Skip to main content

Rekomendasi Channel Youtube Untuk Belajar Tes CPNS

Pandemi membuat tahun ini tidak ada penerimaan CPNS, tapi kabarnya tahun depan yaitu Maret 2021 akan dibuka lagi. Maka gak ada salahnya buat belajar sejak awal. Itung-itung persiapan. Yang belajar aja belum tentu lulus apalagi yang nggak belajar.

Banyak cara untuk belajar dan mempersiapkan tes CPNS terutama tes sakti yaitu Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) yang terdiri dari 3 jenis soal yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU) dan Tes Karakteristis Pribadi (TKP). Belajar bisa lewat buku-buku Sukses Tes CPNS yang banyak beredar dan bisa juga dari source lain. Nah buku-buku Persiapan Tes CPNS cukup bagus karena biasanya isinya penuh dengan contoh soal, namun jenis soal yang ada di buku tersebut masih jenis yang lama. Seperti diketahui 3 tahun belakangan jenis soal yang ada di Tes SKD CPNS banyak mengalami perubahan. Oleh karena itu baiknya belajar juga dari yang update. Salah satu yang bisa dicoba adalah belajar lewat youtube. Yup belajar di youtube selain update juga gratis alias cuma butuh kuota. Nah berdasarkan pengalamanku belajar untuk SKD, ada beberapa channel youtube yang kurekomendasikan sebagai tempat belajar.

1. doseNdeso

Dari namanya saja bisa ketahuan yang buat pak dosen. Channelnya pak dosen ini merupakan salah satu channel yang terkenal buat para pembelajar tes CPNS. Kalau lihat dari riwayat videonya sudah eksis sejak 6 tahun yang lalu tapi baru aktif sejak setahun belakangan. Tapi meski begitu, channel ini paling rajin update info terkini mengenai CPNS. Yang ikut tes CPNS 2019 pasti sangat hafal. Di channel pak dosen juga ada video latihan soal termasuk soal HOTS yang muncul di tes. Terus dibahas juga tips dan trik lulus. Pokoknya sangat lengkap. Aku sendiri juga sering menonton channel ini untuk mengetahui info terbaru CPNS. 

2. PING LIE

Nah selanjutnya yang sangat kurekomendasikan buat yang mau belajar untuk TIU alias yang berbau matematika ada baiknya meninjau channel Ping Lie. Channel ini sudah ada sejak 3 tahun lalu dan sejak 2 tahun belakangan aktif mengupload video seputar pelajaran Matematika beserta trik hitung cepatnya untuk anak SD, SMP, SMA, yang mau ikut UTBK dan untuk yang mau tes SKD CPNS khususnya TIU. Yup tes CPNS 2019 mengalami perubahan besar dimana TIU menjadi 35 soal bukan lagi 30 soal seperti sebelumnya. Meski jenis soal yang diujikan menurutku lebih mudah tapi jumlah soal yang banyak mengharuskan kita tidak hanya bisa mengerjakan soal tapi juga menyelesaikannya dengan waktu yang cukup. Nah di channel PING LIE ada banyak penyelesaian soal secara cepat dan jitu. Untuk tes TIU SKD CPNS 2019 aku banyak menonton channel ini dan terbukti nilai TIU ku cukup tinggi yaitu 160. Yang tertinggi 175 mungkin 3 yang salah adalah bahasa Indonesia ku. Hehe. Aku suka cara menjelaskannya dan emang enak banget buat dicerna. Banyak informasi FR juga. 

3. Fandy AP

Sebelumnya aku nyebutin FR apa sih? FR adalah singkatan dari Field Report alias laporan dari lapangan. Kalau di tes CPNS intinya sih bocoran jenis soal dari yang udah ikutan tes. Soalnya seperti yang aku bilang tes CPNS itu setiap periode bisa berubah jadi kita harus tahu jenis soal apa yang nantinya akan keluar agar bisa mempersiapkan diri dan belajar jadi tidak sia-sia. Nah selain TIU, jenis soal TWK yang ada di CPNS 2019 tuh beda sama CPNS 2018. Jadi aku banyak belajar TWK dari FR. Salah satu yang paling sering kuikuti adalah channel mas Fandi AP. Channel ini baru aktif setahun belakangan juga. Disini banyak video pembelajaran mengenai materi untuk tes TWK terkini beserta contoh soalnya sesuai FR. Nah materi tersebut kemudian kutulis dan kuklipping dengan materi TWK yang sebelumnya kupelajari. Yup meski berubah, tapi ada beberapa hal dalam wawasan kebangsaan yang tetap harus dipelajari seperti sejarah perjuangan kemerdekaan, tata negara, hukum dan undang-undang soalnya bakal tetap ada beberapa nomor soal yang begitu. Intinya kalau TWK mah banyak belajar, membaca, memahami dan menghafal aja. 

4. Wenda Alifulloh

Nah selain Fandi, aku juga banyak belajar TWK dari mas Wenda. Channelnya juga baru aktif setahun belakangan. Aku suka suaranya mas Wenda kalau menjelaskan soalnya ala penyiar radio gitu. Channelnya banyak mengumpulkan FR terkini kemudian dibahas satu persatu. Diakhir video juga ada kata-kata motivasi penyejuk hati dari mas Wenda. 

5. Master Simple

Nah yang terakhir aku rekomendasikan adalah Master Simple. Channel ini juga aktif setahun belakangan dan awalnya banyak membahas mengenai tes olimpiade science. Tapi saat jaman tes CPNS 2019 juga membahas soal-soal HOTS yang muncul. Aku sih cukup suka channelnya soalnya cukup simple sesuai namanya tanpa memperlihatkan identitas. 

Nah itulah 5 channel youtube yang jadi rekomendasiku untuk belajar CPNS. Dari channel-channel tersebut aku belajar setiap hari sebelum tes dibarengi dengan belajar lewat buku persiapan Tes CPNS dari tempat kerjaku dulu. Alhamdulillah nilai SKD ku menjadi salah satu yang tertinggi di instansi yang kudaftar. Tentunya aku sangat berterima kasih sama mentor onlineku. Selain kelima channel ini ada juga beberapa channel lain yang sering dijadikan panutan untuk belajar. Intinya sih perbanyak belajar dan jangan lupa berdoa. 

"It's not going to be easy, but It's going to be worth it"


Ay^^! 


Comments

Popular posts from this blog

Profil Deng Lun

Mumet dengan kerjaan, jadi mau update lagi deh biar fresh. Kali ini aku mau nulis profil salah satu aktor China favoritku. Awalnya mau nulis Yang Yang sih tapi dianggurin aja datanya. Nanti deh. Sekarang soalnya ngebet banget sama si senyum lebar, Deng Lun. Soalnya drama yang dia bintangi tuh oke banget. Ini dia profilnya Nama: Deng Lun Born: October 21 st , 1992 (yes, kami Cuma beda setahun) in Shijiazhuang, Hebei Prov Tinggi: 185 cm Berat: 65 kg Deng Lun merupakan lulusan Shanghai Theatre Academy dan memulai karirnya sejak 2013 dalam Drama TV berjudul “Flowers in Fog” (belum nonton sih) kemudian main di beberapa drama lainnya dan akhirnya karirnya terus menanjak. Aku sendiri jatuh hati sama dia waktu dia main di drama berjudul “Because of Meeting You” yang merupakan drama remake dari drama Korea berjudul “Jang Bo-ri is here”. Di drama ini ia berperan sebagai Li Yunkai, seorang pengacara yang merupakan teman masa kecil tokoh utama perempuan. Perannya yang ceria dan

Itazura na Kiss in all versions

Hajimemashite.. Maaf lagi sok Jepang.. Kali ini aku mau bahas soal salah satu Dorama Jepang yang saking populernya sampe diadaptasi dalam berbagai versi. Eng ing eng.. Itazura na Kiss.. Sudah pada nonton versi apa saja? Tenang aku juga belum nonton semua kok. Tapi bagaimana pun versinya kisahnya Cuma satu yaitu bercerita tentang Seorang cewek SMA yang kurang pintar dari kelas F (disini kelas dibagi berdasarkan kepintaran muridnya dan diurut dari A untuk yang paling pintar hingga F untuk yang paling kurang pintar) bernama Aihara Kotoko yang jatuh cinta dengan orang paling populer di sekolahnya dari kelas A bernama Irie Naoki sejak tahun pertama. Di tahun seniornya, Ia kemudian mengakui perasaannya lewat surat cinta kepada Naoki dan ditolak mentah-mentah dengan alasan Naoki benci gadis bodoh. Pada hari yang sama Kotoko kehilangan rumahnya karena suatu musibah (di setiap serial beda-beda eui musibahnya) dan bersama ayahnya terpaksa menumpang di rumah teman ayahnya yang ternyata adala

Review Cry Me a Sad River

Kali ini mau bahas salah satu film China yang cukup ngena di hati dan bikin ikutan nangis.  Ini dia Profilnya Also known: Bei Shang Ni Liu Cheng He Genres: Friendship, School, Youth, Drama, Melodrama, Tragedy Country: China Release: 30 September 2018 Starring: Ren Min, Xin Yun Lai, Zhao Ying Bo Sinopsis: Yi Yao dan Qi Ming adalah tetangga dan teman masa kecil yang pergi ke kelas yang sama. Murid pindahan Tang Xiao Mi menyukai Qi Ming dan menjadi cemburu dengan hubungan baik Yi Yao dengannya. Dia mengikuti Yi Yao dan menemukan rahasia miliknya. Tang Xiao Mi kemudian menggunakan rahasia ini untuk memulai bullyingnya di sekolah dan semua siswa lain bergabung. Penindasan itu perlahan menghancurkan Yi Yao, sampai Gu Sunxi muncul disampingnya dan membantunya. Namun sebuah tragedi kembali menghancurkan Yi Yao. Comment: #SpoilerAlert Setelah terlalu banyak menonton drama kali ini tertarik nonton film China. Yup, mungkin kita hanya familiar dengan film-film action, kung fu maupun his