Skip to main content

Rekomendasi Drama China - Taiwan 2020 Part 5

Yey, biasanya cuma sampai 4 part ternyata di penghujung tahun ini masih lanjut part 5. Sesuka itu sama dracin. Bahkan drakor sama dorama udah jarang banget dilirik. Meski akhir tahun, yang muncul malah drama unggulan dengan pemain-pemain yang udah terkenal. Salah satu yang akhirnya tayang adalah The Wolf yang ada Xiao Zhan dan Darren Wang-nya. Meski udah kutunggu sejak lama tapi sayangnya drama ini tidak masuk dalam rekomendasiku. Kalau review-nya sih masih banyak yang bilang bagus. Tapi aku cuma sanggup nonton beberapa episode. Mungkin pengaruh kecintaanku sama Xiao Zhan bikin aku bias dan gak sanggup lagi liat Xiao Zhan cuma jadi second lead. Padahal Darren Wang juga bagus. Selain itu cerita drama ini mudah ditebak jadi kurang menarik buatku. Tunggu drama Xiao Zhan yang lain aja deh. Semoga tahun depan udah tayang dramanya sama Yang Zi. 

Nah ini dia rekomendasi terakhirku di 2020

1. Insect Detective

Genres: Suspense, Mystery, Psychological, Detective

Episodes: 24

Aired: Nov 3, 2020 - Nov 20, 2020

Starring: Gala Zhang,  Chu Yue, Ma Ke

Sinopsis:

Polisi sedang menyelidiki kasus yang melibatkan kematian yang secara langsung disebabkan oleh serangga langka yang dikenal sebagai semut peluru. Untuk membersihkan namanya, Tan Jingtian, seorang lulusan Toksikologi Serangga terlibat dalam penyelidikan aneh dan bekerja sama dengan dokter forensik Jin Ling. Saat mereka menggali lebih dalam, mereka mengungkap misteri di balik identitasnya sendiri. Bersama dengan kapten polisi Chen Han dan detektif lainnya, mereka melacak setiap petunjuk saat mereka menyelesaikan satu kasus pada satu waktu untuk mengungkap pembunuh yang telah bersembunyi selama bertahun-tahun

Comment:

Kali ini genrenya agak berbeda yaitu tentang detektif plus serangga. Baru tahu aku kalau pengetahuan tentang serangga bisa jadi kunci pemecahan kasus. Aku suka karakter Tan Jingtian yang meski mukanya masih kayak anak-anak tapi pandai banget. Yup kalau sama female leadnya emang agak kelihatan perbedaan umurnya. Untungnya romance memang bukan fokus dramanya. Bromance Jintian dan Wen Bai malah lebih kuat meski masa lalu mereka sangat tragis dan ending mereka lebih tragis lagi. Ada penjelasan tentang setiap serangga dan bagaimana mereka berpengaruh dalam kasusnya jadi menambah pengetahuan baru. Pokoknya dramanya amat sangat recommended buat yang suka genre misteri. Akting Gala Zhang juga dapet banget sih. 

2. You Complete Me

Genres: Business, Romance, Life, Drama

Episodes: 40

Aired: 2-30 Desember 2020

Starring: Hu Yi Tian, Bridgette Qiao

Sinopsis:

Ayah Gao Shan bangkrut selama tahun 1990-an setelah Qin Sheng Sheng menarik investasi di perusahaannya pada saat yang paling kritis. Kasus bunuh diri ayahnya membuat Gao Shan bertekad untuk membersihkan nama ayahnya, tetapi dia tidak pernah berharap untuk jatuh cinta dengan putri Qin Sheng Sheng, Lin Wo. 

Comment: 

Ditungguin tayang drama DT Appledog's Time sama Unrequited Love, ternyata yang tayang malah dramanya yang lain. Duh Hu Yi Tian memang selalu penuh kejutan. Kali ini dia jadi seorang asisten analis di perusahaan perbankan investasi untuk membalaskan dendam ayahnya yang mati bunuh diri. Yang nanti jadi pasangannya adalah seorang headhunter yang aslinya anak orang kaya. Idenya menarik sih. Aku suka drama kayak gini yang profesinya beda tapi berkaitan. Udah terlalu banyak drama CEO dan Sekretarisnya, Boss dan anak buahnya atau teman kantor gitu. Dan seperti biasa kharisma Hu Yi Tian terpampang nyata sebagai pekerja kerah putih. Meski di beberapa episode dia jadi hate hero karena memanfaatkan female leadnya untuk balas dendam. Tapi akhirnya jadi suka beneran. Dramanya cukup panjang dengan alur lambat jadi kadang harus skip beberapa bagian. Tapi masih recommended banget buat ditonton apalagi yang berada di bidang keuangan. 

3. Legend of Fei

Genres: Wuxia, Action, Adventure, Historical

Episodes: 51

Aired: 16 Desember 2020- 16 Januari 2021

Starring: Zhao Li Ying, Wang Yi Bo

Sinopsis:

Zhou Fei adalah pewaris pedang selatan dari kakeknya Li Zheng yang merupakan legenda dunia silat. Ia bersama ayah dan ibunya tinggal di klan 48. Mengejar sepupunya Li Sheng yang berniat untuk kabur dari klan, mereka kemudian mendapat kesulitan menyebrangi sungai Zimo. Tapi kemudian seorang pemuda bernama Xie Yun menolongnya. Setelah ayahnya turun gunung untuk memimpin pasukan perdamaian, ia kemudian turun bersama Xie Yun dan mulai menjelajahi dunia silat. Dalam perjalanannya mereka berusaha mengungkap rahasia gelang Haitian yang menjadi incaran semua orang di dunia silat. A Fei kemudian mengetahui rahasia sebenarnya dari masa lalu Xie Yun.

Comment:

Duh akhirnya salah satu drama yang ditunggu-tunggu tayang Juga. Maklum pemainnya juga legend yaitu Zhao Li Ying. Kali ini drama Wuxia lagi dan pasangannya Wang Yibo. Tentu aja aku nonton demi yayang Lan Shan. Duh di drama ini kita dimanjakan dengan visual Yibo yang ganteng dari segala sisi. Di The Untamed juga ganteng sih tapi saingan gantengnya sama Xiao Zhan. Kalau disini dia paling ganteng dengan gaya rambut diikat dan sedikit poni. Karakter aslinya yang tengil dengan senyum miringnya juga keliatan keren abis. Beda sama Lan Wangji yang cenderung diam dan kaku. Aku suka ceritanya soalnya Zhao Fei selalu ditemani sama Xie Yun menjelajahi dunia persilatan dan menumpas penjahat. Tapi emang alurnya agak lambat seperti review orang-orang. Meski begitu overall kisah keduanya cukup menarik dengan identitas Xie Yun yang ternyata bukan orang biasa dan karakternya yang cerdik serta berwawasan luas. Dia cocok sama A Fei yang tangguh dan pekerja keras. Perbedaan umur antara keduanya juga tidak terlalu kelihatan soalnya Zhao Liying dari sononya udah baby face. Kayaknya Wang Yibo bayarannya agak mahal nih soalnya dia harus ekstra tenaga dengan banyaknya adegan menggendong A Fei di banyak episode karena A-Fei terluka. Terus yang ikonik juga hampir di setiap episode pedang A-Fei patah dan harus beli atau cari yang baru. Untung yang terakhir dibikin Xie Yun pedang yang tidak bisa patah. Selain itu drama ini adegan mesranya sedikit saja. Tapi kita tetap merasakan betapa carenya Xie Yun pada A-Fei. Awalnya agak ragu takut endingnya sedih karena Xie Yun kena racun. Untung saja masih happy ending meski tidak ada kelanjutan apa mereka menikah atau bagaimana. 

4. Dear Mayang Street

Genres: Historical, Romance, Life, Youth, Melodrama

Episodes: 37

Aired: 22 Oktober - 19 November 2020

Starring: Tang Song Yun, Timmy Xu, Niu Jun Feng

Sinopsis:

Berlatar masa reformasi pada 1980-an, ini adalah kisah tentang masa muda dan cinta yang berputar di sekitar 6 keluarga yang tinggal di jalan Mayang di Guangzhou. Ou Xiao Jian adalah anak nakal yang berkencan dengan Ma Xiao Xiao, seorang gadis sekolah di lingkungan itu. Yi Dong Dong naksir Ma Xiao Xiao sejak mereka bertemu. Yi Dong Dong yang berusia 18 tahun pindah bersama keluarganya kembali ke kampung halaman mereka dan jatuh cinta pada pandangan pertama kepada tetangganya Ma Xiao Xiao. Ketika dia menyadari bahwa dia tertarik pada temannya Xiao Jian, dia menyimpan perasaannya untuk dirinya sendiri dan melindunginya dari kejauhan. Xiao Xiao terus-menerus mengkhawatirkan Ou Xiaojian yang menghabiskan waktunya bermain-main dengan penjahat lainnya. Benar-benar kelelahan karena masalah di antara mereka, Ma Xiaoxiao dan Ou Xiaojian berpisah. Kemudian, Xiaoxiao menjadi pengacara dan Dongdong lulus ujian pegawai negeri setempat. Sementara itu, Xiaojian banyak mengalami pasang surut

Comment:

Sekilas drama ini seperti Reply 1988 yang berlatar jadul dan persahabatan anak mudanya. Tapi tidak seperti kebanyakan orang, aku bukan pengggemar reply tahun berapapun. Jadi I'll give this drama a try. Lagian China juga kan emang kental kehidupan pertetanggaan dalam satu gang atau jalan. Nah kali ini tentang penduduk yang tinggal di sekitaran Mayang Street. Seven Tan lagi-lagi terlibat cinta segitiga sama teman masa kecilnya yang suka berkelahi dan anak baru yang keluarganya pindah ke Mayang Street. Tapi yang kusuka kali ini female leadnya dapat karakter yang pintar. Soalnya yang keseringan cowoknya yang pintar. Persahabatan anak gang emang menarik sih. Aku suka kisah cinta Jian dan Xiao Xiao. Sayangnya endingnya di luar dugaanku dan bukan jenis ending yang kusuka. Tapi drama ini masih recommended. Seven Tan juga makin jago karena meski umurnya sudah 30 tapi selalu bisa akting anak sekolahan.

5. Forever Love

Genres: Friendship, Romance, School, Youth, Drama

Episodes: 48

Aired: 14 - 28 Desember 2020

Starring: Wang An Yu, Xiang Han Zhi

Sinopsis:

Sebuah kisah yang mengikuti pengejaran cinta dua orang yang berani dari masa kampus mereka hingga awal yang sederhana saat mereka memasuki tempat kerja untuk mengejar impian mereka bersama. Tahun senior Xia Lin Xi penuh dengan cahaya sementara tahun Jiang Zheng Han dalam bahaya. Jiang Zheng Han melakukan semua yang dia bisa untuk mendapatkan uang dan akhirnya menjadi guru Xia Lin Xi yang sangat tidak mau yang masih belum melupakan pertemuan pertama mereka yang mengerikan. Ketika keduanya merasakan cinta untuk pertama kalinya, itu manis dan murni. Ini adalah jenis cinta yang ingin Anda ungkapkan kepada dunia tetapi baru setelah ujian perasaan mereka menjadi lebih jelas. Seperti yang mereka inginkan, Xia Lin Xi dan Jiang Zheng Han diterima di universitas yang sama. Dari masa muda hingga dewasa, dari sekolah hingga tempat kerja, dari seragam sekolah hingga gaun pengantin, mereka memiliki satu sama lain sebagai pendamping seumur hidup.

Comment:

Hampir melewatkan drama ini saking banyaknya drama yang tayang bersamaan. Cowoknya bukan tipe idolaku tapi aku suka karakternya, jenius tapi rebel. Apalagi dia jago pemrograman dan komputer. Ceweknya juga pintar dan rajin jadilah pasangan sempurna. Konfliknya gak terlalu banyak meski cukup banyak cewek yang suka sama Jiang Zheng Han dan Xia Lin Xi ada senior sekaligus tetangga masa kecilnya yang suka sama dia. Aku suka banget ceweknya. Salah satu effortless beauty menurutku. Dia gak perlu pake make up karena udah cakep. Tapi kalau lagi pake make up cakep banget. Karakternya juga bagus. Demi agar orang tuanya tidak berpisah dia berusaha jadi anak penurut, rajin dan pintar. Aku juga suka second leadnya. Temannya yang bucin sama adik sepupunya kelihatan lucu. Pokoknya recommended lah buat yang suka drama anak kuliahan. 

Yey akhirnya selesai rekomendasi drama China-Taiwanku untuk tahun 2020 ini. Meski pandemi membuat banyak sekali perubahan dalam hidup kita tapi harapan untuk tahun depan yang lebih baik akan tetap ada. Semoga makin banyak drama China yang bagus. Maaf aku jadi jarang rekomendasiin drama Taiwan soalnya beberapa drama yang kunonton gantung di tengah jalan jadi gak jadi masuk list rekomendasi. Pokoknya Happy new year, tetap sehat dimana pun berada dan patuhi protokol kesehatan.

Comments

Popular posts from this blog

Profil Deng Lun

Mumet dengan kerjaan, jadi mau update lagi deh biar fresh. Kali ini aku mau nulis profil salah satu aktor China favoritku. Awalnya mau nulis Yang Yang sih tapi dianggurin aja datanya. Nanti deh. Sekarang soalnya ngebet banget sama si senyum lebar, Deng Lun. Soalnya drama yang dia bintangi tuh oke banget. Ini dia profilnya Nama: Deng Lun Born: October 21 st , 1992 (yes, kami Cuma beda setahun) in Shijiazhuang, Hebei Prov Tinggi: 185 cm Berat: 65 kg Deng Lun merupakan lulusan Shanghai Theatre Academy dan memulai karirnya sejak 2013 dalam Drama TV berjudul “Flowers in Fog” (belum nonton sih) kemudian main di beberapa drama lainnya dan akhirnya karirnya terus menanjak. Aku sendiri jatuh hati sama dia waktu dia main di drama berjudul “Because of Meeting You” yang merupakan drama remake dari drama Korea berjudul “Jang Bo-ri is here”. Di drama ini ia berperan sebagai Li Yunkai, seorang pengacara yang merupakan teman masa kecil tokoh utama perempuan. Perannya yang ceria dan

Itazura na Kiss in all versions

Hajimemashite.. Maaf lagi sok Jepang.. Kali ini aku mau bahas soal salah satu Dorama Jepang yang saking populernya sampe diadaptasi dalam berbagai versi. Eng ing eng.. Itazura na Kiss.. Sudah pada nonton versi apa saja? Tenang aku juga belum nonton semua kok. Tapi bagaimana pun versinya kisahnya Cuma satu yaitu bercerita tentang Seorang cewek SMA yang kurang pintar dari kelas F (disini kelas dibagi berdasarkan kepintaran muridnya dan diurut dari A untuk yang paling pintar hingga F untuk yang paling kurang pintar) bernama Aihara Kotoko yang jatuh cinta dengan orang paling populer di sekolahnya dari kelas A bernama Irie Naoki sejak tahun pertama. Di tahun seniornya, Ia kemudian mengakui perasaannya lewat surat cinta kepada Naoki dan ditolak mentah-mentah dengan alasan Naoki benci gadis bodoh. Pada hari yang sama Kotoko kehilangan rumahnya karena suatu musibah (di setiap serial beda-beda eui musibahnya) dan bersama ayahnya terpaksa menumpang di rumah teman ayahnya yang ternyata adala

Review Cry Me a Sad River

Kali ini mau bahas salah satu film China yang cukup ngena di hati dan bikin ikutan nangis.  Ini dia Profilnya Also known: Bei Shang Ni Liu Cheng He Genres: Friendship, School, Youth, Drama, Melodrama, Tragedy Country: China Release: 30 September 2018 Starring: Ren Min, Xin Yun Lai, Zhao Ying Bo Sinopsis: Yi Yao dan Qi Ming adalah tetangga dan teman masa kecil yang pergi ke kelas yang sama. Murid pindahan Tang Xiao Mi menyukai Qi Ming dan menjadi cemburu dengan hubungan baik Yi Yao dengannya. Dia mengikuti Yi Yao dan menemukan rahasia miliknya. Tang Xiao Mi kemudian menggunakan rahasia ini untuk memulai bullyingnya di sekolah dan semua siswa lain bergabung. Penindasan itu perlahan menghancurkan Yi Yao, sampai Gu Sunxi muncul disampingnya dan membantunya. Namun sebuah tragedi kembali menghancurkan Yi Yao. Comment: #SpoilerAlert Setelah terlalu banyak menonton drama kali ini tertarik nonton film China. Yup, mungkin kita hanya familiar dengan film-film action, kung fu maupun his