Skip to main content

Rekomendasi Drama China-Taiwan 2019 Part 4

Tahun ini menunjukkan betapa kosongnya diriku. Update-an rekomendasi drama China/Taiwan-ku udah sampai babak ke 4. Padahal tahun lalu Cuma 2 part aja. Tapi beneran deh kuantitas nonton drakorku udah minim banget. Trus nonton NCT juga udah kurang. Semuanya buat maraton dracin. Nah drama yang akan kurekomendasi kan selanjutnya mungkin masih ongoing waktu review ini dibuat jadi bisa aja ada yang endingnya tidak sesuai harapan tapi aku udah ngebet buat nulis. Moga tahun depan makin banyak dracin yang bagus dan berkualitas. Semoga drama-drama yang ditunggu kayak The Wolf segera tayang. Oh iya sekarang aku suka nonton info update-an dracin di channel youtube-nya Marcus. Lengkap bo plus gosip artis-artisnya.
 
1.        Somewhere Only We Know

Related Content: Somewhere Only We Know Special (Chinese spinoff)
Also Known As: Du Jia Ji Yi, Exclusive Memory
Directors: Chang Liu
Screenwriters: Chen Xiao Xiao
Genres: Friendship, Romance, School, Youth
Country: China
Episodes: 24
Aired: Jan 14, 2019 - Jan 28, 2019

Sinopsis:
Mu Cheng He yang merupakan Ph.D. kandidat dalam Fisika menangkap siswa tahun ketiga jurusan bahasa Inggris yaitu Xue Tong menyontek saat ujian. Ia kemudian menjadi guru pengganti dalam kelas pilihan Bahasa Rusia yang diikuti Xue Tong. Hal ini membuat keduanya memiliki banyak interaksi dan Akhirnya jatuh cinta. Tapi perbedaan usia yang jauh menjadi ujian bagi keduanya.

Comment:
Sebenarnya ini drama awal tahun sih tapi aku baru sempat nonton sekarang itupun belum selesai. Aku suka latar pendidikan keduanya yang bertolak belakang tapi bisa saling mendukung. Relationship goals ku banget yang anak sosial trus dapat pasangannya anak science, ilmuan pula. Jadi bisa saling sharing dan dapat pengetahuan baru gitu. Meski aku gak terlalu suka hubungan yang beda usia jauh banget tapi menurutku Mu Cheng He dan Xue Tong cocok-cocok aja. Aku belum tahu endingnya kayak apa tapi di review banyak yang unsatisfied dengan endingnya dan katanya dibuat versi spesial tapi nontonnya berbayar. Semoga aja aku suka.

2.        All I Want for Love is You

Also Known As: Je T'aime Bien Aussi
Genres: Friendship, Comedy, Romance, School, Youth, Drama
Country: China
Episodes: 32
Aired: Oct 10, 2019 - Nov 4, 2019
Starring: Liu Yu Han, Liu Yin Jun, Lu Zhao Hua

Sinopsis:
Gu Xiao Man merupakan siswa kelas tiga yang sebentar lagi akan lulus. Ia merupakan atlet Sanda dan memenangkan banyak medali di sekolahnya. Ia menyukai laki-laki paling pintar di sekolahnya yaitu Zuo An dan menuliskannya di diari. Ia bekerja keras agar diterima di universitas yang sama dengan Zuo An dan memiliki kesempatan untuk menyatakan cintanya. Tanpa dia sadari Zuo An juga mencintainya diam-diam.

Comment:
“Aku keledai dan kau adalah wortel yang menggantung di atas kepalaku”, Xiao Man
“Aku dengar kau diam-diam menyukaiku, kebetulan aku juga diam-diam menyukaimu”, Zuo An
Kayaknya lagi ngetren drama yang mencintai diam-diam gitu. Awal drama ini bikin ingat sama A Love so Beautiful soalnya udah tetanggaan trus sekolahnya sama dari TK tapi ada juga sih bedanya. Aku suka hubungan keduanya yang bisa dibilang safe banget. Gak menggebu-gebu. Zuo An bahkan rela belajar sendiri di rumah selama kelas 3 soalnya dia gak mau ganggu konsentrasi Xiao Man, biar fokus buat ujian masuk universitas. Drama ini juga ada wuxia-nya dikit soalnya Xiao Man suka ngayal kalau dia adalah pendekar perempuan dan Zuo An adalah pelajar eh apa pangeran yah. Pokoknya gitu lah. Rekomended juga soalnya happy ending. Andai semua cinta diam-diam itu berbalas kayak gini (lah curcol).

3.        A Little Thing Called First Love

Related Content: Crazy Little Thing Called Love (Thai original story)
Genres: Friendship, Music, Comedy, Romance, Life, School, Youth, Drama
Country: China
Episodes: 36
Aired: Oct 23, 2019 - Nov 21, 2019
Starring: Lai Kuanlin, Angel Zhao, Wang Run Ze

Sinopsis:
Bercerita tentang seorang gadis biasa yang jatuh cinta pada pria paling populer di sekolah. Ia kemudian berusaha menjadi lebih cantik dan lebih baik untuk dekat dengan pria tersebut.

Comment:
Yes, ini merupakan remake dari film Thailand paling favoritku berjudul Crazy Little Thing Called Love. Tentu aja aku rindu sama pasangan Nam dan Shone. Dan meski drama ini tidak menjawab kerinduanku (soalnya beda banget ceritanya) tapi tetap recommended abis. Padahal awalnya aku males nonton soalnya pesimis aja kalau idol yang main biasanya suka gak dapet feel-nya. Tapi hands up deh buat Lai Kuanlin aktingnya keren banget dan dia sukses memerankan sosok kakak senior ganteng, populer, rajin, baik hati, dan care abis (aku padamu). Feel-nya tuh kayak Xiao Nai di Love 020 tapi yang ini lebih manusiawi. Hehe. Padahal aku menghindari banget nonton drama dari Tao atau Luhan yang juga mantan idol karena susah melihat mereka tanpa ingat image idol-nya. Tapi Lai Kuanlin sukses abis. Padahal ini drama pertamanya. Dia udah kayak Lin Yi sih sama-sama jadi aktor menjanjikan di masa depan. Seperti yang kubilang versi drama ini beda banget sih sama filmnya. Alurnya aja yang mirip tapi segi ceritanya beda. Kali ini si senior saingannya bukan teman baiknya tapi saudara tirinya (eh pernah jadi sahabatnya juga) yang kebetulan seangkatan sama Xia Miao Miao karena pernah tinggal kelas. Aku suka sama ekspresi cemburu dan marahnya senior. Nungguin banget ada yang bikin jealous compilationnya trus bakal ku donlot dan save di laptop aku. Suka juga senyumnya adem banget. Di film Shone gak terang-terangan memperlihatkan kepeduliannya sama Nam sedangkan di drama udah kelihatan banget kalau si senior suka sama Xia Miao Miao. Cuman aku agak terganggu sih dengan model rambut singa Xia Miao Miao di pertengahan, ngingetin sama karakter Sol di Cheese in The Trap banget sih. Untungnya di akhir udah dirapiin gitu. Pokoknya jadi drama yang kutunggu banget update-annya tiap hari. I love you, kakak senior.

4.        The Love by Hypnotic

Adapted from the manhua "Prince, Don't Do This!" by Dong Man Tang
Also Known As: Ming Yue Zhao Wo Xin , Ming Yue Shines on My Heart
Genres: Historical, Comedy, Romance
Country: China
Episodes: 36
Aired: Oct 14, 2019 - Nov 13, 2019
Starring: Alen Fang, Ling Mei Shi

Sinopsis:
Li Ming Yue, seorang putri, dan Li Qian, seorang pangeran, dipaksa untuk menikah satu sama lain karena perjanjian kerajaan. Ketika istrinya memicu ingatan dari masa lalunya melalui penggunaan hipnosis, Li Qian mulai menerima istrinya mengetahui bahwa dia dapat membantunya mendapatkan kembali ingatannya yang hilang.

Comment:
Setelah jeda lama tanpa penayangan, akhirnya era costume drama kembali lagi. Meski aku tetap lebih sering nonton drama modern tapi kadang suka juga sama costume drama. Apalagi yang romantis. Buat pecinta romance silahkan nonton drama ini. Agak berlebihan sih romance-nya menurutku. Soalnya salah satu drama yang paling banyak kiss-nya. Yang masih dibawah umur jangan nonton yah. Tapi aku suka aja chemistry kedua lead-nya. Apalagi ada unsur hipnotisnya. Recommended lah soalnya happy ending.

5.        Flavour It’s Yours

Also Known As: Kan Jian Wei Dao De Ni , Instead of Tipsy Why Not Get Drunk , Yu Qi Qei Xun He Bu Zui
Genres: Food, Comedy, Romance, Fantasy
Country: China
Episodes: 25
Aired: Nov 7, 2019 - Nov 23, 2019
Starring: Ireine Song, Simon Gong

Sinopsis:
Lu Wei Xun adalah kritikus anggur jenius yang dingin dan tidak bisa didekati. Di bidangnya, ia dianggap sebagai tiran karena ekspektasinya yang ketat dan dihormati karena memiliki indera perasa yang sempurna. Untuk beberapa alasan, Lu Wei Xun melintasi jalan dengan He Bu Zui yang optimis, seorang wanita muda yang kehilangan indera perasa sejak dia masih muda. Ciuman yang tidak sengaja kemudian membuat indera perasa mereka bertukar. Mereka pun bekerja sama mengembalikan indera perasa Lu Wei Xun.

Comment:
Paling suka sih kalau ada latar pekerjaan yang baru di dracin soalnya bisa sekalian menambah pengetahuan gitu. Kali ini soal Wine serta Lu Wei Xun yang berprofesi sebagai sommelier. Aku baru tahu kalau perlu banyak pertimbangan buat nentuin harga wine dan sommelier berperan besar. Bukan cuma soal winery tapi ada juga istilah distillery (google it!) dan aku akhirnya tahu bedanya. Trus yang jadi female lead-nya Song Yiren. Tipe-nya tuh kayak Park BoYoung yang imut-imut pendek tapi selalu dapet pasangan yang tinggi. Tapi seperti yang dibilang Buzui, yang pendek tuh lagi ngetren (hihi, aku juga termasuk kok). Keduanya punya chemistry yang bagus. Drama ini banyak kisseu-nya juga soalnya itu cara mereka buat bertukar indera perasa. Aku suka pemeran Lu Wei Xun-nya ganteng. Sayang aku belum banyak nonton drama-nya.

6.        Once Upon a Time in Linjiang Mountain

Adapted from the manga "Spirit Blade Mountain" written by Xian Man Dong Man
Also Known As: Cong Qian You Zuo Ling Jian Shan , Spirit Sword Mountain , Once Upon A Time There Was A Spirit Blade Mountain
Directors: Yu Zhong Zhong
Screenwriters: Fan Kan, Xu Peng Peng, Fang Qiang Qiang
Genres: Action, Comedy, Romance, Fantasy
Country: China
Episodes: 37
Aired: Nov 12, 2019 - Dec 5, 2019
Starring: Xu Kai, Sandrine Pinna

Sinopsis:
Bercerita tentang Wang Lu yang menjadi murid Linjiang Sect dan perjalanannya dalam berkultivasi menjadi immortal. Ia merupakan satu-satunya murid langsung dari tetua sekte yaitu Wang Wu yang berumur ratusan tahun. Meski cantik, Wang Wu memiliki karakter yang tidak biasa yaitu agak genit dan sering bertengkar dengan muridnya, Wang Lu.

Comment:
Yes ada Xu Kai yang ganteng. Aku suka banget tau sama senyum imutnya. Trus dia main lagi di drama XianXia makin sukalah aku. Soalnya belum bisa move on dari The Legends jadi pas liat dia main di drama militer berjudul Arsenal Military Academy bareng Bai Lu lagi agak gak biasa liat dia rambutnya pendek. Meskipun tetap ganteng sih disitu. Trus kali ini lawan mainnya lebih tua lagi. Aku masih penasaran apa bakal ada hubungan romantis antara Wang Lu dan gurunya Wang Wu. Banyak yang review gak suka sama female lead-nya yang katanya aktingnya gak bagus, gak cocok sama Xu Kai. Tapi pas aku nonton suka-suka aja sih. Umur mereka Cuma beda ratus atau ribuan tahun, lah Bai Qian sama Ye Hua beda 90 ribu tahun semua masih bilang cocok kok. Awal nonton agak membingungkan sih apalagi ada genre komedinya. Tapi makin kesini malah ketagihan nontonnya. Sampai download app Iqiyi dan mesti sabar menunggu karena Cuma VIP yang nonton 8 episode duluan. Ada juga rasa-rasa bromance antara Wang Lu dan Hai tapi lebih dapet yang untamed lah. Pokoknya berharap semoga endingnya memuaskan. Karena drama ini aku jadi baca manga china dan ternyata outfit gurunya di manga sungguh seksi. 

7.   My Girlfriend is an Alien


Also Known As: Wai Xing Nu Sheng Chai Xiao Qi , Alien Girl, Chai Xiao Qi
Directors: Deng Ke
Genres: Comedy, Romance, Fantasy
Country: China
Episodes: 28
Aired: Aug 19, 2019 - Sep 24, 2019
Starring: Wang Peng, Bie Tsu Thassapak Hsu

Sinopsis:
Berasal dari planet Cape Town, Chai Xiao Qi mendapati dirinya tertahan di Bumi setelah secara tidak sengaja kehilangan alat pelacak. Sementara itu, Fang Leng adalah CEO sombong yang menderita amnesia. Dimana setiap kali hujan turun dia melupakan wanita di sekitarnya. Keadaan yang tidak biasa antara keduanya membuat mereka terlibat romansa manis (lah apa-apaan sinopsis ku ini).

Comment:
Iya tau aku udah telat banget review ini. Soalnya baru nonton bulan lalu. Pas drama ini keluar aku kurang minat pas liat cowoknya dari Thailand. Tapi liat reviewnya banyak yang bilang bagus jadi coba nonton. Eh ternyata bagus beneran. Dan aku malah jatuh hati sama Bie. Ganteng banget sih, kharismanya sebagai CEO dapet banget. Agak aneh sih sama nama planetnya kok cape town yang agak ke-luar angkasaan lah. Chemistry keduanya juga dapet. Soalnya karakter Xiao Qi yang polos cocok sama karakter Fang Leng yang dingin. Endingnya boleh juga, cukup masuk akal Xiao Qi kembali sebagai duta. Beberapa hari yang lalu mereka ngadain fan meeting dan Bie pake baju batik duh tambah ganteng. Coba aku stay di ibukota pasti aku bela-belain pergi.

8.   The Romance of Hua Rong

Also Known As: Yi Ye Xin Niang , One Night Bride
Directors: Danny Ko
Screenwriters: Li Nan, Xiao Zhi Yao, Peng Yi Ying, Han Yu Ting, Xiong Jia Nan, He Guang Yue
Genres: Historical, Comedy, Romance
Country: China
Episodes: 24
Aired: Nov 30, 2019 - Dec 31, 2019
Starring: Yuan Hao, Zhao Zhao Yi

Sinopsis:
Hua Rong lari dari rumah untuk memenuhi mimpinya melakukan petualangan heroik. Saat dia berlayar, dia ditangkap oleh bajak laut terkenal Qin Shang Cheng dan dipaksa untuk menikah dengannya. Tapi di hari pernikahan Hua Rong berhasil kabur. Qin Shang Cheng yang telah jatuh cinta padanya pun berusaha untuk mencari keberadaan Hua Rong.

Comment:
Wah genre baru lagi di costume drama, kali ini temanya bajak laut.. aye aye captain. Aku suka kostum bajak lautnya berasa banget mix bajak laut ala Pirates of the Caribbean campur busana tradisional china Rambut male lead-nya bahkan di cacing-cacing gitu. Yang jadi male lead udah sering aku lihat di drama lain jadi pemeran pendukung, senang juga dia akhirnya dapet peran utama. Yang jadi female leadnya masih asing buatku tapi suka karakternya yang setrong dan punya prinsip. Gak kayak kebanyakan female lead yang lemah dan butuh perlindungan. Chemistrynya dapet dan aku juga suka dua bawahan setia sang master. Kalau disini pemimpin bajak laut disebut island master gitu. Punya pulau yang diaturnya sendiri. Pokoknya recommended-lah buat yang bosen dengan costume drama tentang kaisar atau selirnya.

9.   Love the Way You Are

Episodes: 30
Release Date: December 18, 2019
Country: China
Starring: Qi Yan Di, Zhang Xuan Rui

Sinopsis:
Drama ini menceritakan tentang gadis gemuk yang berhasil kurus dan menjadi model. Akhirnya dia bertemu dengan pria yang disukainya sejak masa sekolah. Sayangnya keanehan terjadi karena diet yang dia lakukan terlalu ketat, dia menderita penyakit yang bisa membuat badannya menjadi kurus dan gemuk seketika. Konflik terjadi ketika lelaki yang disukainya ternyata menyukai dirinya yang gemuk.

Comment:
Salah satu persoalan besar buat cewek yaitu gemuk. Di 200 Ponds Beauty ceweknya oplas buat cantik tapi di drama ini dia diet ketat. Sampe ngebatasin dirinya buat gak boleh makan diatas 1000 kalori. Dikit banget ya ampun. Aneh juga kok lebih dikit langsung jadi gemuk lagi? Tapi aku suka sih dramanya. Lucu aja gitu. Si cewek meski pendatang baru lumayan juga aktingnya. Trus cowoknya tuh yang main di Prince of Wolf. Kali ini karakternya beda karena agak sedikit sinis dan dingin. Tapi aku suka yang ini sih. Sama dengan judulnya si cowok udah suka sama ceweknya sejak dia gemuk dan gak berubah sampai sekarang. Aku juga suka profesi cowoknya yang jadi koki dan berhasil bikin makanan bergizi yang gak bikin gemuk, kan jadinya cocok pasangan sama model yang takut gemuk. Pokoknya recommended lah.

10.  Joy of Life

Also Known As: Thankful for the Remaining Years , Qing Yu Nian , Qing's Remaining Years
Directors: Sun Hao
Screenwriters: Wang Juan
Genres: Action, Historical, Romance, Political
Country: China
Episodes: 46
Aired: Nov 26, 2019 - Jan 1, 2019
Starring: Zhang Ruo Yun, Li Qin, Xiao Zhan

Sinopsis:
Pada tahun-tahun senja Jin Timur, Liu Yu merebut tahta untuk menjadi kaisar pendiri dinasti Liu Song. Putra Consort Ye yang baru lahir adalah satu-satunya bangsawan yang selamat dari pembersihan berdarah, dan diadopsi oleh Sekretariat Kekaisaran Fan Jian. Pada usia delapan belas tahun, pernikahan politik Fan Xian yang akan datang dengan seorang putri membuatnya sangat populer di antara para pangeran yang ambisius, meskipun ia dengan hati-hati menghindari bergabung dengan salah satu faksi.

Comment:
Salah satu costume drama yang cukup booming di akhir tahun juga. Aku tertarik nontonnya karena ada Zhan Ge. Gak taunya doi Cuma jadi pemeran pendukung trus Cuma muncul di beberapa episode akhir dari 46 episode. Tapi di drama ini dia ganteng banget sih. Dan meski banyak yang kecewa dengan kemunculan Xiao Zhan yang seiprit, banyak yang suka drama ini karena unsur komedinya cukup kuat. Aku sendiri gak terlalu nonton karena taulah aku gak terlalu suka dengan cerita penuh intrik dan konspirasi perebutan kekuasaan, aku sukanya yang romance-romance aja. Hehe. Tapi cukup banyak pemain yang bagus disini. Bahkan ada paman ganteng yang main di The Legends jadi pengawal raja disini.

Yup sekian rekomendasi Drama China-Taiwan 2019 dariku. Semoga 2020 makin banyak drama bagus yang layak buat ditonton. Aku sendiri udah punya list drama yang kutunggu
The Oath of Love yang diperankan Yang Zi dan Xiao Zhan
Love is Sweet yang diperankan Bai Lu dan Leo Luo
Unrequited Love yang diperankan Hu Yi Tian dan Hu Bing Qing
Falling in Love with You Is the Best Thing I Have Ever Done yang diperankan Yang Yang
Dan masih aja nungguin The Wolf, Ashes of Love 2, Well Intended Love 2

Source: MyDramalist.com

Comments

Popular posts from this blog

Profil Deng Lun

Mumet dengan kerjaan, jadi mau update lagi deh biar fresh. Kali ini aku mau nulis profil salah satu aktor China favoritku. Awalnya mau nulis Yang Yang sih tapi dianggurin aja datanya. Nanti deh. Sekarang soalnya ngebet banget sama si senyum lebar, Deng Lun. Soalnya drama yang dia bintangi tuh oke banget. Ini dia profilnya Nama: Deng Lun Born: October 21 st , 1992 (yes, kami Cuma beda setahun) in Shijiazhuang, Hebei Prov Tinggi: 185 cm Berat: 65 kg Deng Lun merupakan lulusan Shanghai Theatre Academy dan memulai karirnya sejak 2013 dalam Drama TV berjudul “Flowers in Fog” (belum nonton sih) kemudian main di beberapa drama lainnya dan akhirnya karirnya terus menanjak. Aku sendiri jatuh hati sama dia waktu dia main di drama berjudul “Because of Meeting You” yang merupakan drama remake dari drama Korea berjudul “Jang Bo-ri is here”. Di drama ini ia berperan sebagai Li Yunkai, seorang pengacara yang merupakan teman masa kecil tokoh utama perempuan. Perannya yang ceria dan

Itazura na Kiss in all versions

Hajimemashite.. Maaf lagi sok Jepang.. Kali ini aku mau bahas soal salah satu Dorama Jepang yang saking populernya sampe diadaptasi dalam berbagai versi. Eng ing eng.. Itazura na Kiss.. Sudah pada nonton versi apa saja? Tenang aku juga belum nonton semua kok. Tapi bagaimana pun versinya kisahnya Cuma satu yaitu bercerita tentang Seorang cewek SMA yang kurang pintar dari kelas F (disini kelas dibagi berdasarkan kepintaran muridnya dan diurut dari A untuk yang paling pintar hingga F untuk yang paling kurang pintar) bernama Aihara Kotoko yang jatuh cinta dengan orang paling populer di sekolahnya dari kelas A bernama Irie Naoki sejak tahun pertama. Di tahun seniornya, Ia kemudian mengakui perasaannya lewat surat cinta kepada Naoki dan ditolak mentah-mentah dengan alasan Naoki benci gadis bodoh. Pada hari yang sama Kotoko kehilangan rumahnya karena suatu musibah (di setiap serial beda-beda eui musibahnya) dan bersama ayahnya terpaksa menumpang di rumah teman ayahnya yang ternyata adala

Review Cry Me a Sad River

Kali ini mau bahas salah satu film China yang cukup ngena di hati dan bikin ikutan nangis.  Ini dia Profilnya Also known: Bei Shang Ni Liu Cheng He Genres: Friendship, School, Youth, Drama, Melodrama, Tragedy Country: China Release: 30 September 2018 Starring: Ren Min, Xin Yun Lai, Zhao Ying Bo Sinopsis: Yi Yao dan Qi Ming adalah tetangga dan teman masa kecil yang pergi ke kelas yang sama. Murid pindahan Tang Xiao Mi menyukai Qi Ming dan menjadi cemburu dengan hubungan baik Yi Yao dengannya. Dia mengikuti Yi Yao dan menemukan rahasia miliknya. Tang Xiao Mi kemudian menggunakan rahasia ini untuk memulai bullyingnya di sekolah dan semua siswa lain bergabung. Penindasan itu perlahan menghancurkan Yi Yao, sampai Gu Sunxi muncul disampingnya dan membantunya. Namun sebuah tragedi kembali menghancurkan Yi Yao. Comment: #SpoilerAlert Setelah terlalu banyak menonton drama kali ini tertarik nonton film China. Yup, mungkin kita hanya familiar dengan film-film action, kung fu maupun his