul “Because of Meeting You” yang merupakan drama remake dari drama Korea berjudul “Jang Bo-ri is here”. Di drama ini ia berperan sebagai Li Yunkai, seorang pengacara yang merupakan teman masa kecil tokoh utama perempuan. Perannya yang ceria dan

Itazura na Kiss in all versions

Hajimemashite.. Maaf lagi sok Jepang.. Kali ini aku mau bahas soal salah satu Dorama Jepang yang saking populernya sampe diadaptasi dalam berbagai versi. Eng ing eng.. Itazura na Kiss.. Sudah pada nonton versi apa saja? Tenang aku juga belum nonton semua kok. Tapi bagaimana pun versinya kisahnya Cuma satu yaitu bercerita tentang Seorang cewek SMA yang kurang pintar dari kelas F (disini kelas dibagi berdasarkan kepintaran muridnya dan diurut dari A untuk yang paling pintar hingga F untuk yang paling kurang pintar) bernama Aihara Kotoko yang jatuh cinta dengan orang paling populer di sekolahnya dari kelas A bernama Irie Naoki sejak tahun pertama. Di tahun seniornya, Ia kemudian mengakui perasaannya lewat surat cinta kepada Naoki dan ditolak mentah-mentah dengan alasan Naoki benci gadis bodoh. Pada hari yang sama Kotoko kehilangan rumahnya karena suatu musibah (di setiap serial beda-beda eui musibahnya) dan bersama ayahnya terpaksa menumpang di rumah teman ayahnya yang ternyata adala

Review Cry Me a Sad River

Kali ini mau bahas salah satu film China yang cukup ngena di hati dan bikin ikutan nangis.  Ini dia Profilnya Also known: Bei Shang Ni Liu Cheng He Genres: Friendship, School, Youth, Drama, Melodrama, Tragedy Country: China Release: 30 September 2018 Starring: Ren Min, Xin Yun Lai, Zhao Ying Bo Sinopsis: Yi Yao dan Qi Ming adalah tetangga dan teman masa kecil yang pergi ke kelas yang sama. Murid pindahan Tang Xiao Mi menyukai Qi Ming dan menjadi cemburu dengan hubungan baik Yi Yao dengannya. Dia mengikuti Yi Yao dan menemukan rahasia miliknya. Tang Xiao Mi kemudian menggunakan rahasia ini untuk memulai bullyingnya di sekolah dan semua siswa lain bergabung. Penindasan itu perlahan menghancurkan Yi Yao, sampai Gu Sunxi muncul disampingnya dan membantunya. Namun sebuah tragedi kembali menghancurkan Yi Yao. Comment: #SpoilerAlert Setelah terlalu banyak menonton drama kali ini tertarik nonton film China. Yup, mungkin kita hanya familiar dengan film-film action, kung fu maupun his