Skip to main content

Profil Song Wei Long

Kali ini mau bikin profil Song Wei Long. Secara dedekku yang satu ini bersinar banget tahun ini. Padahal usianya masih early twenty. Bayangin kelahiran 99 tapi dramanya udah banyak banget.

Ini dia profilnya

Name: Song Wei Long

Also known as: Song Shi Quan, Xiao Long

Nationality: Chinese

Born: March 25, 1999

Blood Type: O

Height: 185

Weight: 60

Song lahir di kota Dalian, Provinsi Liaoning, dibesarkan dalam keluarga yang penuh kasih dengan dua kakak perempuan. Pada usia 9 tahun, Song Weilong mengembangkan minat pada seni bela diri klasik setelah menonton film laga The New Legend of Shaolin yang dibintangi Jet Li. Ia mencoba dan belajar Kung Fu selama satu tahun di sekolah menengah pertama, dan kemudian mendaftar di Sekolah Seni Bela Diri Shaolin Tagou di Provinsi Henan. Pada tahun 2015, Song diperhatikan oleh fotografer dan perusahaan manajemen ketika dia membuat video dengan temannya ketika dia berusia 16 tahun yang merupakan postingan Weibo pertamanya. Kemudian dia menandatangani kontrak dengan agensi Huanyu Film (YuZheng Studio). Pada 2016, ia membintangi drama pertamanya, Demon Girl II. Pada tahun yang sama, ia berperan dalam Catman produksi Cina-Korea Selatan. Dia juga berperan dalam film remaja Passage of My Youth yang diproduksi oleh sinematografer Hong Kong Cheung Ka-fai dan film roman remaja Fleeting Midsummer. Pada tahun 2017, Song membintangi drama roman fantasi Long For You, diadaptasi dari komik "The Distance of Light Between You and Me". Serial ini mencapai 1 miliar penayangan selama penayangannya. Pada tahun yang sama, ia juga berperan dalam melodrama remaja Beautiful Reborn Flower berlawanan dengan Lin Yun. Kemudian, ia memenangkan penghargaan Newcomer of the Year (14th Esquire Man At His Best Awards) dan New Male Artist of the Year (Tencent Video Star Awards) Pada akhir 2017, ia berkencan sebentar dengan aktris China Lin Yun, namun, hubungan itu segera berakhir. Pada tahun 2018, Song beradu akting dengan Guan Xiaotong dalam drama sejarah Untouchable Lovers; serta film petualangan sci-fi Dream Breaker. Pada 2019, Song membintangi film romansa remaja Love The Way You Are. Dia memenangkan penghargaan Aktor Baru Terbaik di China Movie Channel Media Awards. Pada tahun yang sama, ia berperan dalam drama romansa sejarah In A Class of Her Own bersama Ju Jingyi, dan drama keluarga Go Ahead. Forbes China memasukkan Song ke dalam daftar 30 Under 30 Asia 2019. Yaitu mereka yang terdiri dari 30 orang berpengaruh di bawah 30 tahun yang memiliki pengaruh besar di bidang mereka. Pada tahun 2020, Song membintangi drama komedi romantis Find Yourself bersama Victoria Song.

(Cr: MyDramalist)

Nah aku sendiri pertama kali nonton Song Wei Long di Drama Long For You dimana dia jadi Gu Shi Yi. Jadi drama LFY ini memiliki cerita fiktif yang diangkat dari komik yang berkisah tentang seorang gadis bernama Xue Ji (diperankan oleh Zhou Yu Tong) yg hidup abadi (dikisahkan selama 1000 tahun) karena pernah ditolong oleh makhluk tidak jelas (entah alien) yang membuatnya tidak akan pernah bisa mati. Sekilas mirip film korea Man Who Came from the Stars. Dan selama hidup 1000 tahun itu Xue Ji terus mencari sosok cintanya Lai En San, sambil terus hidup bersembunyi karena takut orang-orang akan curiga mengapa ia tidak pernah tua.

Nah suatu hari, dia mendapat harta warisan dari ayah asuhnya dan menjadikannya seorang konglomerat mendadak. Karena urusan warisan itu, Xue Ji yg selama ini hidup di pulau, harus ke kota. Awalnya ke Paris untuk menerima warisan lalu setting berpindah ke China. Di China, ia bertemu Gu Shi Yi (diperankan Song Wei Long) yang tidak sengaja membaret mobil Lamborgini Xue Ji. Sejak itulah, Xue Ji mencari cara untuk bisa terus berada di samping Gu Shi Yi yang wajahnya mirip dengan cintanya yg selama ini dia cari. Awalnya Gu Shi Yi tidak percaya karena Xue Ji selalu bilang dia bertemu Shi Yi di dalam mimpi. Tapi ternyata setelah bertemu Xue Ji, Shi Yi terus bermimpi aneh tentang kehidupan masa lalunya bersama Xue Ji. Akhirnya Shi Yi bisa mengingat semua kehidupan masa lalunya dimana ia merupakan reinkarnasi dari Lai En San, suami Xue Ji di masa lalu.

Yup dramanya cukup ringan dan menarik. Sayangnya endingnya gaje dan berharap kisah keduanya yang gantung dilanjutkan ke Long For You 2. Ternyata kisah selanjutnya lebih gaje lagi karena berganti pemeran dan karakter. Tapi aku sudah jatuh hati sama kharisma Song Wei Long disini. Dan pas cari profilnya cukup kaget karena dia masih remaja saat drama ini dibuat.

Terus nonton Untouchable Lovers yang ditayangkan tahun 2018. Drama ini diadaptasi dari novel yang berjudul the Phoenix Prisoner. Dramanya terdiri atas 52 episode yang kisahnya dibagi atas 2 part seperti novelnya.

Part 1 Untouchable Lovers menceritakan pertemuan Rong zhi dan Chu Yu di negeri Song. Untuk menggulingkan kaisar yang kejam, kelompok menara Tian Jing mengirim mata-mata mereka yg bernama Zhu Que, yang memiliki wajah seperti putri di kerajaan tersebut bernama Liu Chu Yu (putri yang asli sudah mati). Ia memiliki misi untuk membunuh raja. Seiring berjalannya waktu, ketahuan ternyata Zhu Que adalah kembaran dari Liu Chu Yu yg bernama Liu Chu Xiu, jadi dia juga adalah putri dari negeri Song yg tak lain juga adalah kakak dari kaisar. Chu Yu kemudian jatuh hati pada Rong Zhi, menke (lelaki penghibur) yang ada di kerajaan. Lalu kemudian terkuak bahwa Rong Zhi berada dibalik intrik yang terjadi dan dia pun terbunuh. Chu Yu sangat sedih karena hal ini.

Di part 2 ini kisah Rong zhi dan Chu Yu berlanjut di negeri Wei, yaitu negeri asal Rong zhi. Pertemuan mereka adalah karena skenario pernikahan politik. Jadi Rong zhi, pangeran dari Wei dijodohkan dengan putri Chu Yu dari kerajaan Song. Tapi saat hari pernikahan mereka ternyata Rong Zhi juga menikah dengan Ma Xue Yun (diperankan Zhao Lusi) yg jadi selirnya. Ma Xue Yun yang sering cemburu pada Chu Yu akhirnya menindasnya dan sering dilawan oleh Chu Yu. Rong Zhi diam-diam sering membantu dan melindungi Chu Yu. Demi menyelamatkan Chu Yu dari kejahatan kakaknya yaitu sang permaisuri, Rong Zhi berpura-pura minum racun dan meninggal. Ia kemudian hidup bersama Chu Yu di rumah sederhana dengan bahagia menjauh dari jangkauan permaisuri. 

Disini aku suka banget Song Wei Long. Meski aku gak terlalu suka pemeran Chu Yu karena dandanannya aneh. Rambut ceweknya diikat naik gitu. Trus di drama ini gak ada kiss scene-nya. Paling mesra cuma cium kening aja. Seingatku di Long For You pun begitu. Mungkin karena saat kedua drama dibuat Song Wei Long masih di bawah umur.

Lalu 2019 nonton film Love the Way You Are yang diangkat dari novel  Beijing University's Weakest Student karya Broken Bain. Disini Song Wei Long jadi Fang Yuke, pria kutu buku yang sangat cerdas dan selalu mendapatkan peringkat pertama. Lawan mainnya adalah Vivian Sung yang jadi Zhou Linlin, gadis periang, aktif, pemberani dan baik hati. Ibu Zhou Linlin selalu membandingkannya dengan Fang Yuke hingga memaksanya belajar setiap malam mengikuti waktu belajar Fang Yuke. Zhou Linlin pun mencari cara untuk membuat Fang Yuke berhenti belajar hingga larut. Ia diam-diam membuat surat cinta palsu mengatasnamakan Shi Ruting, gadis paling cantik dan popular di sekolah mereka. Seperti yang diinginkan Zhou Linlin, Fang Yuke akhirnya berhenti belajar hingga larut malam karena berkencan dengan Shi Ruting.

Zhou Linlin menikmati masa bebas tanpa harus belajarnya. Hingga suatu hari, Fang Yuke kembali belajar hingga larut malam karena Shi Ruting meninggalkan Fang Yuke. Zhou Linlin pun kembali harus belajar hingga larut malam, hingga akhirnya saat pengumuman nilai keluar, ia berhasil masuk ke Universitas Tiongkok Timur. Tidak disangka, Fang Yuke yang ia kira akan dapat masuk ke universitas yang lebih baik, juga masuk ke universitas yang sama dengannya dan juga jurusan yang sama dengannya yaitu jurusan peternakan. Mereka berdua yang sebelumnya tidak terlalu saling mengenal pun harus saling mengandalkan satu sama lain di tempat yang masih asing bagi mereka tersebut. Disana mereka juga bertemu kembali dengan Shi Ruting yang masih cantik dan popular sama seperti saat mereka SMA. Zhou Linlin juga bertemu dengan kakak kelas tampan, Xie Duanxi, yang membuatnya jatuh cinta pada pandangan pertama. Zhou Linlin berusaha mendekati Xie Duanxi, di saat yang bersamaan membantu Fang Yuke untuk berbaikan kembali dengan Shi Ruting.

Di saat Zhou Linlin mengira semuanya akan berjalan sesuai dengan rencananya, siapa sangka bahwa takdir berkata lain. Fang Yuke yang mengubah penampilannya dari culun menjadi sangat tampan. Mereka pun menjadi dekat karena tugas kuliah. Dan Zhou Linlin ternyata salah menilai Fang Yuke.

Duh aku suka banget Song Wei Long di film ini. Akhirnya dia bisa berakting sesuai umurnya yaitu jadi anak SMA. Dan Vivian Sung juga kelihatan sepantaran dengannya. Ceritanya juga bagus, cukup ringan tapi bikin senyam senyum dengan betapa care-nya Fang Yuke. 

Nah lanjut ke tahun 2020, sepertinya tahun ini merupakan tahun emasnya dimana sepanjang tahun ini 4 dramanya diputar berurutan. Yang pertama adalah Find Yourself yang tayang di awal tahun. Drama inibercerita tentang He Fanxing (Victoria Song), seorang wanita karier yang belum pernah pacaran di umur 32 tahun karena menanti sahabat masa kecilnya, Li Haomiao sekaligus cinta pertamanya kembali dari Antartika. Mereka pernah membuat janji akan menikah di umur 35 bila sama-sama masih lajang. Tapi Li diam-diam sudah kembali ke China dan bertunangan dengan wanita lain.

Di kantornya, Fanxing menerima Yuan Song (Song Weilong) yang lebih muda 10 tahun sebagai karyawan magang karena dipaksa saudara kembarnya, He Canyang. Hingga akhirnya Fanxing meminta Yuan Song berpura-pura jadi pacarnya. Keduanya pun terlibat dalam kisah asmara ‘jiedi lian’ yakni hubungan wanita lebih tua dan pria muda.

Awalnya gak setuju Song Wei Long sama Victoria soalnya beda jauh usianya. Pas nonton dramanya suka banget. Meski tua tapi karena suka pake baju senada jadi serasi juga. Mereka paling sering pake baju putih disini aku suka. Terus karakter He Fan Xing mencoba untuk memperlihatkan bagaimana perempuan berusaha melawan stigma menikah di usia tua dan menjadi wanita karir.

Drama kedua adalah Beautiful Reborn Flower yang tayang di bulan Mei. Salah satu drama paling ditunggu soalnya produksinya udah lama banget. Sayangnya aku cuma nonton sampai beberapa episode awal. Yup ceritanya gaje dan meski adaptasi novel berjudul Flower in the Bank karya Anni Baobei, tapi dibuat cukup beda dengan novelnya. Dalam novel, Xiaoman dan Nan Sheng adalah saudara kembar yang hidup terpisah karena perceraian orang tuanya. Lalu mereka bertemu kembali dan terlibat kisah cinta segitiga yang rumit dengan Lin Heping. Tapi di drama Nansheng meninggal kemudian Lin Heping pergi ke Barcelona untuk membuat pameran dan malah bertemu Xiaoman yang mirip dengan Nansheng. Dan ternyata Xiaoman adalah Nansheng yang hilang ingatan. 

Ide ceritanya sih cukup menarik dan pemandangan Barcelonanya keren-keren. Tapi alurnya gak jelas dan aku gak suka orang ketiganya. Peter Ho udah terlalu tua buat suka sama Jelly Lin dan jadi saingan Song Wei Long. Terus yang suka sama Heping juga ketuaan. Dan kostum Xiaoman di Barcelona jadi anak geng motor gak banget. Padahal Song Wei Long dikabarkan sempat cinlok sama Jelly Lin. Jadi harusnya chemistry-nya dapet gitu. 

Drama ketiga adalah costume drama yang merupakan remake dari drakor berjudul Sungkyungkwan Scandal. Versi China-nya berjudul In a Class of Her Own. Song Wei Long jadi Feng Chen Jung, teman sekelas Xue Wen Xi yang berpura-pura menjadi laki-laki dan memakai pakaian kakaknya untuk memasuki akademi Yunshang yang bergengsi karena sekolah tersebut hanya menerima siswa laki-laki.

Selain Feng Chengjun, Wen Xi juga berteman dengab Yu Lexuan dan Lei Zexin. Seiring berjalannya waktu, keempatnya mulai mengatasi rintangan bersama dan menjadi terjerat dengan konflik, yang diturunkan dari generasi yang lebih tua ketika mereka berusaha untuk menegakkan cita-cita mereka.

Disini aku juga suka banget Song Wei Long. Dia seperti biasa dapat peran yang dewasa dan pintar serta rajin. Aku juga suka banget teman-temannya. Pada ganteng-ganteng banget sih.

Belum selesai penayangan In a Class of Her Own sudah ditayangkan lagi dramanya yang lain. Kali ini drama modern berjudul Go Ahead. Termasuk salah satu drama favoritku tahun ini. Kisahnya tentang tiga individu yang tumbuh bersama tanpa hubungan darah. Namun memperlakukan satu sama lain seperti saudara. Kakak tertua Ling Xiao diperankan oleh Song Wei Long, kakak kedua He Ziqiu diperankan oleh Steven Zhang, dan adik bungsu Li Jianjian diperankan oleh Seven Tan. Mereka tumbuh bersama, mengalami kegembiraan hidup dan perselisihan saat mereka saling mendukung jalan yang dipilih. Saat Ling Xiao dan He Ziqiu lulus dari sekolah menengah, mereka kembali ke keluarga asal mereka. Lima tahun kemudian, ketiganya bersatu kembali, tetapi sakit hati dari masa lalu keluarga mereka yang rumit menjadi bayangan yang terus-menerus bertahan.

Ling Xiao jadi karakter paling favoritku diantara semua karakter yang diperankan Song Wei Long. Dia pintar, sabar, baik hati dan care. Duh pokoknya kesayangan deh. Ini juga drama juara. Banyak slice of life yang bisa dipetik. Bikin baper sendiri nonton tiap episodenya pokoknya. Apalagi ada Steven Zhang dan Seven Tan yang jadi saudaranya. Mana dibalik lagi, Song Wei Long yang aslinya paling muda jadi kakak tertua sedangkan Seven Tan yang aslinya paling tua jadi adik bungsu. Dan keduanya sukses memainkan perannya dengan baik. Pengen punya kakak seperti Ling Xiao. Duh aku jadi nge-ship mereka.

Yes baru itu drama dan film Song Wei Long yang kunonton. Demon Girl 1 dan 2 yang jadi drama awalnya belum kunonton karena susah dapat yang engsub. Beneran harus les mandarin kayaknya. Trus aku nungguin filmnya yang berjudul Catman soalnya di film ini dia main bareng Sehun sampai mereka jadi sahabat beneran dan malah dibilang mirip. Kalau menurutku sih beda banget. Nah buat dramanya aku nungguin Corner With Love yang merupakan remake drama Taiwan yang diperankan Shan Cai. Kabarnya dia bakal main sama Shen Yue. Duh bakalan beneran jadi rising star. Tapi di daftar mydramalist gak ada apa gak jadi yah?

Selain akting, Song Wei Long juga membintangi beberapa iklan sejak usia 16 tahun. Dia mendukung Merek terkenal seperti magnum, safeguard, sutra Yun, yogurt, dll. Dia menjabat sebagai duta hijau di Stasiun Chengdu Hijau, untuk perlindungan lingkungan, pada bulan Maret 2016.

Nah itu dia profil Xiao Long. Semoga dia bisa terus bersinar dan main di banyak film dan drama.

Cr:

https://ladyapril.wordpress.com/tag/song-wei-long/

Comments

Popular posts from this blog

Profil Deng Lun

Mumet dengan kerjaan, jadi mau update lagi deh biar fresh. Kali ini aku mau nulis profil salah satu aktor China favoritku. Awalnya mau nulis Yang Yang sih tapi dianggurin aja datanya. Nanti deh. Sekarang soalnya ngebet banget sama si senyum lebar, Deng Lun. Soalnya drama yang dia bintangi tuh oke banget. Ini dia profilnya Nama: Deng Lun Born: October 21 st , 1992 (yes, kami Cuma beda setahun) in Shijiazhuang, Hebei Prov Tinggi: 185 cm Berat: 65 kg Deng Lun merupakan lulusan Shanghai Theatre Academy dan memulai karirnya sejak 2013 dalam Drama TV berjudul “Flowers in Fog” (belum nonton sih) kemudian main di beberapa drama lainnya dan akhirnya karirnya terus menanjak. Aku sendiri jatuh hati sama dia waktu dia main di drama berjudul “Because of Meeting You” yang merupakan drama remake dari drama Korea berjudul “Jang Bo-ri is here”. Di drama ini ia berperan sebagai Li Yunkai, seorang pengacara yang merupakan teman masa kecil tokoh utama perempuan. Perannya yang ceria dan

Itazura na Kiss in all versions

Hajimemashite.. Maaf lagi sok Jepang.. Kali ini aku mau bahas soal salah satu Dorama Jepang yang saking populernya sampe diadaptasi dalam berbagai versi. Eng ing eng.. Itazura na Kiss.. Sudah pada nonton versi apa saja? Tenang aku juga belum nonton semua kok. Tapi bagaimana pun versinya kisahnya Cuma satu yaitu bercerita tentang Seorang cewek SMA yang kurang pintar dari kelas F (disini kelas dibagi berdasarkan kepintaran muridnya dan diurut dari A untuk yang paling pintar hingga F untuk yang paling kurang pintar) bernama Aihara Kotoko yang jatuh cinta dengan orang paling populer di sekolahnya dari kelas A bernama Irie Naoki sejak tahun pertama. Di tahun seniornya, Ia kemudian mengakui perasaannya lewat surat cinta kepada Naoki dan ditolak mentah-mentah dengan alasan Naoki benci gadis bodoh. Pada hari yang sama Kotoko kehilangan rumahnya karena suatu musibah (di setiap serial beda-beda eui musibahnya) dan bersama ayahnya terpaksa menumpang di rumah teman ayahnya yang ternyata adala

Review Cry Me a Sad River

Kali ini mau bahas salah satu film China yang cukup ngena di hati dan bikin ikutan nangis.  Ini dia Profilnya Also known: Bei Shang Ni Liu Cheng He Genres: Friendship, School, Youth, Drama, Melodrama, Tragedy Country: China Release: 30 September 2018 Starring: Ren Min, Xin Yun Lai, Zhao Ying Bo Sinopsis: Yi Yao dan Qi Ming adalah tetangga dan teman masa kecil yang pergi ke kelas yang sama. Murid pindahan Tang Xiao Mi menyukai Qi Ming dan menjadi cemburu dengan hubungan baik Yi Yao dengannya. Dia mengikuti Yi Yao dan menemukan rahasia miliknya. Tang Xiao Mi kemudian menggunakan rahasia ini untuk memulai bullyingnya di sekolah dan semua siswa lain bergabung. Penindasan itu perlahan menghancurkan Yi Yao, sampai Gu Sunxi muncul disampingnya dan membantunya. Namun sebuah tragedi kembali menghancurkan Yi Yao. Comment: #SpoilerAlert Setelah terlalu banyak menonton drama kali ini tertarik nonton film China. Yup, mungkin kita hanya familiar dengan film-film action, kung fu maupun his