Skip to main content

Portugal



Geografis
Portugal atau yang lebih dikenal dengan nama portugis (Nama Resmi : República Portuguesa) merupakan negara yang dahulunya sangat terkenal dengan penjelajahan samuderanya pada abad ke 15 dan 16 yang dipelopori oleh Vasco da Gama yang kemudian digunakan namanya sebagai nama tempat-tempat di Portugal. serta merupakan salah satu negara kolonial yang cukup besar bersama dengan Spanyol yang disebut Uni Iberia. Negara ini mendirikan kerajaan kolonial pertama dalam lingkup global, dimana negara ini pernah berkuasa di sebagian wilayah Afrika, Asia dan Amerika Selatan.
Negara ini beribukotakan Lisbon yang juga merupakan kota terbesarnya. Negara ini terletak di bagian Barat Daya Eropa dan berbatasan dengan Spanyol disebelah Timur dan Utara serta berbatasan dengan Samudera Atlantik di sebelah Barat. Portugal juga mempunyai daerah di Madeira, Azores dan Kepulauan Selvagens. Portugal mengklaim sebuah daerah kecil bernama Olivença yang dikuasai Spanyol sejak Kongres Wina. Negara ini memiliki luas 92.090 km, Portugal memiliki 18 distrik dan 308 Munisipalitas[1]. Populasi negara ini sebesar 10,566,212 (July 2005). Dimana sebagian besar etnis penduduknya disebut etnis portugis dengan bahasa resmi yaitu bahasa Portugis. Agama yang dianut yaitu Roman Katolik sebanyak 81,0 %, 6,8 % tidak beragama dan sisanya Kristen orthodox, muslim, budha dan lain-lain.


Geo-Politik
Portugal pada abad ke 17 merupakan kerajaan hasil dari pemisahan dengan Spanyol. Sekarang Portugal merupakan negara Republik yang dikepalai oleh Presiden sebagai kepala negara dan menganut sistem pemerintahan parliamentary representative democratic republic dengan perdana menteri sebagai kepala pemerintahannya. Sejak tahun 1975, sistem kepartaian didominasi oleh social democratic Socialist Party dan the liberal conservative Social Democratic Party.
Berdasarkan konstitusi, kekuasaan terbagi tiga yaitu eksekutif, yudikatif dan legislatif. Pemilihan presiden dilakukan setiap lima tahun sekali. Sementara perdana menteri dipilih langsung oleh presiden. Umumnya, perdana menteri merupakan pemimpin dari partai pemenang pemilu. Lembaga Legislatif terdiri atas 230 orang deputi yang mempunyai masa jabatan 4 tahun. Sementara mahkamah terdiri atas Yudisial, Fiscal dan Administratif.
Geo-Ekonomi
Mata uang negara Portugal adalah Euro yang menggantikan mata uang Portugis Escudo. Hal ini menyebabkan Portugal juga masuk ke dalam Eurozone. Pada krisis utang negara Eropa tahun 2008, Portugal menjadi salah satu negara yang terkena dampak paling besar bersama dengan keempat negara lainnya yang dikenal dengan PIIGS[2]. Bank sentral Portugal yaitu Banco de Portugal merupakan bagian dari European system of central bank. Kebanyakan sektor perindustrian dan bisnis terkonsentrasi di Lisbon dan Porto yang merupakan kota metropolitan. Portugal lebih banyak dikenal sebagai kawasan Golf yang paling sering dikunjungi berdasarkan World Travel Award tahun 2012-2013.
Sejak Revolusi Carnation pada 1974 yang menandai berakhirnya ekspansi ekonomi Portugal yang terjadi mulai tahun 1960-an, terjadi perubahan yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Portugal dimana sistem perekonomiannya menjadi sistem ekonomi modern. Sistem ekonomi Portugal kemudian lebih fokus pada ekspor, investasi dan pembangunan sektor-sektor berbasis teknologi tinggi. Hal ini kemudian menggantikan bisnis-bisnis tradisional seperti tekstil dan pakaian. Saat ini Portugal menduduki negara dengan peringkat ekonomi ke 17 di Eropa.
Krisis yang terjadi pada 2007-2008 kemudian menimpa Portugal sejak tahun 2010. Dua bank Portugal yaitu (Banco de Negocios Portugues dan Banco Privado Portugal) menderita kerugian selama bertahun-tahun karena investasi yang buruk, penggelapan dan penipuan. Meski utang luar negerinya lebih sedikit dibandingkan dengan Amerika Serikat, tapi level kemampuan membayar utangnya turun sebanyak 20 % dibanding tahun sebelumnya. Tingkat pengangguran mencapai 10.4 % dari total penduduknya. Akibat dari krisis Portugal, terjadi perpindahan yang cukup besar dari pekerja yang ada di negara ini ke Jerman dan Rusia pada 2012 yaitu sekitar 120.000 orang. Orang-orang yang berpindah ini termasuk pemuda dan pekerja yang berkualitas. Untuk menanggulangi krisis yang terjadi di Portugal, negara ini menerima Bailout tahun 2011 sebesar 78 miliar euro. Namun belum terjadi perubahan yang signifikan. Meskipun telah terjadi perubahan ekonomi namun tingkat pengangguran masih dibawah 15 %.

Daftar Pustaka
http://harvardmagazine.com/2013/07/anatomy-of-the-euro-crisis (Diakses pada 27 April 2014) http://www.nytimes.com/2014/05/06/business/international/bailout-is-over-for-portugal-but-side-effects-will-linger.html?_r=0 (Diakses pada 6 Mei 2014)


[1] suatu entitas administratif yang terdefinisi secara jelas wilayah dan penduduknya, yang umumnya merujuk pada suatu kota atau desa, atau kelompok kecil dari entitas-entitas tersebut. Suatu munisipalitas biasanya diperintah oleh seorang wali kota (mayor) dan suatu dewan kota atau dewan munisipal.
[2]  PIGS sering juga disebut PIIGS dengan memasukkan Irlandia. Di tahun 2010 disebut PIIGGS dengan memasukkan Great Britain (Inggris) yang juga mengalami krisis pada saat itu. (pigs.net)

Comments

Popular posts from this blog

Profil Deng Lun

Mumet dengan kerjaan, jadi mau update lagi deh biar fresh. Kali ini aku mau nulis profil salah satu aktor China favoritku. Awalnya mau nulis Yang Yang sih tapi dianggurin aja datanya. Nanti deh. Sekarang soalnya ngebet banget sama si senyum lebar, Deng Lun. Soalnya drama yang dia bintangi tuh oke banget. Ini dia profilnya Nama: Deng Lun Born: October 21 st , 1992 (yes, kami Cuma beda setahun) in Shijiazhuang, Hebei Prov Tinggi: 185 cm Berat: 65 kg Deng Lun merupakan lulusan Shanghai Theatre Academy dan memulai karirnya sejak 2013 dalam Drama TV berjudul “Flowers in Fog” (belum nonton sih) kemudian main di beberapa drama lainnya dan akhirnya karirnya terus menanjak. Aku sendiri jatuh hati sama dia waktu dia main di drama berjudul “Because of Meeting You” yang merupakan drama remake dari drama Korea berjudul “Jang Bo-ri is here”. Di drama ini ia berperan sebagai Li Yunkai, seorang pengacara yang merupakan teman masa kecil tokoh utama perempuan. Perannya yang ceria dan

Itazura na Kiss in all versions

Hajimemashite.. Maaf lagi sok Jepang.. Kali ini aku mau bahas soal salah satu Dorama Jepang yang saking populernya sampe diadaptasi dalam berbagai versi. Eng ing eng.. Itazura na Kiss.. Sudah pada nonton versi apa saja? Tenang aku juga belum nonton semua kok. Tapi bagaimana pun versinya kisahnya Cuma satu yaitu bercerita tentang Seorang cewek SMA yang kurang pintar dari kelas F (disini kelas dibagi berdasarkan kepintaran muridnya dan diurut dari A untuk yang paling pintar hingga F untuk yang paling kurang pintar) bernama Aihara Kotoko yang jatuh cinta dengan orang paling populer di sekolahnya dari kelas A bernama Irie Naoki sejak tahun pertama. Di tahun seniornya, Ia kemudian mengakui perasaannya lewat surat cinta kepada Naoki dan ditolak mentah-mentah dengan alasan Naoki benci gadis bodoh. Pada hari yang sama Kotoko kehilangan rumahnya karena suatu musibah (di setiap serial beda-beda eui musibahnya) dan bersama ayahnya terpaksa menumpang di rumah teman ayahnya yang ternyata adala

Review Cry Me a Sad River

Kali ini mau bahas salah satu film China yang cukup ngena di hati dan bikin ikutan nangis.  Ini dia Profilnya Also known: Bei Shang Ni Liu Cheng He Genres: Friendship, School, Youth, Drama, Melodrama, Tragedy Country: China Release: 30 September 2018 Starring: Ren Min, Xin Yun Lai, Zhao Ying Bo Sinopsis: Yi Yao dan Qi Ming adalah tetangga dan teman masa kecil yang pergi ke kelas yang sama. Murid pindahan Tang Xiao Mi menyukai Qi Ming dan menjadi cemburu dengan hubungan baik Yi Yao dengannya. Dia mengikuti Yi Yao dan menemukan rahasia miliknya. Tang Xiao Mi kemudian menggunakan rahasia ini untuk memulai bullyingnya di sekolah dan semua siswa lain bergabung. Penindasan itu perlahan menghancurkan Yi Yao, sampai Gu Sunxi muncul disampingnya dan membantunya. Namun sebuah tragedi kembali menghancurkan Yi Yao. Comment: #SpoilerAlert Setelah terlalu banyak menonton drama kali ini tertarik nonton film China. Yup, mungkin kita hanya familiar dengan film-film action, kung fu maupun his