Skip to main content

Rekomendasi Drama China-Taiwan 2019 Part 2

Memasuki pertengahan tahun 2019 aku makin suka nonton drama mandarin. Udah jarang banget lirik drama Korea kecuali kalau kebetulan liat ada yang reviewnya bagus aja baru nonton kayak Her Private Life (ini karena ada One yang ganteng dan manis). Di part 2 kali ini juga genre yang kurekomendasikan cukup beragam mungkin karena aku udah agak bosen romance yah. Tahulah yah aku gak pernah suka kisah cinta menggebu-gebu. Ku lebih suka cinta yang tak terkatakan tapi care (lah curhat). Ini dia list-nya!
1.        Le Coup de Foudre

Also known as: Wo Bu Xi Huan Zhe Shi Jie, Wo Zhi Xi Huan Ni , I Don't Like This World, I Only Like You , Wo Zhi Xi Huan Ni , 我不喜欢这世界,我只喜欢你 , Love at First Sight , I Only Like You
Genres: Friendship, Romance, Life, Youth
Country: China
Episode: 35
Aired: 29 April- 5 Juni 2019
Starring: Zhang Yu Jiang, Janice Wu, Eden Zhao, Ma Li
Sinopsis:
Bercerita tentang Qiao Yi yang pendiam dan Yan Mo yang pintar. Keduanya merupakan teman sebangku saat SMA. Meski kaku keduanya diam-diam saling menyukai. Mereka berjanji untuk kuliah di luar negeri sama-sama. Tapi suatu musibah menimpa keluarga Qiao Yi dan membuatnya harus melupakan mimpinya dan malah menjauhi Yan Mo beberapa saat sebelum ia berangkat ke luar negeri. Beberapa tahun kemudian keduanya kembali bertemu dan Yan Mo menjadi dingin terhadap Qiao Yi karena merasa dicampakkan. Qiao Yi yang menyadari perasaannya kepada Yan Mo berusaha mengejar Yan Mo.
Selain kisah mereka berdua, ada kisah antara saudara kembar Qiao Yi bernama Ghuan Chao dan sahabatnya Hao Wu Yi.
Comment:
Lagi-lagi adaptasi novel populer China. Kali ini berjudul “I don’t like this world, I Only Like You” oleh Qiao Yi. Salah satu drama yang aku tunggu-tunggu nih. Soalnya yang main Janice Wu dan pemeran Yan Mo juga pernah main bareng di drama An Oriental Odissey. Tapi kali ini aku gak terlalu fokus sama romance Qiao Yi-Yan Mo dan Guan Chao- Wu Yi. Aku malah suka ngeliat hubungan saudara kembar Qiao Yi dan Guan Chao yang dekat banget. Juga kehidupan keluarga mereka. Salah satu yang kusuka dari drama china juga karena kisahnya gak melulu tentang orang kaya kebangetan. Kadang keluarga biasa aja. Aku suka dengan ayah tiri keduanya yang perhatian banget dan baik. Cuman di akhir-akhir aku gak terlalu nonton full mungkin karena romance-nya gak terlalu menarik buatku. Tapi masih recommended sih. Soalnya aku juga suka dengan pilihan pekerjaan mereka. Mo di IT, Qiao Yi di media, Guan Chao dokter trus Hao Wu Yi penulis novel. Jadi gak melulu soal CEO gitu.

2.        Just an Encore

Genres: Friendship, Romance, School, Youth
Country: China
Episode: 31
Aired: 30 Januari- 27 Februari 2019
Starring: Ding Yu Xi, Jiang Zhuo Jun, Chen Xun, Xu Dan Ni

Sinopsis:
Bercerita tentang Yan Ze siswa biasa saja tapi sering dikasih banyak tanggung jawab jatuh hati sama cowok paling ganteng dan pintar di sekolah bernama Ji Xiao. Ia memiliki teman dekat yang juga saudara adopsinya yang pintar, cantik dan populer bernama Gu Xi Ye. Yan Ze merasa bahwa selamanya ia akan menjadi banyangan Gu Xi Ye. Yan Ze pun mengira Ji Xiao yang disukainya menyukai Gu Xi Ye. Suatu hari ada murid baru di kelas bernama He Xin Liang yang ternyata orang yang pernah disukai Gu Xi Ye sejak dulu hingga sekarang. He Xin Liang kemudian menjadi dekat dengan Yan Ze karena dia memperlakukan Yan Ze apa adanya dan selalu ada disaat sulitnya. Meski sadar bahwa ia menyukai Yan Ze tapi He Xin Liang tidak memperlihatkan perasaannya karena tahu Yan Ze sukanya sama Ji Xiao.

Comment:
Meski awalnya aku tidak terlalu suka pemeran Yan Ze karena menurutku sangat biasa sedangkan cowoknya ganteng-ganteng tapi akhirnya jadi suka juga soalnya karakternya dapat banget. Dan benar sih kalau menyukai seseorang karena menjadi dirinya apa adanya itu bisa banget daripada menyukai mereka yang berusaha menjadi orang lain. Pemeran drama ini juga pada baru-baru aku liat. Kecuali yang jadi Gu Xi Ye udah pernah aku nonton di film adaptasi Cry Me a Sad River dan jadi Tang Xiao Mi yang jahat. Makanya aku juga gak pernah suka Xi Ye. Yang paling favorit tentu aja He Xin Liang yang ganteng banget. Banyak yang bilang kalau dia mirip Taeyong NCT (lah ini mah favoritku). Tapi kalau menurutku dia mengingatkan aku sama Neo Hao tapi versi lebih tirus gitu. Aku suka senyumnya buat Yan Ze. Kayak nyata gitu sih. Trus meski pintar tapi bukan sosok kutu buku malah agak rebel anaknya. Orang tuanya ngarepin dia jadi scientist tapi dia maunya jadi pemain basket. Aku suka ceritanya meski agak sering-sering nonton drama sekolahan cuman gak sama feelnya jadi aku suka aja nontonnya. Happy ending sih tapi di akhir-akhir agak kecewa karena kisah waktu Yan Ze dan He Xin Liang bersama malah di skip tau-tau udah move 9 tahun kemudian aja. Tapi tetap jadi favoritku untuk pertengahan tahun ini. Aku suka quotes-quotesnya di akhir episode. Pokoknya recommended lah!

3.        My True Friend

Also known as: My Real Best Friend , Wo De Zhen Peng You
Genres: Friendship, Business, Romance, Life, Drama, Family
Country: China
Episode: 48
Aired: 19 Mei- 13 Juni 2019
Starring: Deng Lun, Angela Baby, Zhu Yi Long

Sinopsis:
Berkisah tentang Cheng Zhen Zhen dan Shao Peng Cheng yang merupakan pegawai promosi sebuah real estate. Keduanya diberi tugas untuk menjadi tim promosi. Peng Cheng menyembunyikan identitasnya sebagai putra tunggal dari pemilik perusahaan.

Comment:
Hurray. Satu lagi drama dari yayang Deng Lun ku. Kali ini dia dipasangkan sama Angela Baby yang mukanya kayak barbie (cantik banget sih). Kayaknya Deng Lun suka ambil drama yang profesinya tak biasa. Kali ini jadi sales promotion buat real estate. Lumayan jadi kita bisa mengetahui lebih dalam tentang dunia properti dan perumahan yang besok harga naik itu. Deng Lun juga membuktikan kalau aktingnya selalu pro and pure. Trus lumayan cocok sama Angela Baby meski aku tetap suka LunZi (hehe). Tapi karena banyak drama yang tayang aku belum nyelesaiin yang ini.

4.        The Lost Tomb 2

Also known as: The Lost Tomb II , Daomu Biji 2 , Tomb Notes 2 , The Lost Tomb Explore With The Note , The Lost Tomb 2: The Wrath of The Sea
Genres: Action, Adventure, Friendship, Mystery, Youth, Supernatural
Country: China
Episodes: 40
Aired: 6 Juni- 12 Juli 2019
Starring: Neo Hou, Cheng Yi, Zhang Bo Yu, Li Man

Sinopsis:
Melanjutkan adaptasi novel The Grave Robber’s Journal by Kennedy Su petualangan Wu Zi dan Qi Ling berlanjut untuk menguak misteri makam rahasia. Kali ini Wu Zi mencari keberadaan pamannya dan apa yang terjadi 10 tahun lalu saat pamannya melakukan ekspedisi arkeologi ke makam bawah laut.

Comment:
Akhirnya setelah 4 tahun baru ada lagi sekuel kelanjutan The Lost Tomb. Sama dengan filmnya, bagian kedua ini pun menampilkan aktor-aktor yang sama sekali berbeda. Kali ini Neo Hou ku yang ganteng jadi Wu Zi nya. Menurutku cocok-cocok aja sih. Bedanya dengan saat diperankan Li Yi Feng, Wu Zi kali ini lebih berani dan tegas menurutku. Meski tetap baik. Trus yang jadi Qi Ling juga lumayan meski gak seganteng Yang Yang dan Jing Bo Ran. Tapi feel dinginnya masih dapat. Drama ini cocok banget buat yang suka misteri dan sejarah. Ku masih penasaran Qi Ling sebenarnya umur berapa yah. Kok dia ada di banyak generasi yah?

5.        Listening Snow Tower

Also known as: Tingxue Tower , Ting Xue Lou , Yin Xue Lou
Genres: Adventure, Historical, Romance, Wuxia, Martial Arts, Fantasy
Country: China
Episode: 56
Aired: 6 Mei-13 Juni 2019
Starring: Qin Jun Jie, Crystal Yuan, Han Cheng Yu

Sinopsis:
Berkisah tentang Xiao Yiqing, penguasa Menara Salju dan Shu Jingrong putri dari Blood Demon. Di dunia persilatan, Moon Sect menyerang sebagai kekuatan yang menakutkan dan menanamkan pengaruhnya yang beracun di bawah komando Hua Lian, pemimpin Moon Sect. Bai Di, Xue Gu  dan 'Darah Setan' Shu Xuewei merupakan tiga seniman bela diri yang kuat di wulin, bergabung dengan master Menara Salju untuk menyingkirkan kejahatan dan mengembalikan kedamaian. Hua Lian, bagaimanapun, memiliki senjata yang tangguh; memungkinkan dia untuk mengontrol Blood Demon, yang akhirnya bunuh diri untuk melindungi putrinya tercinta: Shu Jingrong.
Menjadi yatim piatu ke mana pun harus pergi, Shu Jingrong muda bertemu dengan tuan muda Snow Tower, Xiao Yiqing, yang dia ingat dengan sepenuh hati atas perhatian dan kebaikannya terhadapnya. Shu Jingrong kemudian menjadi murid Bai Di yang memberinya nama baru Qingming dan tinggal bersamanya dan murid-muridnya Qinglan dan Qingyu di Lembah Pasir Tanpa Dasar.
Di bawah tekanan Moon Sect yang membayangi dan plot-plot berbahaya mereka, Shu Jingrong mengetahui nasibnya yang terkutuk dalam menyengsarakan orang-orang yang ia cintai. Dia pergi untuk menguasai kembali senjata ayahnya: Blood Rose Sword dan bersatu dengan Xiao Yiqing untuk melawan yang jahat dan mengakhiri Moon Sect demi kedamaian dunia.

Comment:
Adaptasi novel lagi. China suka banget bikin drama pake adaptasi novel. Tapi untung juga sih karena kita udah tau plotnya kayak gimana jadi kesuksesannya lebih ke akting pemainnya aja dan scripwriternya. Kali ini ada drama historikal yang lumayan recommended buat ditonton. Aku suka chemistry antara kedua lead-nya. Suka juga sama cinematographynya. Bajunya cocok gitu yang cowok putih, ceweknya merah. Cuman yah episodenya agak kepanjangan sih.

6.        The Untamed
Also known as: Chén qíng lìng , Grandmaster of Demonic Cultivation , Magic Ancestors , The Founder of Diabolism , Mo Dao Zu Shi
Genres: Action, Adventure, Comedy, Wuxia, Fantasy
Country: China
Episodes: 50
Aired: 27 Juni- 20 Agustus 2019
Starring: Xiao Zhan, Wang Yi Bo

Sinopsis:
Bercerita tentang Wei Wuxian yang bersahabat dengan Lan Wangji dari Clan Lan yang merupakan bagian dari 5 Klan besar yaitu Wen, Lan, Nie, Jiang dan Jin. 5 klan ini hidup rukun dan saling menghormati sebelum kemudian harus berperang karena klan Wen yang ingin mendominasi menggunakan kekuatan jahat dari Yin Iron. Setelah berhasil menjatuhkan klan Wen, keempat klan kembali hidup damai. Tapi Wei Wuxian yang peduli dengan orang-orang Wen yang tidak bersalah kemudian pergi menyelamatkan mereka. Pertempuran terjadi dan Wei Wuxian pun meninggal. 16 tahun kemudian Ia kembali dan bertemu lagi dengan Lan Wangji.

Comment:
Kali ini masih historikal fantasy tapi bukan romance melainkan bromance. Hihi. Jadi ngingetin aku sama genre yaoi di fanfiction (buat yang ngerti aja). Tapi jadi senyum-senyum sendiri kalau liat betapa care Wei Ying dan Lan Zhan terhadap satu sama lain. Trus aku suka banget karakter Wei Wuxian nya. Udah ganteng, bebas, berani, baik hati kepada semua. Bahkan ketika dia menggunakan kekuatan terlarang dan mengendalikan hantu pun tetap baik sebenarnya. Jendral hantunya juga aku suka. Imut banget si Wen Ning. Karena bromance jadi sebagian besar tokohnya cogan dong. Di awal agak gak ngerti kenapa plotnya 16 tahun kemudian trus flashback ke masa  Wei Wuxian dan Lan Zhan pertama kali bertemu dan selanjutnya flashback terus sampe berpuluh-puluh episode gak kembali-kembali ke “present”. Tapi tetap suka lah.

7.        Go Go Squid

Also Known As: Mi Zhi Dun You Yu , Stewed Squid with Honey , Honey Stewed Squid , Qin Ai De, Re Ai De
Genres: Friendship, Business, Comedy, Romance, School, Youth
Country: China
Episode: 41
Aired: 9 – 31 Juli 2019
Starring: Yan Zi, Li Zian, Hu Yi Tian

Sinopsis:
Berkisah tentang penyanyi online terkenal dan merupakan mahasiswa postgraduate komputer bernama Tong Nian yang bertemu dengan laki-laki misterius bernama Han Shang Yan saat ia menjaga internet café milik sepupunya. Ia jatuh hati pada lelaki itu dan berusaha dekat dengannya. Ternyata lelaki tersebut adalah bos dari klub CTF (Capture the flag) KK dengan inisial Gun God. Saat pertemuan keluarga Tong Nian dan Han Shang Yan kemudian pura-pura berpacaran untuk menyenangkan kakek Han. Hubungan pura-pura ini membuat keduanya menjadi saling suka dan akhirnya Tong Nian terus mendukung Han Shang Yan untuk membawa KK menjadi juara dunia CTF.

Comment:
Drama baru Yan Zi nih. Salah satu aktris favoritku karena karakternya yang selalu ceria. Kali ini dia main bareng Li Zian yang pernah main di Only Side by Side With You jadi orang ketiganya. Di drama ini juga ada Hu Yi Tian yang ganteng (itu loh yang main di a love so beautiful). Awalnya drama ini mengingatkan aku sama Love 020. Bedanya kali ini gamenya CTF yang keren karena berhubungan dengan cyber security dan hacking. Aku suka banget klub KK. Anggotanya pada ganteng dan ngegemesin soalnya masih remaja semua. Pakaiannya juga keren abis dengan dasar hitam dan logo K besar di depannya. Tipikal anak rebel yang suka main game tapi jenius gitu.

8.        River Flows to You

Also known as: Bei Shang Ni Liu Cheng He , 电视剧悲伤逆流成河 , Cry Me a Sad River
Genres: Romance, Life, Youth, Drama, Melodrama
Country: China
Episode: 52
Aired: 1 -30 Juli 2019
Starring: Ray Ma, Zheng Shuang

Sinopsis:
Qi Ming dan Yi Yao adalah tetangga yang tinggal di gang yang sama. Sebagai kakak lelaki, Qi Ming selalu membantu dan melindungi Yi Yao. Qi Ming menanam pohon untuk Yi Yao, di halaman belakang gang, dan berharap dia bisa memberi Yi Yao keluarga impiannya dan kehangatan yang dia inginkan. Seiring berjalannya waktu, Qi Ming membantu Yi Yao melalui penyakit yang salah didiagnosis, operasi darurat dan berbagai hambatan, tetapi yang tidak dapat dicegah adalah masalah cinta dan memasuki dunia kerja. Setelah lulus kuliah dan keluar dari gang, Qi Ming dan Yi Yao akhirnya mengatasi semua rintangan dan berkumpul. Tetapi keduanya tidak punya pilihan selain putus karena karier mereka. Pemuda itu indah, tetapi ia juga memiliki penyesalan, Qi Ming, Yi Yao, Shen Xi, Shen Xiang, masing-masing mengejar impian mereka dan mencapai realisasi mereka sendiri, semua orang bekerja keras untuk menjalani kehidupan yang lebih baik.

Comment:
Setelah dibuat adaptasi filmnya yang lumayan mengharukan kali ini dibuat adaptasi drama dengan pemeran yang berbeda dan cerita yang lebih banyak. Yang jadi Yi Yao adalah Zheng Shuang. Setelah nonton doi di Rush to the Death Summer aku jadi suka kalau dia akting jadi ordinary girl kayak gini. Dibandingkan dengan filmnya, karakter pemain di dramanya agak beda begitupun ceritanya. Qi Ming di drama lebih ceria dibandingkan di film dan terlihat jelas betapa ia peduli pada Yi Yao. Sedangkan di film kesannya agak kaku dan baik pada Yi Yao karena emang dia orangnya diajari ortunya buat jadi anak baik saja. Aku baru nonton dikit sih jadi belum liat karakter Gu Xunxi kayak gimana. Soalnya aku suka banget di filmnya.

9.        Fall in Love

Also known as: Dang Ta Lian Ai Shi , When she is in love
Genres: Business, Comedy, Romance
Country: China
Episode: 30
Aired: 11 Juni-11 Juli 2019
Starring: Camille Hua, Richards Wang

Sinopsis:
Seorang wanita muda misterius dengan identitas yang berubah-ubah dan seorang lelaki tampan dan baik hati harus menjadi tunangan palsu dan akhirnya saling suka

Comment:
Sebenarnya genrenya udah umum banget sih. Romance kantoran. Tapi aku tetap suka nonton kisah ringan kayak gini. Eh tapi si ceweknya punya kekuatan gitu kalau lagi emosi dia bisa memecahkan kaca-kaca disekitarnya. Kekuatan itu kemudian berusaha dia ubah menjadi sesuatu yang berguna bagi kesembuhan orang lain dengan menggunakan teknologi. Si cowok ini yang main di The Eternal Love loh.


10.   Before We Get Married

Also known as: Wo Men Bu Neng Shi Peng You , We Cannot Be Friends
Genres: Romance, Drama
Country: Taiwan
Episode: 13
Aired: 31 Mei-23 Agustus 2019
Starring: Jasper Liu, Puff Kuo, Steven Sun

Sinopsis:
Zhou Wei Wei telah bertunangan dan akan segera menikah. Sedangkan pacar Chu Kehuan yang sudah bersamanya 10 tahun berharap akan segera dilamar. Tapi Zhou Wei Wei dan Chu Kehuan saling menyukai satu sama lain. Berbagai masalah pun terjadi dan membuat Wei Wei bingung akan pilihannya.

Comment:
Satu-satunya drama taiwan yang ku rekomendasikan di part ini. Genre-nya romance tapi sedikit tak biasa karena soal perselingkuhan dan nyatanya aku malah suka. Hehe. Chu Kehuan adalah pialang saham sukses yang tinggal bersama pacarnya sejak 10 tahun. Tapi sebenarnya dia sudah tidak mencintai pacarnya yang doyan belanja dan mencampuri semua urusannya. Sedangkan Wei Wei adalah manager proyek di perusahaan teknologi yang berpacaran dengan orang paling perhitungan sedunia sehingga ia harus menghemat makannya agar mereka bisa beli rumah bersama. Lah gimana keduanya gak selingkuh coba. Aku suka banget Kehuan dia sangat care dan selalu ada untuk Wei Wei. Yang jadi Kehuan juga banget plus lesung pipit pula. Aku senang dengan teman Wei Wei yang jadi wanita bebas tapi care sama Wei Wei. Episode-nya seiprit tapi bakal butuh waktu lama buat nunggu selesai soalnya Cuma tayang sekali seminggu. Tapi ku rela menunggu demi lihat senyum Kehuan. Aku Cuma berharap semoga happy ending soalnya takut keduanya malah menyerah dan kembali kepada pasangannya masing-masing yang membuat mereka tidak bahagia. Eh, ini tontonan 18+ yah jadi buat anak dan remaja dilarang nonton.

Sekian rekomendasi ku kali ini. Ada beberapa yang masih ongoing saat tulisan ini di publish semoga endingnya seperti yang diharapkan.
Baca part 1 disini

Cr: mydramalist.com

Comments

Popular posts from this blog

Profil Deng Lun

Mumet dengan kerjaan, jadi mau update lagi deh biar fresh. Kali ini aku mau nulis profil salah satu aktor China favoritku. Awalnya mau nulis Yang Yang sih tapi dianggurin aja datanya. Nanti deh. Sekarang soalnya ngebet banget sama si senyum lebar, Deng Lun. Soalnya drama yang dia bintangi tuh oke banget. Ini dia profilnya Nama: Deng Lun Born: October 21 st , 1992 (yes, kami Cuma beda setahun) in Shijiazhuang, Hebei Prov Tinggi: 185 cm Berat: 65 kg Deng Lun merupakan lulusan Shanghai Theatre Academy dan memulai karirnya sejak 2013 dalam Drama TV berjudul “Flowers in Fog” (belum nonton sih) kemudian main di beberapa drama lainnya dan akhirnya karirnya terus menanjak. Aku sendiri jatuh hati sama dia waktu dia main di drama berjudul “Because of Meeting You” yang merupakan drama remake dari drama Korea berjudul “Jang Bo-ri is here”. Di drama ini ia berperan sebagai Li Yunkai, seorang pengacara yang merupakan teman masa kecil tokoh utama perempuan. Perannya yang ceria dan

Itazura na Kiss in all versions

Hajimemashite.. Maaf lagi sok Jepang.. Kali ini aku mau bahas soal salah satu Dorama Jepang yang saking populernya sampe diadaptasi dalam berbagai versi. Eng ing eng.. Itazura na Kiss.. Sudah pada nonton versi apa saja? Tenang aku juga belum nonton semua kok. Tapi bagaimana pun versinya kisahnya Cuma satu yaitu bercerita tentang Seorang cewek SMA yang kurang pintar dari kelas F (disini kelas dibagi berdasarkan kepintaran muridnya dan diurut dari A untuk yang paling pintar hingga F untuk yang paling kurang pintar) bernama Aihara Kotoko yang jatuh cinta dengan orang paling populer di sekolahnya dari kelas A bernama Irie Naoki sejak tahun pertama. Di tahun seniornya, Ia kemudian mengakui perasaannya lewat surat cinta kepada Naoki dan ditolak mentah-mentah dengan alasan Naoki benci gadis bodoh. Pada hari yang sama Kotoko kehilangan rumahnya karena suatu musibah (di setiap serial beda-beda eui musibahnya) dan bersama ayahnya terpaksa menumpang di rumah teman ayahnya yang ternyata adala

Review Cry Me a Sad River

Kali ini mau bahas salah satu film China yang cukup ngena di hati dan bikin ikutan nangis.  Ini dia Profilnya Also known: Bei Shang Ni Liu Cheng He Genres: Friendship, School, Youth, Drama, Melodrama, Tragedy Country: China Release: 30 September 2018 Starring: Ren Min, Xin Yun Lai, Zhao Ying Bo Sinopsis: Yi Yao dan Qi Ming adalah tetangga dan teman masa kecil yang pergi ke kelas yang sama. Murid pindahan Tang Xiao Mi menyukai Qi Ming dan menjadi cemburu dengan hubungan baik Yi Yao dengannya. Dia mengikuti Yi Yao dan menemukan rahasia miliknya. Tang Xiao Mi kemudian menggunakan rahasia ini untuk memulai bullyingnya di sekolah dan semua siswa lain bergabung. Penindasan itu perlahan menghancurkan Yi Yao, sampai Gu Sunxi muncul disampingnya dan membantunya. Namun sebuah tragedi kembali menghancurkan Yi Yao. Comment: #SpoilerAlert Setelah terlalu banyak menonton drama kali ini tertarik nonton film China. Yup, mungkin kita hanya familiar dengan film-film action, kung fu maupun his