Skip to main content

Mencintai Buku Lewat Romance is a Bonus Book


Kali ini review drama Korea lagi. akhirnya ada juga yang menarik perhatianku. Soalnya kali ini agak beda sih temanya. Aku tuh suka bosen dengan drakor yang bertema dokter, polisi, detektif, pengacara, jaksa, hakim dan tema-tema populer lainnya. Jadi pas ada drama ini aku jadi tertarik buat nonton. Yup judulnya Romance is a Bonus book. Sekarang baru jalan 6 episode jadi masih nerka-nerka sih gimana jalan ceritanya. Tapi so far lumayan.

Ini dia profil dramanya

Judul: Romance is a Bonus Book
Sutradara: Lee Jung Hyo
Penulis: Jung Hyun Jung
Channel: tvN
Episode: 16
Release: 26 Januari- 17 Maret 2019
Waktu Tayang : Sabtu dan Minggu, 9 pm

Sinopsis:
Bercerita tentang Cha Eun-Ho (Lee Jong-Suk) yaitu seorang penulis jenius dan pemimpin redaksi termuda di sebuah perusahaan penerbitan. Ia pintar dan tampan. Sebagai kepala editor ia cukup keras tapi sebenarnya berhati baik. Ia menyukai noona yang ia temui waktu kecil bernama Kang Dan-Yi (Lee Na-Young) yang dulunya merupakan copywriter yang populer, tetapi berhenti karena menikah. Kang Dan-Yi kemudian bercerai dengan suaminya karena diselingkuhi. Dan akhirnya mencoba mencari pekerjaan untuk bertahan hidup dan membiayai sekolah anaknya. Meskipun dia mencoba mencari pekerjaan, karena karirnya yang mengesankan dan latar belakang pendidikan yang sangat baik, dia tidak dapat menemukan pekerjaan baru. Akhirnya, Kang Dan-Yi mendapatkan pekerjaan di sebuah perusahaan penerbitan dengan berbohong tentang latar belakangnya. Perusahaan penerbitan itulah tempat Eun Ho juga bekerja.


Comment:
Oke sebenarnya aku mulai jenuh dengan kisah cinta noona dan berondong yang akhir-akhir ini sering banget nongol di drama Korea. Tapi karena kisahnya lumayan yah masih bisa kuterima. Drama ini diperankan oleh Lee Jong Suk yang udah malang melintang di dunia drakor dan rata-rata dramanya punya rating tinggi jadi udah keren aja. Ditambah sebenarnya Lee Na Young untungnya gak kelihatan tua banget. Jadi ngingetin aku dengan drama pertama Jong Suk yang aku nonton berjudul I Can Hear Your Voice yang diperankannya bersama Lee Bo Young (lagi-lagi noona dongsaeng relations). Pokoknya kalau udah Lee Jong Suk yang meranin udah dramanya bagus aja. Hehe
Bukan itu juga sih alasannya. Tadi aku bilang drama ini menarik karena temanya yang tidak biasa. Yap tentang tempat kerja mereka di perusahaan penerbitan yang pasti sehari-harinya berhubungan dengan buku. Banyak informasi mengenai lika liku penerbitan buku yang kita gak pernah tau sebelumnya. Maklum, korea tuh kalau bikin drama cukup total masalah pengetahuan. Liat aja drama kedokterannya komplit banget dengan segala istilah dan penjelasannya. Nah di drama ini ada beberapa scene yang berhubungan dengan buku.
-          Dani mencoba menyumbang ide dalam tagline buku, ia berusaha keras untuk mencari info dan memahami buku tersebut untuk menemukan tagline yang cocok. Akhirnya ia memang menemukannya tapi sayangnya ia harus menelan kekecewaan karena idenya dicuri oleh atasannya.
-          Eun Ho mengajak Dani dan 2 orang baru lainnya ke penerbitan. Disana mereka harus bersedih melihat buku-buku yang tidak laku dan dikembalikan dari toko buku (karena terlipat, ternoda, segel terbuka, cacat) ternyata berakhir di tempat penghancuran. Diskon gila-gilaan bukan solusi karena tidak diperbolehkan (ternyata ada aturan pembatasan diskon). Nah buku-buku yang dihancurkan ini kertasnya akan di daur ulang tapi nilainya tidak seberapa. Dani pun mengambil 1 buku yang sudah robek sebagian dan menyimpannya sebagai apresiasi terhadap buku tersebut.
-          Aku baru tau ada profesi designer buku dari drama ini. Jadi orang ketiganya yang bernama Seo Joon memiliki profesi sebagai designer buku. Ia mendesign sampul buku dan tata letak isi buku agar nyaman dibaca.
-          Seo joon membeli 3 buku yang sudah terbuka segelnya. Kasir menawari untuk mengganti dengan yang bersegel. Tapi ia menolak dengan berkata “jika tak kubeli akan dikembalikan ke penerbit” dan kita sudah tahu buku yang dikembalikan akan berakhir ditempat penghancuran. Padahal kita selalu memilih buku yang bersegel dan suka iseng buka segel buku biar bisa baca di tempat tanpa tau kalau kita udah mengorbankan buku tersebut.
-          Karena Seo Joon tidak mau menjadi designer buku untuk buku baru yang akan terbit, Dani mengusulkan agar buku tersebut secara misterius untuk menarik minat pembeli dengan menyertakan tagline buku yang menarik di luarnya. Dani dan Hae Rin (orang ketiga yang suka Eun Ho) ditunjuk untuk mengurus penerbitan buku tersebut. Ada scene ketika penulis novel yang belum terkenal tersebut membatalkan kontrak karena khawatir dengan penerimaan pembaca akan bukunya. Keduanya pun berusaha untuk membujuk penulis tersebut. Saat akhirnya buku siap dicetak, bos Dani malah menyuruh agar namanya sebagai tim pemasar dihapus dalam buku karena Dani hanyalah pembantu. Eun Ho mencoba membela Dani tapi harus pasrah dengan alasan bu Go tapi ia mengatakan “bila semua orang hanya terpaku melakukan tugasnya, tidak akan ada yang mau melakukan lebih”. Untuk menghibur Dani, Eun Ho memberikan contoh buku yang ada nama Dani di dalamnya sebagai tim Pemasar.

Wih baru 6 episode udah banyak banget pesan dan quotes yang bisa didapat di drama ini. Aku suka dengan bagian romance yang tidak dominan disini. Meski Eun Ho menyukai Dani, tapi ia tetap profesional di tempat kerja dan membantu Dani sesuai porsinya. Semoga Dani bisa suka juga sama Eun Ho lebih dari adik. Sekian spoilerku..

Comments

Popular posts from this blog

Profil Deng Lun

Mumet dengan kerjaan, jadi mau update lagi deh biar fresh. Kali ini aku mau nulis profil salah satu aktor China favoritku. Awalnya mau nulis Yang Yang sih tapi dianggurin aja datanya. Nanti deh. Sekarang soalnya ngebet banget sama si senyum lebar, Deng Lun. Soalnya drama yang dia bintangi tuh oke banget. Ini dia profilnya Nama: Deng Lun Born: October 21 st , 1992 (yes, kami Cuma beda setahun) in Shijiazhuang, Hebei Prov Tinggi: 185 cm Berat: 65 kg Deng Lun merupakan lulusan Shanghai Theatre Academy dan memulai karirnya sejak 2013 dalam Drama TV berjudul “Flowers in Fog” (belum nonton sih) kemudian main di beberapa drama lainnya dan akhirnya karirnya terus menanjak. Aku sendiri jatuh hati sama dia waktu dia main di drama berjudul “Because of Meeting You” yang merupakan drama remake dari drama Korea berjudul “Jang Bo-ri is here”. Di drama ini ia berperan sebagai Li Yunkai, seorang pengacara yang merupakan teman masa kecil tokoh utama perempuan. Perannya yang ceria dan

Itazura na Kiss in all versions

Hajimemashite.. Maaf lagi sok Jepang.. Kali ini aku mau bahas soal salah satu Dorama Jepang yang saking populernya sampe diadaptasi dalam berbagai versi. Eng ing eng.. Itazura na Kiss.. Sudah pada nonton versi apa saja? Tenang aku juga belum nonton semua kok. Tapi bagaimana pun versinya kisahnya Cuma satu yaitu bercerita tentang Seorang cewek SMA yang kurang pintar dari kelas F (disini kelas dibagi berdasarkan kepintaran muridnya dan diurut dari A untuk yang paling pintar hingga F untuk yang paling kurang pintar) bernama Aihara Kotoko yang jatuh cinta dengan orang paling populer di sekolahnya dari kelas A bernama Irie Naoki sejak tahun pertama. Di tahun seniornya, Ia kemudian mengakui perasaannya lewat surat cinta kepada Naoki dan ditolak mentah-mentah dengan alasan Naoki benci gadis bodoh. Pada hari yang sama Kotoko kehilangan rumahnya karena suatu musibah (di setiap serial beda-beda eui musibahnya) dan bersama ayahnya terpaksa menumpang di rumah teman ayahnya yang ternyata adala

Review Cry Me a Sad River

Kali ini mau bahas salah satu film China yang cukup ngena di hati dan bikin ikutan nangis.  Ini dia Profilnya Also known: Bei Shang Ni Liu Cheng He Genres: Friendship, School, Youth, Drama, Melodrama, Tragedy Country: China Release: 30 September 2018 Starring: Ren Min, Xin Yun Lai, Zhao Ying Bo Sinopsis: Yi Yao dan Qi Ming adalah tetangga dan teman masa kecil yang pergi ke kelas yang sama. Murid pindahan Tang Xiao Mi menyukai Qi Ming dan menjadi cemburu dengan hubungan baik Yi Yao dengannya. Dia mengikuti Yi Yao dan menemukan rahasia miliknya. Tang Xiao Mi kemudian menggunakan rahasia ini untuk memulai bullyingnya di sekolah dan semua siswa lain bergabung. Penindasan itu perlahan menghancurkan Yi Yao, sampai Gu Sunxi muncul disampingnya dan membantunya. Namun sebuah tragedi kembali menghancurkan Yi Yao. Comment: #SpoilerAlert Setelah terlalu banyak menonton drama kali ini tertarik nonton film China. Yup, mungkin kita hanya familiar dengan film-film action, kung fu maupun his