Skip to main content

Rekomendasi Drama China 2022

Hi, I’m Back. Siapa nih yang kangen sama review drama China-ku? Aku juga kangen. 3 tahun belakangan hidupku lagi terombang-ambing jadi gak bisa nge-review deh. Buat tahun 2022 aku cuma bisa bikin 1 part aja. Meskipun banyak drachin bagus tapi tahun itu aku memang gak terlalu nonton drachin. Agak oleng ke Korea dan Netflix eui. Tapi yang kurekomendasikan disini betul-betul drachin yang menurutku bagus banget-nget. Ini dia listnya.

1.        The Oath of Love

Adapted from Novel “Entrust the Rest of My Live to You” by Bo Lin Shi Jiang.

Genres: Romance, Life, Youth, Drama

Episode: 32

Aired: 15-31 Maret 2022

Starring: Yang Zi, Xiao Zhan, Daisy Li, Zhai Zi Lu

Sinopsis:

Lin Zhi Xiao adalah seorang pemain cello pemula dan junior di jurusan musik di universitasnya. Ia bertekad untuk mencapai mimpinya. Dunianya terhenti ketika ayahnya dirawat di rumah sakit dan didiagnosis menderita kanker. Ia dan ibunya harus menghadapi banyak ketidakpastian. Ia kemudian bertemu Gu Wei, dokter yang bertanggung jawab atas perawatan ayahnya yang sedang mengalami masa sulit. Seiring berjalannya waktu, mereka mulai semakin dekat.

Comment:

Akhirnya drama yang ditunggu tayang juga. Gimana gak nunggu yang main Zhan Ge dan Yang Zi. Kan jarang-jarang Zhan Ge main di drama modern. Yang Zi juga dari dulu emang beruntung banget dapat lawan main top semua. Dulu nonton trailernya aja udah suka banget. Sayangnya beneran harus sabar-sabar nunggunya karena beberapa kali jadwal tayangnya sempat diundur gitu. Dramanya recommended sih soalnya cerita tentang Dokter dan putri pasiennya. Aku juga mau lah kalau dokternya ganteng gini. Ada yang bilang agak flat mungkin karena konfliknya gak banyak. Aku sih suka aja akting keduanya dari dulu udah bagus banget, chemistrynya dapet, jalan ceritanya oke. Pokoknya recommended lah.

2.        Immortal Samsara

Adapted from novel “Chen Xiang Ru Xie” by Su Mo

Genres: Romance, Wuxia, Drama, Fantasy

Episodes: 38 (Part 1), 21 (Part 2)

Aired: 18 Agustus – 2 September 2022

Starring: Yang Zi, Cheng Yi

Sinopsis:

Yan Dan dan saudara kembarnya, Zhi Xi, adalah satu-satunya keturunan suku kuno Teratai Berdaun Empat.  Seluruh keberadaan Yan Dan adalah harta karun berupa obat-obatan.  Dia dan saudara kembarnya Zhi Xi berubah menjadi bentuk manusia satu abad sebelumnya saat menghadiri Pesta Ibu Suri. Namun Yan Dan menghadapi cobaan terbesar dalam hidupnya - cobaan cinta. Jatuh cinta dengan Lord Ying Yuan mengakibatkan dia menyia-nyiakan 900 tahun berikutnya untuk mencoba melupakannya. Harga yang harus dibayar sangat mahal. Sekarang Yu Mo yang suportif memasuki hidupnya, mendorongnya setiap hari untuk melakukan perbuatan baik. Saat menghukum kejahatan, mereka bertemu dengan reinkarnasi Lord Ying Yuan saat ini, Tang Zhou, sang pemburu iblis. Mereka membantu Tang Zhou dalam usahanya menemukan empat artefak kuno, mengungkap rahasia yang lebih misterius. Yan Dan kemudian mendapatkan kembali ingatannya dan menemukan bahwa Ying Yuan adalah orang yang menghapus ingatannya dan mengubahnya menjadi ''roh'' dan mengirimnya ke Alam Fana. Lord Ying Yuan, yang mengambil wujud Manusia sebagai Tang Zhou untuk mencari misteri tentang ''Perang Dewa-Iblis'', hanya membutuhkan satu artefak ilahi lagi untuk memperbaiki kapal surgawinya sehingga ia dapat kembali ke alam Surgawi sebagai Dewa Yang Berdaulat.

Comment:

Setelah Zhan Ge dan Yang Zi terbitlah Cheng Yi dan Yang Zi. Duh Yang Zi menang banyak ini. Mana kali ini genre favoritku yaitu Xianxia. Cheng Yi kalau udah main Xianxia apotek tutup banget. Mana disini dia punya tiga karakter soalnya jadi bapaknya juga. Masih tetap ganteng dan banyak terlukanya. Beneran Prince of spitting blood. Chemistrynya sama Yang Zi juga dapet banget. Pokoknya recommended lah.

3.        Royal Feast

Genres: Food, Historical, Romance, Drama

Episodes: 40

Aired: 22 Februari – 26 Maret 2022

Starring: Xu Kai, Wu Jin Yan

Sinopsis:

Berlatarkan Dinasti Ming pada masa pemerintahan Kaisar Yongle, drama ini menceritakan kisah seorang gadis muda bernama Yao Zi Jin, yang memasuki istana untuk menjadi pelayan di biro makanan. Di istana yang dalam, dia tetap bertekad dan perlahan-lahan meningkatkan kemampuannya sambil menyempurnakan keahliannya, berteman dan menghadapi romansa yang tak terduga pada saat yang sama. Melalui keterikatan romantisnya dengan Zhu Zhan Ji, drama ini juga menampilkan pencapaian sejarah dan kehidupan keluarga dari tiga kaisar terkemuka Dinasti Ming, menggambarkan kuliner kerajaan yang penuh dengan kasih sayang, persahabatan, cinta, dan kemanusiaan keluarga yang kaya.

Comment:

Salah satu drama yang cukup underrated dan gak terlalu digemari khalayak tapi aku suka banget entah kenapa. Yang main Xu Kai dia jadi putra mahkota lalu jadi raja disini. Pasangannya Wu Jin Yan dan cukup banyak yang nganggep mereka gak cocok gitu. Padahal ini termasuk pertemuan kedua mereka di drama setelah Story of Yanzi Palace. Dan jadi pengobat buat yang shipperin mereka karena gak bisa bersama di Yanzi Palace. Aku suka karakter Yao Zi Jin dia bukan tipe female warrior tapi definisi dibalik pria hebat ada perempuan hebat dibelakangnya. Soalnya dia rasional dan berani. Romancenya juga tipis-tipis bukan yang menggebu-gebu. Tapi masih dapet lah chemistrynya. Paling suka sih sama pembuatan dan penyajian makanan kerajaan yang satisfying banget dilihatnya karena disajikan dengan sedemikian rupa. Disini juga ada Wang Churan loh tapi dia dapat karakter jahat. Pokoknya coba nonton deh recommended.

4.        Love Like the Galaxy

Adapted from the novel "Xing Han Can Lan, Xing Shen Zhi Zai"

Genres: Historical, Mistery, Romance, Political

Episodes: 27 (Part 1), 29 (Part 2)

Aired: 5 – 27 Juli 2022 (Part 1), 27 Juli – 18 Agustus 2022 (Part 2)

Starring: Leo Wu, Zhao Lusi

Sinopsis:

Ling Bu Yi, anak angkat Kaisar Wen dan seorang jenderal Tentara Armor Hitam yang berbakat dan kejam. Ia sedang menjalankan misi pribadi untuk mengungkap kebenaran tersembunyi tentang masa lalu, yang telah menyebabkan pembantaian seluruh kota dan klannya. Ia kemudian bertemu Cheng Shao Shang selama misi untuk menangkap buronan di desa pedesaan. Cheng Shao Shang muda ditinggalkan karena orang tuanya pergi berperang. Diabaikan dan tidak berpendidikan, dia telah menjadi duri di pihak bibi dan neneknya sampai orang tuanya kembali secara tak terduga setelah bertahun-tahun berada di garis depan. Karena selalu kekurangan kasih sayang keluarga, Shao Shang telah menantikan untuk bertemu kembali dengan orang tuanya. Namun perpisahan selama bertahun-tahun tak terhindarkan menyebabkan keterasingan. Shao Shang, bagaimanapun, tidak terpengaruh dan bertekad untuk hidup untuk dirinya sendiri, dan sifatnya yang sulit diatur dan berani, serta kecerdasannya, mulai menarik perhatian beberapa orang di ibu kota, termasuk Ling Bu Yi.

Comment:

Setelah sering nonton Wu Lei selalunya jadi anak sekolahan nonton dia jadi Jenderal yang disegani disini auranya malah tumpah-tumpah. Mana dia mainnya sama Zhao Lusi. Aku suka sih jalan ceritanya. Ling Bu Yi yang jadi kejam dan dingin karena diliputi dendam ketemu sama Shao Shang yang kurang kasih sayang orang tua. Lusi cocok buat peran Shao Shang begini yang meskipun terlihat lemah tapi sebenarnya penuh tekad dan berani. Orang tuanya dan raja beserta permasuri dan selirnya juga tipe yang mendukung. Meski awalnya buat Shao Shang canggung dan kadang asing namanya juga gak pernah ketemu. Saudaranya juga baik-baik. Yang jahat Cuma anak-anak raja aja sama keluarga selirnya. Untung Ling Bu Yi tangguh. Pokoknya drama ini sukses bikin Wu Lei namanya diingat di costumed drama.

5.        Lighter and Princess

Adapted from the novel "The Lighter and the Princess’ Gown" by Twentine

Genres: Business, Romance, Youth, Drama

Episodes: 36

Aired: Nov 3, 2022 - Nov 30, 2022

Starring: Chen Fei Yu, Zhang Jing Yi

Sinopsis:

Li Xun adalah seorang ahli pemrograman komputer yang dingin dan penuh perhitungan yang masuk perguruan tinggi sebagai pencetak gol terbanyak ujian masuk perguruan tinggi nasional, membuatnya dikagumi oleh semua teman sekelasnya. Namun, dia tidak tertarik untuk berpartisipasi dalam kegiatan rutin kuliah Anda bersama teman-teman sekelasnya dan memiliki rencana sendiri untuk masa depannya. Pola pikir ini membawanya ke dalam konflik dengan banyak teman satu angkatannya karena ia sering menolak bekerja sama dengan mereka. Zhu Yun, sementara itu, adalah seorang wanita muda yang ramah dan lugu yang baru saja memulai kehidupan kampusnya setelah melakukan semua yang orang tua dan masyarakat harapkan darinya dengan kemampuan terbaiknya. Saat dia bertemu Li Xun, dia merasa berkonflik. Dia khawatir bahwa dia adalah pengaruh yang mengganggu dan kemungkinan pembuat onar, tapi entah bagaimana dia masih merasa tertarik padanya. Meski awalnya terlihat bertengkar, mereka mulai menghargai waktu bersama. Namun ketika sebuah insiden yang mengubah hidup mengancam untuk memisahkan mereka – saat romansa mulai muncul – kasih sayang mereka akan menjalani ujian akhir!

Comment:

Chen Feiyu aku padamu. Suka banget karakter Li Xun yang cuek dan dingin gini. Kayaknya dia bisanya Cuma peduli sama Zhu Yun orang lain yang lewat depannya gak bakal dianggap. Mana Zhu Yun tipikal princess yang dimanja orang tua dan gak pernah ngerasain kerasnya hidup lagi. Wajar aja sih maknya gak setuju apalagi ditengah Li Xun malah masuk penjara dan dia harus melepas Zhu Yun biar gak ikutan hancur sama dia. Mana temannya yang dipercaya malah berhianat. Untungnya segalanya bisa dimulai kembali. Duh aku kok malah ngetik spoiler sih. Haha maaf yah gaes. Pokoknya recommended buat ditonton. Chen Feiyu mengingatkan aku sama karakternya Kris kalau main film. Sayang banget kelakuan bejat Kris menghancurkan karirnya. Padahal filmnya juga bagus-bagus.

6.        New Life Begins

Adapted from the web novel "Qing Chuan Ri Chang" by Duo Mu Mu Duo

Genres: Historical, Comedy, Romance, Life

Episodes: 40

Aired: Nov 10, 2022 - Dec 9, 2022

Starring: Bai Jin Ting, Tian Xi Wei

Sinopsis:

Karena pemilihan pernikahan, gadis-gadis dari seluruh dunia berkumpul di Xin Chuan. Yin Zheng, salah satu dari enam tuan muda Xin Chuan, yang tidak menonjolkan diri, dan Li Wei, yang hanya ingin bekerja keras dan tidak terpilih, hidup nyaman di kampung halaman ini. Mereka tiba-tiba menjalin hubungan, dan, bersama-sama, memulai hidup baru di mana mereka menghadapi berbagai situasi dan saling melengkapi dalam mengatasinya. Saat Yin Zheng mendirikan kantor pemerintahan dan pergi ke pengadilan, keduanya secara bertahap mengembangkan selera yang sama saat hati mereka menjadi selaras. Mereka berbagi tiga kali makan dan empat musim bersama, dan tumbuh bersama saudara dan saudari lainnya dengan kepribadian dan nasib berbeda, menjalani kehidupan sehari-hari yang hangat sebagai keluarga Xin Chuan bersama.

Comment:

Our Captain Xing main kolosal gaes dia jadi tuan muda keenam dan menjalani kehidupan pernikahan yang manis. Kali ini dia sama artis pendatang baru. Tapi lucu sih mereka. Meski di tengah kasian juga pas dia harus nikah lagi. Meski di kerajaan emang biasa punya banyak istri tapi buat orang yang betul saling mencintai itu kayak sakit aja rasanya kalau harus dimadu. Untungnya ternyata istrinya Cuma secara simbol aja gak pake perasaan dan istrinya malah baik loh dia tinggal untuk mengajari selirnya jadi istri yang baik. Biar nanti kalau udah jadi istri sah bisa membantu suaminya. Kisah saudara-saudaranya dan istri-istrinya juga lucu sih.

7.        The Blood of Youth

Adapted from novel “Shao Nian Ge Xin” by Zhou Mu Nan

Genres: Wuxia, Youth, Fantasy

Episode: 40

Aired: 26 Des 2022 – 19 Januari 2023

Original Network: Youku

Starring: Li Hong Yi, Li Xue Yi, Ao Ruifeng, Lin Bo Yang, Flora Dai

Sinopsis:

The Blood of Youth menceritakan tentang perjalanan anak muda di dunia martial art. Kisahnya berawal dari pangeran ke-6 Beili yang diasingkan karena membela pamannya raja Langya, yang diduga melakukan pemberontakan. Statusnya sebagai pangeran diturunkan menjadi rakyat biasa. Setelah bertahun-tahun tidak ada kabar, Xiao Se kembali muncul di  dunia persilatan untuk mengembalikan nama baik pamannya. Bersama Lei Wujie, Sikong Qianluo, Tang Lian, dan Ye Ruoyi, Xiao Se kembali ke ibukota dan menyelidiki politik di istana. Di ibukota inilah konflik sebenarnya dimulai.

Comment:

Hayo ngaku siapa yang awal-awal nonton Li Hongyi malah susah ngebedain sama Cheng Yi? Aku juga sih. Tapi sekarang mereka malah jadi beda banget dimataku. Kalau Cheng Yi cocok banget sama Xianxia sedangkan Li Hongyi cocok banget sama dunia Wuxia alias martial art aka Jianghu. Keduanya favoritku sih kalau udah ngomongin costumed drama. Dan drama ini jadi best dramanya Li Hongyi so far. Kali ini dia jadi pangeran ke 6 dengan karakter sombong dan ngomong gak pake filter. Aku suka sih dan outfitnya juga menyesuaikan. Meskipun awalnya agak terganggu dengan bulu-bulunya tapi lama-lama jadi terbiasa. Justru malah bikin karakter sombongnya lebih dapat. Dramanya lebih menekankan persahabatan meskipun tetap ada romancenya meski setipis tissue udah bisa bikin kita baper. Tapi aku sih berharap diakhir agak banyak. Biar perjuangan Qianluo ada hasilnya.

8.        Who Rules the World

Adapted from the novel "Qie Shi Tian Xia" by Qing Ling Yue

Genres: Romance, Wuxia, Fantasy

Episodes: 40

Aired: Apr 18, 2022 - May 17, 2022

Starring: Yang Yang, Zhao Lu Si

Sinopsis:

Hei Feng Xi tampan dan anggun, sedangkan Bai Feng Xi agung dan tidak terkendali. Hal yang berlawanan menarik karena keduanya tidak ada bandingannya dalam keterampilan dan kecerdasan. Terperangkap dalam peperangan dan kekacauan dunia persilatan dan politik, bunga cinta mulai bermekaran di tengah darah yang telah dikorbankan dalam sepuluh tahun terakhir. Berusaha menyembunyikan identitas mereka, mereka terus-menerus harus berada tiga langkah di depan ketika menghadapi banyak kerusuhan politik, pengkhianatan, pertikaian, dan pertempuran terakhir untuk tahta kekaisaran. Mereka bergandengan tangan, mencari keadilan sambil mencoba menenangkan ketidakpastian yang semakin besar akibat kejahatan yang tak terlihat.

Comment:

Selain Yang Zi, Zhao Lusi juga salah satu aktris yang dapat lawan main oke-oke semua. Kali dia main sama Yang Yang dong. Genrenya Wuxia tapi ada unsur kerajaannya juga. Dan mereka malah jadi Raja dan Ratu di kerajaannya masing-masing. Untungnya tetap bisa sama-sama. Aku suka deh Zhao Lusi disini karena dia cukup tangguh gak jadi gadis manja seperti biasanya. Terus lumayan cocok juga sama Yang Yang. Namanya aja hampir sama loh. Cuman kadang costumnya agak ganggu. Namanya juga kerajaan kalau mau costumed yang cantik emang harus nonton XianXia sih.

9.        Glory of Special Forces

Adapted from the novel "Te Zhan Rong Yao" by Qing Hu Lang

Genres: Action, Military, Youth, Drama

Episodes: 45

Aired: Apr 5, 2022 - Apr 29, 2022

Starring: Yang Yang, Jiang Lu Xia, Meng A Sai, Li Yi Tong

Sinopsis:

Kisah masa depan mengikuti Yan Po Yue, seorang pemuda yang luar biasa dalam segala hal namun tetap menjadi penyendiri yang tidak cocok dengan tim. Setelah selamat dari pelatihan keras dan misi sulit, ia menjadi prajurit sejati yang bertarung bersama rekan-rekannya.

Yan Po Yue berasal dari keluarga tentara. Dengan sesuatu yang ingin dibuktikan kepada ayahnya, dia mendaftar ke sekolah militer pada awal ujian gaokao. Selama pertemuan untuk rekrutan baru, Yan Po Yue memberikan hasil yang luar biasa namun gagal memenangkan hati atasannya. Dia dikirim untuk menjadi bagian dari kru memasak, yang ternyata merupakan tempat yang penuh dengan orang-orang dengan bakat terpendam.

Yan Po Yue mengikuti seleksi pasukan khusus di ketentaraan hanya dengan mempertimbangkan kesuksesannya sendiri. Namun, ia menyadari bahwa ia masih memiliki kekurangan dalam banyak hal dan melalui bantuan rekan-rekannya, ia mulai menjadi prajurit yang selalu ia cita-citakan.

Comment:

Drama Yang Yang lainnya yang menarik untuk ditonton. Fyi, kakakku yang cowok entah kenapa tiba-tiba ngefans sama Yang Yang. Sampai dia nontonin semua dramanya. Kali ini dia jadi anggota pasukan khusus. Kayaknya Yang Yang kalau milih profesi keren-keren mulu. Pas jadi Yu Tu dia jadi arsitek penerbangan. Dan kali ini dia bener-bener melepas karakter cowok lembutnya jadi tentara yang tangguh. Semakin berumur kayaknya Yang Yang juga udah gak mau romance yang menye-menye jadi kali ini romancenya hampir gak ada. Ada sih Li Yi Tong yang jadi AD juga tapi gak gimana-gimana banget. Tapi seru sih recommended.

10.    Love Between Fairy and Devil

Adapted from the novel "Cang Lan Jue" by Jiu Lu Fei Xiang

Genres: Comedy, Romance, Wuxia, Fantasy

Episodes: 36

Aired: Aug 7, 2022 - Aug 29, 2022

Starring: Dylan Wang, Esther Yu, Zhang Linghe

Sinopsis:

Menurut legenda, untuk mendapatkan kekuatan yang mengerikan, Dongfang Qing Cang dari Suku Bulan menjadi monster tanpa emosi. Dia membunuh ayahnya, merebut posisi Moon Supreme dan memimpin 100.000 tentara Suku Bulan di jalur kehancuran. Shuiyuntian (alam peri abadi), Laut Cangyan (Suku Bulan), dan Danau Yunmeng (dunia fana) berada dalam bahaya besar.

Untuk menyelamatkan dunia dan menghentikan Dongfang Qing Cang dan pasukannya, Dewa Perang pertama Shuiyuntian menghancurkan roh primordialnya. Pasukan dan roh primordial Dongfang Qing Cang disegel dan tubuhnya dikurung di Menara Haotian di bawah ikatan abadi Matriks Haotian. Namun, jika roh primordialnya dipulihkan dan Dongfang Qing Cang melepaskan diri dari menaranya, dunia akan berada dalam bahaya sekali lagi. Legenda mengatakan bahwa hanya Dewi Xishan yang dapat mencegah bencana ini, namun dia menghilang tanpa jejak.

30.000 tahun setelah pengorbanan Dewa Perang yang pertama, terjadi gangguan pada Matriks Haotian. Saat mencoba membantu Dewa Perang yang baru memperkuat Matriks, Orchid, peri bunga yang lemah dan berperingkat rendah, secara tidak sengaja menemukan dirinya berada di dalam Menara Haotian dan berhadapan langsung dengan Moon Supreme sendiri. Pertemuan mereka memicu rangkaian peristiwa yang sekali lagi mengancam akan mengubah nasib dunia

Comment:

Buat yang terakhir ini sebenarnya bingung banget mau masukin yang mana soalnya masih banyak banget drachin buat tahun 2022. Tapi pasti pada protes kalau aku gak masukin ini. Jujur aku sebenarnya gak ngefans-ngefans banget sama Dylan Wang. Not my type lah. Hihi para bininya jangan protes yah tergantung selera. Tapi drama ini Xianxia dan bagus banget. Adaptasi novel yang penulisnya juga yang nulis The Legends (favoritku banget). Pemainnya juga bintang semua. Selain Dylan Wang yang jadi Dongfang Qincang juga ada Yu Suxin alias Esther Yu sama Zhang Linghe. Dan aku emang ngefansnya Zhang Linghe. Tapi overall bagus sih cinematografinya keren, kostumnya bagus-bagus. Pokoknya recommended lah.

Itu dia beberapa drama yang kurekomendasikan buat tahun 2022 (jujur nulisnya 2024 peace). Kebanyakan costume drama kayaknya. Soalnya Cuma costumed drama aja yang gak ada yang ngalahin tetap drachin nomor 1 bagiku. Kalau Saeguk atau barat masih belum terlalu nyantol. Next buat 2023 aku bakal bikin 2 atau 3 part. Buat yang ada rekomendasi drachin yang bagus dan terlewat buat kutonton di 2022 ini bisa komen yah.

4 Agustus 2024.

Xiexie, Ay^^!

 

Comments

Popular posts from this blog

Itazura na Kiss in all versions

Hajimemashite.. Maaf lagi sok Jepang.. Kali ini aku mau bahas soal salah satu Dorama Jepang yang saking populernya sampe diadaptasi dalam berbagai versi. Eng ing eng.. Itazura na Kiss.. Sudah pada nonton versi apa saja? Tenang aku juga belum nonton semua kok. Tapi bagaimana pun versinya kisahnya Cuma satu yaitu bercerita tentang Seorang cewek SMA yang kurang pintar dari kelas F (disini kelas dibagi berdasarkan kepintaran muridnya dan diurut dari A untuk yang paling pintar hingga F untuk yang paling kurang pintar) bernama Aihara Kotoko yang jatuh cinta dengan orang paling populer di sekolahnya dari kelas A bernama Irie Naoki sejak tahun pertama. Di tahun seniornya, Ia kemudian mengakui perasaannya lewat surat cinta kepada Naoki dan ditolak mentah-mentah dengan alasan Naoki benci gadis bodoh. Pada hari yang sama Kotoko kehilangan rumahnya karena suatu musibah (di setiap serial beda-beda eui musibahnya) dan bersama ayahnya terpaksa menumpang di rumah teman ayahnya yang ternyata adala

Cheese in the Trap : Drama vs Movie

Note : Spoiler Alert! Jadi buat yang belum nonton, waspadalah. Hehe Akhirnya bisa nonton juga film yang udah ditunggu sejak dulu. Sejak sebel banget sama dramanya yang punya ending gaje. Tentu saja berharap banyak film ini akan menjawab segala kekesalan dengan ending yang lebih jelas, eh gak taunya…. Hiks.

Review Cry Me a Sad River

Kali ini mau bahas salah satu film China yang cukup ngena di hati dan bikin ikutan nangis.  Ini dia Profilnya Also known: Bei Shang Ni Liu Cheng He Genres: Friendship, School, Youth, Drama, Melodrama, Tragedy Country: China Release: 30 September 2018 Starring: Ren Min, Xin Yun Lai, Zhao Ying Bo Sinopsis: Yi Yao dan Qi Ming adalah tetangga dan teman masa kecil yang pergi ke kelas yang sama. Murid pindahan Tang Xiao Mi menyukai Qi Ming dan menjadi cemburu dengan hubungan baik Yi Yao dengannya. Dia mengikuti Yi Yao dan menemukan rahasia miliknya. Tang Xiao Mi kemudian menggunakan rahasia ini untuk memulai bullyingnya di sekolah dan semua siswa lain bergabung. Penindasan itu perlahan menghancurkan Yi Yao, sampai Gu Sunxi muncul disampingnya dan membantunya. Namun sebuah tragedi kembali menghancurkan Yi Yao. Comment: #SpoilerAlert Setelah terlalu banyak menonton drama kali ini tertarik nonton film China. Yup, mungkin kita hanya familiar dengan film-film action, kung fu maupun his