Skip to main content

My Favorite Chinese Costume Drama


Lah judulnya sok sok english soalnya aku bingung list dibawah akan kutulis historikal, kerajaan atau fantasy karena tentang itu semua jadi aku tulis aja costume drama. Soalnya di drama itu mereka make kostum tradisional gitu lengkap dengan aksesoris dan gaya rambutnya. Di Indonesia juga pernah sih ada drama historikal fantasy kerajaan kayak Angling Darma dan Mahabaratha tapi sekarang udah gak dibuat lagi.

Trus untuk genre sendiri ada istilah sendiri di China yaitu Wuxia dan Xianxia. Apa sih bedanya? Menurut Google, istilah ini sendiri berasal dari genre novel. Maklum kebanyakan drama China dibuat berdasarkan novel populer. Nah Wuxia bercerita tentang dunia persilatan biasanya disebut Jianhu. Sedangkan Xianxia bercerita tentang dunia para immortal yang mendapatkan tambahan umur dengan cara kultivasi (budidaya). Xianxia merupakan pengembangan dari Wuxia yang dipengaruhi ajaran taoisme. Jadi udah bisa dibedakan kan yang mana Wuxia dan Xianxia. Favoritku sendiri tentu saja yang Xianxia soalnya aku suka drama tipe ini meski pemeran utama udah meninggal pasti masih akan ada kemungkinan buat hidup lagi dan umurnya panjang-panjang. Tapi Wuxia juga lumayan kok.

1.       Ashes of Love

Genre: Fantasy, Romance, Xianxia
Country: China
Episode: 63
Starring: Yang Zi, Deng Lun

Sinopsis:
Dimulai dengan kisah tentang dewi bunga yang melahirkan seorang anak di ambang kematiannya. Anak tersebut ia beri nama Jin Mi dan untuk mencegah anaknya merasakan penderitaan yang sama karena cinta, ia memberinya pil tanpa perasaan dan menyuruh semua peri bunga untuk merahasiakan identitas Jin Mi. Jin Mi kemudian hidup riang sebagai peri anggur. Suatu hari ia menemukan burung hitam yang jatuh dihalamannya dan ia mengira burung tersebut adalah gagak. Ia pun menolong burung tersebut yang ternyata pangeran alam langit sang Dewa Api Phoenix, Zu Feng. Sebagai imbalan ia meminta Zu Feng membawanya keluar dari cermin air. Zu Feng mengajaknya ke alam langit dan disanalah petualangan Jin Mi dimulai.

Comment:
Nomor 1 dan 2 sebenarnya favoritku dan bakal paling sering ku rewatch. Jadi pusing yang mana yang lebih bagus soalnya dua-duanya terbaik. Aku sangat suka chemistry Deng Lun dan Yan Si di Ashes of Love juga outfit-outfitnya, kekuatannya, dan pemandangan di setiap scenenya. Apalagi endingnya favorit. Dari pilihan untuk menjadi abadi di langit atau menjadi iblis pada akhirnya yang terbaik adalah menjadi manusia biasa di bumi. Spoilerku.

2.       Eternal Love

Also known as : Three Lives Three Worlds, Ten Miles of Peach Blossoms
Genre : Romance, Fantasy, Xianxia
Based on : Three Lives Three Worlds, Ten Miles of Peach Blossoms by TangQi GongZi
Directed by : Lin Yufen, Yu Cuihua, Ren Haitao
Starring : Yang Mi, Mark Chao
Country of Origin : China
Original Language (s) : Mandarin
No. of episodes : 58

Sinospsis:
Drama ini bercerita tentang Bai Qian, putri siluman rubah ekor sembilan dari Kerajaan Qing Qiu yang menyamar menjadi laki-laki (Si Yin) agar bisa menjadi murid Mo Yuan, dewa tinggi dari gunung Kunlun. Perang yang menghancurkan antara kerajaan hantu membuat Mo Yuan harus mengorbankan jiwanya untuk menyegel Raja Hantu Qing Cang dengan Lonceng Emas. Si Yin yang tidak terima dengan kematian gurunya membawa lari tubuh gurunya dan menyembunyikannya. 70.000 tahun kemudian, dalam upaya untuk menyegel kembali Qing Cang, Bai Qian harus menerima sidang langit dan kehilangan ingatan serta kekuatannya. Ia dikirim ke alam fana untuk menjalani sebuah percobaan agar bisa menjadi Dewi Tinggi.

Comment:
Jadi saat pertama suka dracin masih ogah lirik yang historikal soalnya episodenya panjang banget tapi setelah nonton Ten Miles Peach Blossom jadi suka. Aku suka karakter Yehua dan Bai Qian. Aku bahkan edit fotoku kayak dia. Aku suka bagaimana care-nya mereka berdua saat hidup maupun mati. Tipikal drama Xianxia kayak gitu di tengah-tengah karakter utama bisa saja meninggal tapi bakal hidup lagi dan happy ending di tengah. Setelah nonton Eternal Love akhirnya kecanduan costume drama. Tapi masih pilih-pilih juga yang mana yang bagus buat ditonton.

3.       The Untamed

Genres: Action, Adventure, Comedy, Wuxia, Fantasy
Country: China
Episodes: 50
Aired: 27 Juni- 20 Agustus 2019
Starring: Xiao Zhan, Wang Yi Bo

Sinopsis:
Bercerita tentang Wei Wuxian yang bersahabat dengan Lan Wangji dari Clan Lan yang merupakan bagian dari 5 Klan besar yaitu Wen, Lan, Nie, Jiang dan Jin. 5 klan ini hidup rukun dan saling menghormati sebelum kemudian harus berperang karena klan Wen yang ingin mendominasi menggunakan kekuatan jahat dari Yin Iron. Setelah berhasil menjatuhkan klan Wen, keempat klan kembali hidup damai. Tapi Wei Wuxian yang peduli dengan orang-orang Wen yang tidak bersalah kemudian pergi menyelamatkan mereka. Pertempuran terjadi dan Wei Wuxian pun meninggal. 16 tahun kemudian Ia kembali dan bertemu lagi dengan Lan Wangji.

Comment:
Drama ini masih fresh dan bahkan baru selesai tayang tapi udah jadi drama favoritku. Meskipun dari novel gay alias BL tapi karena sensor jadi dibuat bromance saja dan masih batas wajar. Gak ada pelukan ciuman mesra yang bakal bikin aku jijik (maaf aku masih straight soalnya). Aku suka chemistry kedua male leadnya sampai bikin aku nangis di beberapa episode. Best drama 2019 so far menurutku.

4.       Legend of Yunxi

Genre: Historical Fiction
Based on Poison Genius Consort by Jie Mo
Starring: Ju Jingyi, Zhang Zhehan, Merxat
Country: China
Episodes: 48 + 2 (Epilogue)
Release: 25 Juni – 15 Agustus 2018

Sinopsis:
Berkisah tentang Long Feiye pangeran Qin yang dinikahkan dengan Han Yunxi yang buruk rupa karena bisul di wajahnya. Ia selalu memakai cadar. Namun saat hari pernikahan Yunxi berhasil menyembuhkan wajahnya berkat gelang peninggalan ibunya. Ia kemudian membantu Long Feiye dengan kemampuan medisnya. Ia berteman dengan Gu Qishao pemilik lembah dengan berbagai tanaman herbal dan racunnya. Han Yunxi kemudian berupaya membuat obat untuk “Poison Puppet” yang juga diidap Long Feiye.

Comment:
Salah satu costume drama yang kisahnya manis banget. Aku suka Long Feiye yang dingin ke Yunxi tapi sebenarnya care abis dan gampang cemburuan. Tapi seperti yang kubilang aku agak unsatisfied dengan endingnya yang membuatku harus harus menerka-nerka lagi.

5.       The Legends

Also known as: Zhao Yao
Genres: Action, Adventure, Historical, Romance, Wuxia, Martial Arts, Fantasy
Country: China
Episode: 56
Aired: 28 Januari-3 April 2019
Starring: Bai Lu, Xu Kai, Xiao Yan

Sinopsis:
Saat mencoba mengambil Pedang Wanjun, Lu Zhao Yao disergap oleh sepuluh sekte abadi dan mati. Lima tahun kemudian, Li Chen Lan mengambil alih posisi pemimpin sekte Wanlu, dan Zhao Yao memutuskan untuk membalas dendam. Dia yang sekarang menjadi roh, memiliki tubuh Qin Zhi Yan, seorang murid perempuan dari Sekte Abadi, dan dengan bantuan tubuh yang baru diperoleh, dia menjadi murid langsung dari Mo Qin alias Li Chen Lan dengan tujuan membunuhnya. Tetapi hal-hal tidak berjalan seperti yang dia rencanakan, ketika dia perlahan mulai jatuh cinta padanya. Sementara itu Jiang Wu, seorang pemuda yang ambisius, ingin membunuh Li Chen Lan dan menjadi pemimpin sekte. Jiang Wu juga tertarik pada Zhi Yan versi Zhao Yao.

Comment:
Aku suka dengan jalan ceritanya dan Li Chen Lan sang putra iblis tapi imut-imut. Trus masih cocok juga dengan Zhao Yao meskipun kelihatan jelas kalau ceweknya lebih dewasa. Aku suka dengan kisah saat pemerannya mati dan harus ke dunia lain trus disitu buat punya uang harus berbuat baik. Jadi yang paling baiklah yang kaya andai dunia kayak gitu jadi setiap orang bakal berlomba-lomba dalam kebaikan (imajine). Berakhir bahagia dong tapi kenapa pula anaknya jadi mereka berdua lagi kan aku berasa aneh nontonnya. Duh spoiler lagi maafkan.

6.       Fight Break Sphere

Also Known As: Battle Through the Heavens
Genres: Action, Adventure, Romance, Wuxia, Martial Arts, Fantasy
Country: China
Episodes: 45
Aired: Sep 3, 2018 - Oct 25, 2018
Starring: Leo Wu, Jelly Lin, Hua Cheng

Sinopsis:
Xiao Yan adalah anak jenius yang tiba-tiba kehilangan semua kekuatannya. Di dunia dimana kekuatan menjadi acuan, kurangnya bakat Xiao Yan memalukan bagi keluarganya. Pada usia 15, Xiao Yan secara tidak sengaja bertemu Yao Lao (Baron Chen) lewat cincin ibunya. Dengan bantuan sesepuh tersebut, keterampilan Xiao Yan meningkat dengan pesat. Setelah seluruh keluarganya dibunuh, Xiao Yan memulai perjalanan untuk menemukan pembunuh keluarganya dan mengembalikan kedamaian ke Jianghu.

Comment:
Merupakan adaptasi dari novel Wuxia berjudul Battle Through the Heavens oleh Tian Can Tu Dao. Ini juga ada animasinya dan udah sampai season 3 kalau gak salah tapi aku belum sanggup nonton animasinya. Aku suka Leo Wu ganteng banget trus di drama ini juga ada Xiao Zhan kesayanganku. Hi baru nyadar sekarang demi apa. Aku suka fantasy jadi suka liat dunia di balik cincin tempat Xiao yan bisa latihan trus senjatanya mirip punya cloud di Final Fantasy. Tapi namanya season satu jadi ending keseluruhannya belum ada. Cuma diakhiri dengan Xiao Yan yang luka parah dan dikhianati sahabatnya padahal aku nge ship mereka berdua. Semoga aja segera ada season 2 nya.

7.       The Four

Also Known As: Shao Nian Si Da Ming Bu
Genres: Historical, Romance, Wuxia, Fantasy, Detective
Country: China
Episodes: 48
Aired: Mar 17, 2015 - Jun 3, 2015
Starring: Han Zhan, Yang Yang, William Chan, Mao Zijun

Sinopsis:
The Four adalah kisah empat pemuda - Cold Blood, Chaser, Heartless, and Iron Fist - yang masing-masing unggul dalam praktik seni bela diri yang berbeda dan menggunakan keahlian mereka untuk menjatuhkan korupsi dan menegakkan keadilan.

Comment:
Ini jadi salah satu favoritku karena bertabur bintang-bintang idolaku semua. Soalnya ada Zhang Han, Yang Yang, William Chan dan bahkan Janine Chang. Dan aku suka soalnya mereka memerangi korupsi yang udah ada dari dulu. Dan the best thing yah happy ending lah.

8.       Princess Agents

Genres: Action, Historical, Romance, Wuxia, Drama, War, Tragedy
Country: China
Episodes: 67
Aired: Jun 5, 2017 - Aug 1, 2017
Starring: Zanilia Zhao, Kenny Lin, Shawn Dou

Sinopsis:
Kisah ini terjadi selama masa kekacauan Wei, di mana warga yang tidak bersalah sering diculik dan dijadikan budak. Gadis budak, Chu Qiao dilempar ke hutan bersama dengan budak lain dan menjadi sasaran perburuan berikutnya bagi para raja kaya. Dia diselamatkan oleh Pangeran Yanbei, Yan Xun. Setelah itu, dia dibawa ke keluarga kuat Yu Wen dan menyaksikan perebutan kekuasaan berdarah mereka. Melihat ini, dia bersumpah untuk mengambil adik perempuannya dan melarikan diri dari situasi tersebut. Namun, dia menarik perhatian Yu Wen Yue dan menjalani pelatihan ketat sambil membangun rasa persahabatan dengan Yan Xun. Drama berfokus pada keyakinan hidup Chu Qiao dan perjuangannya untuk bertahan hidup di dunia yang kejam dan tidak adil.

Comment:
Salah satu drama yang booming banget di tahun 2017 selain Eternal Love. Meski aku baru aja nonton setahun kemudian sih. Aku suka Zanilia Zhao di drama ini. Doi emang total meranin semua karakternya sebagai strong female lead. Doi juga dapet banget chemistry –nya sama Kenny Lin. Sayang lagi-lagi ngegantung di endingnya. Sampai sebel sendiri nungguin kapan yah ada next seasonnya. Tapi takutnya pemerannya diganti semua karena faktor usia dan jadwal kedua lead-nya yang udah terkenal banget dan punya banyak drama lainnya. Di drama ini juga ada Deng Lun yang jadi pendukung dengan karakternya yang baik tapi mesum.

9.       Listening Snow Tower

Also known as: Tingxue Tower , Ting Xue Lou , Yin Xue Lou
Genres: Adventure, Historical, Romance, Wuxia, Martial Arts, Fantasy
Country: China
Episode: 56
Aired: 6 Mei-13 Juni 2019
Starring: Qin Jun Jie, Crystal Yuan, Han Cheng Yu

Sinopsis:
Berkisah tentang Xiao Yiqing, penguasa Menara Salju dan Shu Jingrong putri dari Blood Demon. Di dunia persilatan, Moon Sect menyerang sebagai kekuatan yang menakutkan dan menanamkan pengaruhnya yang beracun di bawah komando Hua Lian, pemimpin Moon Sect. Bai Di, Xue Gu  dan 'Darah Setan' Shu Xuewei merupakan tiga seniman bela diri yang kuat di wulin, bergabung dengan master Menara Salju untuk menyingkirkan kejahatan dan mengembalikan kedamaian. Hua Lian, bagaimanapun, memiliki senjata yang tangguh; memungkinkan dia untuk mengontrol Blood Demon, yang akhirnya bunuh diri untuk melindungi putrinya tercinta: Shu Jingrong.
Menjadi yatim piatu ke mana pun harus pergi, Shu Jingrong muda bertemu dengan tuan muda Snow Tower, Xiao Yiqing, yang dia ingat dengan sepenuh hati atas perhatian dan kebaikannya terhadapnya. Shu Jingrong kemudian menjadi murid Bai Di yang memberinya nama baru Qingming dan tinggal bersamanya dan murid-muridnya Qinglan dan Qingyu di Lembah Pasir Tanpa Dasar.
Di bawah tekanan Moon Sect yang membayangi dan plot-plot berbahaya mereka, Shu Jingrong mengetahui nasibnya yang terkutuk dalam menyengsarakan orang-orang yang ia cintai. Dia pergi untuk menguasai kembali senjata ayahnya: Blood Rose Sword dan bersatu dengan Xiao Yiqing untuk melawan yang jahat dan mengakhiri Moon Sect demi kedamaian dunia

Comment:
Aku suka dengan cinematografi dari drama ini.Trus suka dengan chemistrynya dan tentunya happy ending. hehe. sinopsisnya udah panjang jadi komenku singkat aja.

10.   Good Bye My Princess

Also known as: Donggong, Eastern Palace
Genres: Historical, Romance, Drama, Tragedy
Country: China
Episode: 52
Release: 14 Februari – 25 Maret 2019
Starring: Chen Xing Xu, Peng Xiao Ran, Shawn Wei

Sinopsis:
Berkisah tentang Putri ke 9 kerajaan Liang Barat yang harus pergi jauh dari rumahnya untuk menikahi putra mahkota kerajaan Timur. Sebelumnya ia bertemu dengan Pangeran ke 5 kerajaan Li yang menyamar sebagai penjual teh dari dataran rendah. Mereka kemudian jatuh hati dan ingin menikah. Tapi sayang peperangan dan perseteruan antar kerajaan membuat seluruh keluarga sang putri terbunuh dan salah satu yang berperan besar adalah pangeran ke 5. Mengetahui hal itu ia sangat sakit hati dan melompat ke sungai kelupaan. Pangeran ke 5 pun ternyata ikut melompat bersamanya. Mereka berdua akhirnya saling melupakan satu sama lain. Saat akhirnya putri berada di kerajaan Li, ia pun menunggu hingga diputuskan siapa yang akan menjadi putra mahkota karena putra mahkota sebelumnya terbunuh. Kandidat yang paling kuat adalah Pangeran ke 2 dan pangeran ke 5. Meski pangeran ke 5 dan putri ke 9 bertemu mereka tidak mengingat satu sama lain. Pangeran ke 5 sendiri memiliki seorang yang dicintainya di kerajaan Li.

Comment:
I miss u but I hate U mungkin perasaan yang aku rasa buat drama ini. Salah satu drama yang membuatku bahagia banget nonton di awal tapi patah hati sakit tapi tak berdarah di akhir (aku mulai lebay). Tapi beneran deh. Aku suka banget plotnya. Aku suka banget pemainnya soalnya ganteng dan cantik banget. Bajunya juga menawan. Latarnya bagus-bagus kayak campuran timur tengah dan china kolosal gitu. Tapi di tengah sampai akhir bikin sedih. Bahkan male leadnya sendiri dianggap hate hero trus katanya pemerannya sampai frustasi sendiri. Tapi tetap favorit sih Cuma gak yakin apa aku bakal sanggup untuk rewatch.

Yup sekian tulisan soal Chinese costume drama favoritku. Semoga suatu hari Indonesia juga bisa melestarikan drama laganya dan bangga menunjukkan pada dunia. Maafkan kespoileranku soalnya aku suka baca spoiler dulu gak suka banget dengan kejutan apalagi kalau dramanya gantung. Tapi yah resiko nonton drama China emang ada beberapa yang bagus banget tapi punya ending gantung karena bakal dibikin season berikutnya. 

Ay^^!

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Profil Deng Lun

Mumet dengan kerjaan, jadi mau update lagi deh biar fresh. Kali ini aku mau nulis profil salah satu aktor China favoritku. Awalnya mau nulis Yang Yang sih tapi dianggurin aja datanya. Nanti deh. Sekarang soalnya ngebet banget sama si senyum lebar, Deng Lun. Soalnya drama yang dia bintangi tuh oke banget. Ini dia profilnya Nama: Deng Lun Born: October 21 st , 1992 (yes, kami Cuma beda setahun) in Shijiazhuang, Hebei Prov Tinggi: 185 cm Berat: 65 kg Deng Lun merupakan lulusan Shanghai Theatre Academy dan memulai karirnya sejak 2013 dalam Drama TV berjudul “Flowers in Fog” (belum nonton sih) kemudian main di beberapa drama lainnya dan akhirnya karirnya terus menanjak. Aku sendiri jatuh hati sama dia waktu dia main di drama berjudul “Because of Meeting You” yang merupakan drama remake dari drama Korea berjudul “Jang Bo-ri is here”. Di drama ini ia berperan sebagai Li Yunkai, seorang pengacara yang merupakan teman masa kecil tokoh utama perempuan. Perannya yang ceria dan

Itazura na Kiss in all versions

Hajimemashite.. Maaf lagi sok Jepang.. Kali ini aku mau bahas soal salah satu Dorama Jepang yang saking populernya sampe diadaptasi dalam berbagai versi. Eng ing eng.. Itazura na Kiss.. Sudah pada nonton versi apa saja? Tenang aku juga belum nonton semua kok. Tapi bagaimana pun versinya kisahnya Cuma satu yaitu bercerita tentang Seorang cewek SMA yang kurang pintar dari kelas F (disini kelas dibagi berdasarkan kepintaran muridnya dan diurut dari A untuk yang paling pintar hingga F untuk yang paling kurang pintar) bernama Aihara Kotoko yang jatuh cinta dengan orang paling populer di sekolahnya dari kelas A bernama Irie Naoki sejak tahun pertama. Di tahun seniornya, Ia kemudian mengakui perasaannya lewat surat cinta kepada Naoki dan ditolak mentah-mentah dengan alasan Naoki benci gadis bodoh. Pada hari yang sama Kotoko kehilangan rumahnya karena suatu musibah (di setiap serial beda-beda eui musibahnya) dan bersama ayahnya terpaksa menumpang di rumah teman ayahnya yang ternyata adala

Review Cry Me a Sad River

Kali ini mau bahas salah satu film China yang cukup ngena di hati dan bikin ikutan nangis.  Ini dia Profilnya Also known: Bei Shang Ni Liu Cheng He Genres: Friendship, School, Youth, Drama, Melodrama, Tragedy Country: China Release: 30 September 2018 Starring: Ren Min, Xin Yun Lai, Zhao Ying Bo Sinopsis: Yi Yao dan Qi Ming adalah tetangga dan teman masa kecil yang pergi ke kelas yang sama. Murid pindahan Tang Xiao Mi menyukai Qi Ming dan menjadi cemburu dengan hubungan baik Yi Yao dengannya. Dia mengikuti Yi Yao dan menemukan rahasia miliknya. Tang Xiao Mi kemudian menggunakan rahasia ini untuk memulai bullyingnya di sekolah dan semua siswa lain bergabung. Penindasan itu perlahan menghancurkan Yi Yao, sampai Gu Sunxi muncul disampingnya dan membantunya. Namun sebuah tragedi kembali menghancurkan Yi Yao. Comment: #SpoilerAlert Setelah terlalu banyak menonton drama kali ini tertarik nonton film China. Yup, mungkin kita hanya familiar dengan film-film action, kung fu maupun his