Skip to main content

RIP Haruma Miura

"It's not that I want to die, I'm scared to live" (Takuto, Boku no Ita Jikan)
I want to become the sky, become the sky and always look after you from above" (Hiro, Koizora)

The most heartbreaking news hari ini, salah satu aktor Jepang favoritku Haruma Miura yang biasa dipanggil Harumachi meninggal dunia karena gantung diri di kediamannya. Kabarnya karena mendapat cyber bullying di SNS. Rasanya sedih sesedih sedihnya. Aku ingat dimasa aku sangat suka jejepangan, aku selalu nyari update drama dan filmnya dan kunontonin satu satu. Meski tidak semuanya karena dulu cukup susah cari situs download dan streaming drama dan film jepang. Aku sampai buat daftar cowok Jepang favoritku dan Harumachi berada ditempat pertama dari 45 orang yang kutulis. Yah aku jatuh pada senyumnya yang ingin selalu kuingat makanya nulis ini.


Aku udah pernah nulis profil Harumachi tapi akan ku update lagi.

Nama Asli: Sasamoto Haruma
Lahir: 5 April 1990 di Tsuchiura, Ibaraki Jepang
Tinggi: 178 cm
Gol. Darah: AB

Miura memulai debutnya sebagai aktor di usia 7 tahun lewat drama Agri, garapan stasiun televisi NHK pada 1997.

Haruma Miura tergabung dalam rumah produksi Tsukuba Actor’s Studio dan sambil melanjutkan kariernya di dunia akting, ia membentuk sebuah grup J-pop bernama Brash Brats. Karena Tsukuba Actor’s Studio mengalami kesulitan keuangan sehingga harus tutup, Haruma Miura dan rekan satu grupnya memutuskan untuk bergabung dengan agen pencari bakat Amuse. Haruma Miura segera mendapat tawaran beberapa drama, salah satunya adalah Fight. Saat Brash Brats hiatus, Miura melanjutkan karier aktingnya. 

Harumachi lulus dari Horikoshi High School di Nakano, Tokyo pada 19 Februari 2009. Ia adalah teman dekat dari Takeru Satoh yang juga rekan satu label di Amuse, Inc. Mereka ke New York bersama untuk syuting acara dokumenter yang dirilis pada tahun 2010 dalam bentuk DVD. Pada tahun 2011, mereka merilis sebuah DVD yang berisi liburan mereka saat di Sabah, Malaysia.

Harumachi suka berselancar, sepak bola dan membaca manga. Kartun favoritnya adalah "First Step.
Haruma bukan peminum alkohol dan bukan perokok. Selama pandemi ia banyak membagikan foto atau video sedang berolahraga dan makan makanan sehat.
Haruma berstatus anak tunggal di keluarganya. Ia beragama Buddha, tapi kabarnya neneknya adalah orang Islam. Keluarganya sangat menyukai anjing dan kucing. Ia sering membagikan hewan peliharaannya di SNS
Haruma ingin menikah dan punya anak di umur 27 (hiks yang ini bahkan belum bisa dia wujudkan sebelum meninggal). Ia tidak pernah memiliki skandal ataupun sensasi yang tidak perlu.
Ia sangat menggemari musik Yuzu dan menjadikan salah satu lagu Yuzu berjudul "Rainbow" Sebagai nada dering.
Haruma mengidolakan Park Shin Hye. Mereka pernah menjalani pemotretan bersama di Majalah Fashion Ceci.


Pertama kali nonton Harumachi waktu dia main di film Crows Zero 2 jadi Tatsuya Bitou dan berharap dia jadi penakluk puncak susuran selanjutnya setelah Genji. Sayangnya di film Crows Zero selanjutnya ceritanya udah lain dan pemainnya udah berubah.

Aku kemudian nonton dia di Koizora bareng Gakky. Dia berperan jadi Hiro dan berakhir mati karena penyakit. Filmnya sendiri bikin baper karena Hiro bersedia berubah untuk orang yang disayanginya.

Tambah jatuh hati pas dia main di Kimi ni Todoke jadi Kazehaya yang suka sama Sadako eh Sawako. Dia ganteng banget disini. Senyumnya healing banget pokoknya. Ah bakal kangen banget.

Setelah itu mulailah berburu film dan dorama Harumachi buat ditonton. Akhirnya nonton Naoko. Disini dia jadi pelari bernama Yusuke Iki.

Seneng banget pas tau dia yang jadi Eren di Live Action Attack on the Titans I dan II. Aku lumayan suka akting Harumachi disini. Sayangnya filmnya mendapat banyak kritik. Mungkin karena efek CGI nya yang kurang mulus. Lagian susah banget bikin live action buat komik Jepang yang bentuk karakternya aneh-aneh.

Terakhir nonton filmnya yaitu waktu dia jadi Kamotaro Ito di Gintama 2.

List dorama yang kunonton juga lumayan banyak. Aku liat dia main di Gokusen 3 jadi Ren Kazama.

The most bucin time aku sama dia itu waktu dia main di Bloody Monday I dan II bareng Takeru Satoh. Dia jadi Fujimaru Takagi sang hacker jenius. Meski romance bukan fokus drama ini tapi aku ikutan sedih waktu sahabat baiknya yang suka sama dia, Aoi meninggal. Sampai gak bisa move on. Ini juga jadi salah satu dorama favoritku.

Terus nonton dia di Samurai Seventeen dimana dia jadi anak SMA yang dirasuki roh samurai. Ceritanya kocak banget.

Nonton dia lagi di Binbo Danshi dimana dia main lagi bareng Oguri Shun setelah CZ. Kali ini meski bertabur bintang tapi dramanya agak membosankan menurutku. Mungkin karena tentang keuangan gitu.

Di Taisetsu na Koto wa Subete Kimi ga Oshiete Kureta (yup judulnya panjang bet) dia jadi Sugi Kashiwagi dan punya sedikit affair sama muridnya.

Terus nemu dorama lamanya 14 Sai no Hana dimana dia terlibat MBA sama teman kelasnya dan menikah muda.

Selanjutnya nonton dorama The Last Cinderella dimana dimana dia beradegan dewasa dengan gadis yang lebih tua. Aku tetap suka karakternya tapi agak terganggu liat dia sekseh dan 18+nya. Tapi seneng dengan endingnya yang happy ever after.

Dorama terakhir yang kunonton adalah Boku na Ita Jikan dimana dia jadi Takuto Sawada yang punya penyakit dan akhirnya meninggal.Hiks

Sebagai seorang aktor dengan kemampuan akting yang tak diragukan lagi, Haruma Miura sukses menyabet berbagai penghargaan dalam ajang bergengsi. Di awal perjalanan karirnya sebagai aktor dewasa, Haruma Miura meraih penghargaan 31st Japan Academy Prize (2008) dan Elan d'or Awards (2009) untuk kategori Rookie of the Year. Ia juga menyabet penghargaan 63rd Mainichi Film Awards untuk kategori Sponichi Grand Prix New Talent Award di tahun 2009.

Pada tahun 2015, Miura meraih penghargaan 38th Japan Academy Prize untuk kategori Best Supporting Actor. Lalu di tahun 2017, Miura memenangkan penghargaan 24th Yomiuri Theater Award untuk dua kategori sekaligus, yakni Best Actor Award dan Haruko Sugimura Award

Dari semua film dan dorama -nya yang kunonton aku bisa melihat bagaimana Harumachi bersungguh-sungguh berakting. Jumlah puluhan itu menunjukkan betapa ia bekerja keras.Dia bahkan sudah main dorama di umur 7 tahun. Jadi gak ngerti lagi kenapa dia malah di bully hingga akhirnya bunuh diri. Aku gak ngerti dengan para haters. Apa enaknya sih jadi haters? Menghancurkan hidup orang lain dan bahkan membuatnya mengakhiri hidup itu bukan main-main. Please judge when u're perfect. sayangnya nobody's perfect jadi stop judge and spread love.
Buat Harumachi ku sayang, tenanglah disana. Terima kasih sudah pernah ada dihatiku. Kau akan terus kukenang, karya-karyamu akan terus ku rewatch. Ah masih sedih...

Yu nyanyiin Kiseki buat Harumachi sampe nangis Disini. Mereka emang sahabatan banget. Penasaran dengan reaksi Takeru Satoh yang juga akrab banget sama dia trus Oguri yang udah sering main dorama bareng dia.


Jika kamu membutuhkan informasi dan konsultasi terkait kesehatan mental, kamu bisa menghubungi beberapa kontak di bawah ini:

NGO Indonesia: Jangan Bunuh diri || telp: (021) 9696 9293 || email: janganbunuhdiri@yahoo.com
Kementrian Kesehatan Indonesia || telp: (021) 500454


Reference:
AsianWiki
https://www.nenghepi.com/2015/03/profil-fakta-miura-haruma-si-ganteng.html?m=1

Comments

Popular posts from this blog

Profil Deng Lun

Mumet dengan kerjaan, jadi mau update lagi deh biar fresh. Kali ini aku mau nulis profil salah satu aktor China favoritku. Awalnya mau nulis Yang Yang sih tapi dianggurin aja datanya. Nanti deh. Sekarang soalnya ngebet banget sama si senyum lebar, Deng Lun. Soalnya drama yang dia bintangi tuh oke banget. Ini dia profilnya Nama: Deng Lun Born: October 21 st , 1992 (yes, kami Cuma beda setahun) in Shijiazhuang, Hebei Prov Tinggi: 185 cm Berat: 65 kg Deng Lun merupakan lulusan Shanghai Theatre Academy dan memulai karirnya sejak 2013 dalam Drama TV berjudul “Flowers in Fog” (belum nonton sih) kemudian main di beberapa drama lainnya dan akhirnya karirnya terus menanjak. Aku sendiri jatuh hati sama dia waktu dia main di drama berjudul “Because of Meeting You” yang merupakan drama remake dari drama Korea berjudul “Jang Bo-ri is here”. Di drama ini ia berperan sebagai Li Yunkai, seorang pengacara yang merupakan teman masa kecil tokoh utama perempuan. Perannya yang ceria dan

Itazura na Kiss in all versions

Hajimemashite.. Maaf lagi sok Jepang.. Kali ini aku mau bahas soal salah satu Dorama Jepang yang saking populernya sampe diadaptasi dalam berbagai versi. Eng ing eng.. Itazura na Kiss.. Sudah pada nonton versi apa saja? Tenang aku juga belum nonton semua kok. Tapi bagaimana pun versinya kisahnya Cuma satu yaitu bercerita tentang Seorang cewek SMA yang kurang pintar dari kelas F (disini kelas dibagi berdasarkan kepintaran muridnya dan diurut dari A untuk yang paling pintar hingga F untuk yang paling kurang pintar) bernama Aihara Kotoko yang jatuh cinta dengan orang paling populer di sekolahnya dari kelas A bernama Irie Naoki sejak tahun pertama. Di tahun seniornya, Ia kemudian mengakui perasaannya lewat surat cinta kepada Naoki dan ditolak mentah-mentah dengan alasan Naoki benci gadis bodoh. Pada hari yang sama Kotoko kehilangan rumahnya karena suatu musibah (di setiap serial beda-beda eui musibahnya) dan bersama ayahnya terpaksa menumpang di rumah teman ayahnya yang ternyata adala

Review Cry Me a Sad River

Kali ini mau bahas salah satu film China yang cukup ngena di hati dan bikin ikutan nangis.  Ini dia Profilnya Also known: Bei Shang Ni Liu Cheng He Genres: Friendship, School, Youth, Drama, Melodrama, Tragedy Country: China Release: 30 September 2018 Starring: Ren Min, Xin Yun Lai, Zhao Ying Bo Sinopsis: Yi Yao dan Qi Ming adalah tetangga dan teman masa kecil yang pergi ke kelas yang sama. Murid pindahan Tang Xiao Mi menyukai Qi Ming dan menjadi cemburu dengan hubungan baik Yi Yao dengannya. Dia mengikuti Yi Yao dan menemukan rahasia miliknya. Tang Xiao Mi kemudian menggunakan rahasia ini untuk memulai bullyingnya di sekolah dan semua siswa lain bergabung. Penindasan itu perlahan menghancurkan Yi Yao, sampai Gu Sunxi muncul disampingnya dan membantunya. Namun sebuah tragedi kembali menghancurkan Yi Yao. Comment: #SpoilerAlert Setelah terlalu banyak menonton drama kali ini tertarik nonton film China. Yup, mungkin kita hanya familiar dengan film-film action, kung fu maupun his