Skip to main content

Serba-serbi Postcard

#30HariBercerita
Day 5

Setelah banyak membahas tentang postcrossing.com, kali ini aku mau bahas tentang postcard. Aku sudah beberapa kali cerita kalau aku awalnya tertarik dengan postcard itu waktu liat postingan IG temanku tentang PC favoritnya dan cerita dibaliknya. Padahal aku udah kenal PC sejak lama sih. Kadang kalau beli novel ada hadiah Pcnya, tapi aku taro gitu aja kayak pembatas buku. Trus liat juga senior yang kuliah di luar negeri biasanya ngirim postcard ke temannya tapi yah masih sebatas liat aja belum tertarik. Eh pas udah daftar postcrossing dan KPI malah jadi ikutan koleksi PC.

Meski hanya selembar kertas, tapi ada berbagai jenis PC berdasarkan bentuk, bahan, jenis PC itu sendiri eh sama yang menerbitkan atau membuat PC tersebut. Secara umum ukuran postcard yang dianjurkan adalah 10,5 x 14,8 cm tapi ada juga yang pake 3R (9 cm x 13 cm). Tapi tidak harus selalu seperti itu, karena banyak postcard yang memiliki ukuran lebih kecil atau lebih besar, ada juga yang bentuknya persegi dan shaped postcard yaitu bentuk seperti gambar (kalau gambar peta potongannya kayak peta, kalau gambar bis surat bentuknya juga kayak bis surat).
Shaped Posdcard Burger (Sumber: Pinterest)
Berdasarkan bahan bukan cuma dari kertas sebenarnya karena ada juga wooden and tin postcard serta kadang ada juga yang dirajut (tapi aku belum pernah punya sih selain kertas, buat wooden dan tin sekarang lagi cari-cari soalnya banyak yang nemu di gramedia). Berdasar jenis PC ada yang Maxx Card (yang dikeluarkan oleh cinemaxx dan maxx coffee), ad card (biasanya dibuat untuk promosi, iklan, kampanye suatu perusahaan atau instansi), Maxi Card (dari kata Maximum artinya PC yang prangkonya ditempatkan di sisi gambar kartu dimana gambar PC dan Prangkonya sama, aku belum punya juga) dan ada Handmade yang dibuat dari kotak bekas makanan atau minuman serta kalender bekas dan digunting serta di modifikasi sedemikian rupa sehingga jadi postcard (di postcrossing ada banyak akun yang mencantumkan tidak menerima ad card dan handmade soalnya gak mau kecewa kalau asal bikin aja). 
Maxi Card (Sumber: Pinterest)
 Nah yang nerbitin PC bukan cuma Pos Indonesia tapi mulai banyak yang menerbitkan dengan gambar lebih bervariasi, berwarna dan kreatif. PC terbitan Posindo sendiri ada yang macam-macam, banyak yang bagus juga tapi yang paling ngenes itu yang kertasnya tipis dengan area gambar Cuma ¼ dari kertas (tapi keuntungannya bagian belakang bisa ditulisi semua soalnya prangko dan alamatnya disimpan di depan tapi kertasnya tipis banget, pokoknya sangat tidak disarankan untuk dikirim ke official). Oh iya selain berdasarkan dua hal tadi untuk PC yang akan dikirim biasanya ada 2 jenis W/S atau mint. W/S yang merupakan singkatan dari written and stamp artinya kartu pos tersebut ditulis tangan dan prangko ditempel langsung di kartu pos serta di cap. Sedangkan PC mint artinya PC baru tanpa tulisan yang kalau mau dikirim biasanya dimasukkan ke amplop jadi prangko dan capnya berada di amplop. Aku sih lebih suka W/S soalnya kalau di amplop aku gak simpan amplopnya prangkonya ku buka (Tips cara buka prangko dari teman filatelis adalah bagian yang ditempeli prangko digunting kemudian di rendam sebentar di air sampai prangko terlepas kemudian di keringkan di atas kain).
Dimana beli kartu pos?
Dulu karena tinggal di kota kecil jadi Cuma taunya beli kartu pos di kantor pos, itupun nemunya Cuma yang tipis itu harga 2500 isi 5 alias gopek per lembar (murce boo). Nah pas ke Jakarta udah nemu di gramedia dan periplus harga 3500-5000. Waktu ke kantor pos di kota tua juga nemu PC tua dan bisa beli dengan harga 2000-5000. Katanya sih di loket filateli kantor pos besar banyak seri yang bagus (belum cek, bahkan kantor pusat disini belum). Trus ada anggota KPI yang jual macam-macam PC (aku udah jajan 3x beli PC Postale, prangko receh, PC Borneo Orang Utan Survival yang ukurannya 2x lipat PC biasa, dan share postcard yaitu postcard yang nyambung dengan photocard jadi panjang tapi bisa dipotong kalau mau.. aku beli suju). Pas cek Shopee eh ternyata ada akun postale, lumayan kalau beli langsung soalnya ada bundle PC yang random isi 10 Cuma 28 ribu serta PC satuan 3500 per lembar, buat ke official PC yang dibuat Postale adalah pilihan yang bagus soalnya gambarnya variatif, ada informasi dalam english, trus kertasnya tebal. Trus waktu share postcard Suju ku datang aku suka banget soalnya ada stikernya juga jadi cari-cari yang jual di shopee share postcard gambar lain dan nemu toko yang jual dengan harga dibawah 50 ribu untuk sekotak PC isi 30 (murah bo). Sekarang isi keranjang ku banyak banget wishlist Pcnya. Soalnya tiap cek Shopee ada aja yang bagus. 
Share Postcard, mau beli NCT
Kayaknya baru itu aja sejauh ini yang kutau tentang postcard. Oh iya, meski sebetulnya mengoleksi W/S tapi karena perlu nyetok banyak biar banyak pilihan kalau mau ngirim aku sempat kalap beli PC secara online dan tanpa sadar PC mintku jadi banyak banget sampe bingung kalau mau milih. Tapi bagus juga sih bisa bikin GA di grup, itung-itung berkenalan sambil berbagi. Di bawah ini gambar koleksi PC W/S dan mint-ku (masih dikit kok). Maaf kalau ada info yang kurang tepat soalnya masih baru di dunia filateli dan postcard ini.
 
PC BOS (Mint)
Seabrek PC Postale (Mint)
PC oleh2 dari Luar : Philiphines, China, Russia, Holland, France (Mint)
PC Karnaval, sebungkus isi 5 (Mint)
Ultah pun dikasi PC, Heimlo isi 6 (mint)
Terbitan Posindo (Mint)
Guntingan dari kotak makanan dan kalender bekas (handmade)
Kurang foto stiker, ini printilan kalau mau nulis PC
Koleksi W/S dari Postcrossing dan teman KPI (Plastik dan album beli terpisah)
Kiriman dari Mitapnas (Mint)
Thank you and Happy Postcrossing!
00:18 am
Ay!

Comments

Popular posts from this blog

Profil Deng Lun

Mumet dengan kerjaan, jadi mau update lagi deh biar fresh. Kali ini aku mau nulis profil salah satu aktor China favoritku. Awalnya mau nulis Yang Yang sih tapi dianggurin aja datanya. Nanti deh. Sekarang soalnya ngebet banget sama si senyum lebar, Deng Lun. Soalnya drama yang dia bintangi tuh oke banget. Ini dia profilnya Nama: Deng Lun Born: October 21 st , 1992 (yes, kami Cuma beda setahun) in Shijiazhuang, Hebei Prov Tinggi: 185 cm Berat: 65 kg Deng Lun merupakan lulusan Shanghai Theatre Academy dan memulai karirnya sejak 2013 dalam Drama TV berjudul “Flowers in Fog” (belum nonton sih) kemudian main di beberapa drama lainnya dan akhirnya karirnya terus menanjak. Aku sendiri jatuh hati sama dia waktu dia main di drama berjudul “Because of Meeting You” yang merupakan drama remake dari drama Korea berjudul “Jang Bo-ri is here”. Di drama ini ia berperan sebagai Li Yunkai, seorang pengacara yang merupakan teman masa kecil tokoh utama perempuan. Perannya yang ceria dan

Itazura na Kiss in all versions

Hajimemashite.. Maaf lagi sok Jepang.. Kali ini aku mau bahas soal salah satu Dorama Jepang yang saking populernya sampe diadaptasi dalam berbagai versi. Eng ing eng.. Itazura na Kiss.. Sudah pada nonton versi apa saja? Tenang aku juga belum nonton semua kok. Tapi bagaimana pun versinya kisahnya Cuma satu yaitu bercerita tentang Seorang cewek SMA yang kurang pintar dari kelas F (disini kelas dibagi berdasarkan kepintaran muridnya dan diurut dari A untuk yang paling pintar hingga F untuk yang paling kurang pintar) bernama Aihara Kotoko yang jatuh cinta dengan orang paling populer di sekolahnya dari kelas A bernama Irie Naoki sejak tahun pertama. Di tahun seniornya, Ia kemudian mengakui perasaannya lewat surat cinta kepada Naoki dan ditolak mentah-mentah dengan alasan Naoki benci gadis bodoh. Pada hari yang sama Kotoko kehilangan rumahnya karena suatu musibah (di setiap serial beda-beda eui musibahnya) dan bersama ayahnya terpaksa menumpang di rumah teman ayahnya yang ternyata adala

Review Cry Me a Sad River

Kali ini mau bahas salah satu film China yang cukup ngena di hati dan bikin ikutan nangis.  Ini dia Profilnya Also known: Bei Shang Ni Liu Cheng He Genres: Friendship, School, Youth, Drama, Melodrama, Tragedy Country: China Release: 30 September 2018 Starring: Ren Min, Xin Yun Lai, Zhao Ying Bo Sinopsis: Yi Yao dan Qi Ming adalah tetangga dan teman masa kecil yang pergi ke kelas yang sama. Murid pindahan Tang Xiao Mi menyukai Qi Ming dan menjadi cemburu dengan hubungan baik Yi Yao dengannya. Dia mengikuti Yi Yao dan menemukan rahasia miliknya. Tang Xiao Mi kemudian menggunakan rahasia ini untuk memulai bullyingnya di sekolah dan semua siswa lain bergabung. Penindasan itu perlahan menghancurkan Yi Yao, sampai Gu Sunxi muncul disampingnya dan membantunya. Namun sebuah tragedi kembali menghancurkan Yi Yao. Comment: #SpoilerAlert Setelah terlalu banyak menonton drama kali ini tertarik nonton film China. Yup, mungkin kita hanya familiar dengan film-film action, kung fu maupun his