Skip to main content

Serba - serbi Postcrossing


#30HariBercerita


Day 2

Well, Udah sering banget nyebut postcrossing.com dalam setiap postcard story ku tapi mungkin masih banyak yang belum mengenal situs ini. Jadi kali ini aku bakal berbagi sedikit pengetahuan tentang postcrossing yang kurangkum dalam beberapa poin Q and A.

Apa itu Postcrossing.com?
The goal of this project is to allow anyone to send and receive postcards from all over the world!
The idea is simple: for each postcard you send, you will receive one back from a random postcrosser from somewhere in the world.
Gak usah diartikan yah. Jadi intinya situs ini memudahkan kita untuk bisa berkirim dan menerima postcard dari seluruh dunia dengan sistem random alias diacak.

Bagaimana cara kerja Postcrossing.com?
Gambar dari postcrossing.com sudah jelas banget kan?
Sumber: Postcrossing.com
Sumber: Postcrossing.com
Bagaimana cara daftar postcrossing.com?
Cukup ketik https://www.postcrossing.com/ maka akan muncul tampilan seperti di bawah

Pilih Menu Sign Up untuk membuat akun dan isi form identitas dan alamat

Setelah akunnya jadi, maka akan muncul tampilan seperti di bawah, yang ini contoh dari akunku. 
Selanjutnya untuk mulai mengirim postcard, pilih send a postcard maka akan tampil halaman di bawah, centang kotaknya dan klik “request address” maka akan muncul alamat orang yang akan harus dikirimi postcard. Untuk pemula, ada batas 5 postcard yang bisa diminta alamatnya dan dikirim bersamaan, jumlah ini akan meningkat seiring flow received and sent postcard nantinya. Sekarang aku bisa kirim sampe 9 postcard.

Sedangkan untuk yang sudah menerima postcard bisa memilih “register a postcard” dan akan muncul tampilan di bawah, cari kode negara sesuai yang tertulis di postcard dan ketik nomor Idnya, lalu ketik pesan kesan mengenai postcard tersebut kepada pengirimnya.

Dengan melakukan 2 hal tersebut artinya kita telah melakukan postcrossing, mudah kan?
Bagaimana menuliskan alamat?
Tulislah alamat yang sedetail mungkin dan jangan lupa menuliskan kode pos baik untuk alamat kita maupun dalam menuliskan alamat di PC nantinya.
Bagaimana menuliskan profil? Apa isi profil?
Tidak seperti di media sosial dimana profil terkadang ditulis sesuka-sukanya saja, kadang Cuma satu dua kata, kadang panjang. Kalau di postcrossing kebanyakan postcrosser mengisi profil mereka bukan hanya seputar data diri, tapi juga jenis postcard yang diinginkan dan kadang juga yang tidak diinginkan, ada juga tentang apa yang perlu dituliskan di pesan postcard karena sama halnya dengan prangko, postcard juga sering dibuatkan pameran dan beberapa postcrosser gemar mengoleksi postcard dengan gambar, bentuk dan jenis tertentu.
Bagaimana cara menulis di PC?
Meski masih termasuk surat tapi PC hanyalah selembar kertas jadi setiap areanya sudah terbagi-bagi. Pada umumnya PC memiliki 2 sisi dimana sisi depan adalah gambar, sedangkan sisi belakang terbagi atas area untuk menempel prangko, menulis pesan dan alamat. Kalau buat aku untuk pesan sebaiknya singkat saja dan jangan keluar dari area soalnya nanti membingungkan pak pos jika ingin melihat alamat. Untuk prangko sebaiknya ditempel duluan sebelum menulis alamat dan pesan karena terkadang setelah alamat dan pesan sudah ditulis sebelumnya, ternyata tidak ada cukup tempat untuk prangko yang ukurannya kadang besar kadang kecil. Oh iya untuk yang mengirim PC via Postcrossing jangan lupa menuliskan ID biar nanti kalau PCnya sampai bisa diregister.
Sumber: Freevik
 
Berapa ongkir dalam mengirim PC?
Well sebenarnya PC termasuk kategori “surat pos biasa” jadi tidak memakai ongkir melainkan prangko sebagai pengganti ongkos kirimnya. Sama aja sih soalnya buat beli prangko juga butuh duit sesuai dengan nominal prangko tersebut. Bedanya kalau yang pake ongkir bisa dilacak kalau prangko gak bisa, jadi sabar mamiki’ menunggu.
Untuk tarif mengirim PC masih menggunakan aturan tahun 2013 yaitu ke seluruh Indonesia rata menggunakan prangko 3000, sedangkan keluar negeri dibagi dalam 3 Zona. Asia Pasifik Zona I dan II (seluruh Asia) menggunakan prangko 6000, Asia Pasifik Zona III (Australia dan Oceania), Eropa dan Afrika menggunakan prangko 7000, sedangkan Amerika yang nun jauh disana menggunakan prangko 8000.
Komunitas Postcrossing Indonesia
Atau yang biasa disebut KPI merupakan komunitas resmi yang sudah punya akun juga di postcrossing.com, disini tempat berkumpulnya postcrosser dari seluruh Indonesia. Dimana komunikasi dilakukan via grup di Facebook. Jadi kalau mau gabung bisa cari “Komunitas Postcrossing Indonesia” di Facebook. Grup ini merupakan grup tertutup dengan syarat keanggotaan harus memiliki akun postcrossing terlebih dahulu. Disini kita bisa banyak belajar mengenai serba-serbi postcrossing dan kadang ada meet up di daerah maupun nasional. Di group ini juga bisa saling swap (bertukar) PC antar sesama anggota ataupun mengikuti Giveaway untuk mendapat PC dan benfil lainnya secara gratis.

Well, sekian perkenalan singkat mengenai postcrossing, untuk masalah jenis postcard dan dimana belinya akan aku bahas tersendiri.
Happy and Enjoy Postcrossing!
02:03 am
Ay!

Comments

  1. Replies
    1. Ikuti lah kak, kalau butuh kartu pos saya punya banyak stoknya. Taoi beli sendiri prangkonya

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Profil Deng Lun

Mumet dengan kerjaan, jadi mau update lagi deh biar fresh. Kali ini aku mau nulis profil salah satu aktor China favoritku. Awalnya mau nulis Yang Yang sih tapi dianggurin aja datanya. Nanti deh. Sekarang soalnya ngebet banget sama si senyum lebar, Deng Lun. Soalnya drama yang dia bintangi tuh oke banget. Ini dia profilnya Nama: Deng Lun Born: October 21 st , 1992 (yes, kami Cuma beda setahun) in Shijiazhuang, Hebei Prov Tinggi: 185 cm Berat: 65 kg Deng Lun merupakan lulusan Shanghai Theatre Academy dan memulai karirnya sejak 2013 dalam Drama TV berjudul “Flowers in Fog” (belum nonton sih) kemudian main di beberapa drama lainnya dan akhirnya karirnya terus menanjak. Aku sendiri jatuh hati sama dia waktu dia main di drama berjudul “Because of Meeting You” yang merupakan drama remake dari drama Korea berjudul “Jang Bo-ri is here”. Di drama ini ia berperan sebagai Li Yunkai, seorang pengacara yang merupakan teman masa kecil tokoh utama perempuan. Perannya yang ceria dan

Itazura na Kiss in all versions

Hajimemashite.. Maaf lagi sok Jepang.. Kali ini aku mau bahas soal salah satu Dorama Jepang yang saking populernya sampe diadaptasi dalam berbagai versi. Eng ing eng.. Itazura na Kiss.. Sudah pada nonton versi apa saja? Tenang aku juga belum nonton semua kok. Tapi bagaimana pun versinya kisahnya Cuma satu yaitu bercerita tentang Seorang cewek SMA yang kurang pintar dari kelas F (disini kelas dibagi berdasarkan kepintaran muridnya dan diurut dari A untuk yang paling pintar hingga F untuk yang paling kurang pintar) bernama Aihara Kotoko yang jatuh cinta dengan orang paling populer di sekolahnya dari kelas A bernama Irie Naoki sejak tahun pertama. Di tahun seniornya, Ia kemudian mengakui perasaannya lewat surat cinta kepada Naoki dan ditolak mentah-mentah dengan alasan Naoki benci gadis bodoh. Pada hari yang sama Kotoko kehilangan rumahnya karena suatu musibah (di setiap serial beda-beda eui musibahnya) dan bersama ayahnya terpaksa menumpang di rumah teman ayahnya yang ternyata adala

Review Cry Me a Sad River

Kali ini mau bahas salah satu film China yang cukup ngena di hati dan bikin ikutan nangis.  Ini dia Profilnya Also known: Bei Shang Ni Liu Cheng He Genres: Friendship, School, Youth, Drama, Melodrama, Tragedy Country: China Release: 30 September 2018 Starring: Ren Min, Xin Yun Lai, Zhao Ying Bo Sinopsis: Yi Yao dan Qi Ming adalah tetangga dan teman masa kecil yang pergi ke kelas yang sama. Murid pindahan Tang Xiao Mi menyukai Qi Ming dan menjadi cemburu dengan hubungan baik Yi Yao dengannya. Dia mengikuti Yi Yao dan menemukan rahasia miliknya. Tang Xiao Mi kemudian menggunakan rahasia ini untuk memulai bullyingnya di sekolah dan semua siswa lain bergabung. Penindasan itu perlahan menghancurkan Yi Yao, sampai Gu Sunxi muncul disampingnya dan membantunya. Namun sebuah tragedi kembali menghancurkan Yi Yao. Comment: #SpoilerAlert Setelah terlalu banyak menonton drama kali ini tertarik nonton film China. Yup, mungkin kita hanya familiar dengan film-film action, kung fu maupun his