Skip to main content

Take Home Final Mata Kuliah Pasifik Barat Daya

1.             Jelaskan batasan dan sejarah pasifik barat daya yang anda ketahui!
Jawab :
Batasan Pasifik Barat Daya, mengalami perkembangan kedalam 3 fase, yang cukup membingungkan. Pasifik Barat Daya pada tahun 1980-an meliputi Australia, Indonesia, serta negara ASEAN lainnya. Sedangkan Pasifik Selatan lebih merujuk pada negara-negara seperti Fiji, French Polynesia, Guam, Kiribati, New Caledonia, Pulau-Pulau Pasifik Teritorial, Kepulauan Solomon, Tonga, Vanuatu, Samoa Barat, Kepulauan mikronesia, Kepulauan Polinesia lainnya dan Selandia Baru. Istilah untuk menunjukkan letak kawasan Pasifik barat Daya ini, kemudian menjadi berkembang dengan mencaplok wilayah Pasifik Selatan. Pasifik barat daya yang dimaksud terdiri atas negara-negara besar dan negara-negara kecil (dalam arti wilayah) atau negara-negara maju dan negara-negara sedang berkembang (dalam arti ekonomis). Negara besar dalam arti wilayah adalah Australia dan Papua Nugini, sedang negara maju dalam ekonomi adalah Australia dan Selandia Baru. Negara-negara lainnya pada umumnya merupakan negara-negara kecil dan sedang berkembang, serta merupakan negara-negara muda yang bersifat “mini state”. Saat ini untuk penunjukkan kawasan Pasifik Barat Daya berkembang menjadi kawasan yang merujuk ke wilayah Samudera Pasifik, terbentang mulai dari Papua Nugini sebelah barat sampai Kepulauan Pitcairn sebelah timur, berbatasan dengan Indonesia, Australia dan New Zealand.
Kawasan Pasifik Barat Daya atau yang saat ini lebih dikenal dengan nama sebutan Pasifik Selatan merupakan kumpulan Negara-negara yang terletak di Samudera Pasifik. Istilah Pasifik Barat Daya digunakan pada masa Perang Dunia II, dimana kawasan ini dijadikan sebagai tempat uji coba nuklir oleh tentara sekutu (Amerika Serikat), Inggris, dan Negara-negara lain yang menjadi aktor dalam perang tersebut.
Pada awalnya, daerah Pasifik diduduki oleh imigran-imigran dari Asia Tenggara dan Asia yang kemudian dikenal sebagai suku bangsa Melanesia, Mikronesia dan Polinesia. Ini berawal dari 5000 tahun yang lalu. Kemudian dimulailah eksplorasi bangsa eropa dan masa colonial. Orang Eropa pertama yang mendarat di Pasifik adalah kebangsaan Spanyol, disusul Portugis (Ferdinand Magellan) yang sampai pada Tuamotu dan Guam. Selanjutnya adalah Belanda pada abad ke 17. Meskipun para navigator ini yang memberikan pengetahuan mengenai Pasifik tetapi James Cook lah yang berjasa dalam menghubungkan Eropa dengan kawasan ini. Dia kemudian mulai membuat peta dan mempelajari keadaan sekitar. Selama abad ke-19, Perancis, Inggris, Jerman dan AS menjadikan beberapa negara tersebut sebagai rumah yang belum diklaim oleh kekuatan koloni. Kolonisasi membawa peningkatan terhadap perdagangan, dan aktivitas misionari, dan kemudian berkembang sengketa antara orang Barat dan penduduk  asli.
Selama Perang Dunia I, Jepang memperoleh control atas Jerman di mikronesia. Dan setelah Perang Liga Bangsa-bangsa membagi kepemilikan Jerman pada Jepang, Australia dan New Zealand. Perang Dunia II Jepang kembali menjadikan Pasifik sebagai lahan pertempuran dan terlihat untuk memperluas kekaisarannya. Setelah perang, pasifik Barat Daya dilihat sebagai tempat yang bagus dijadikan lahan percobaan nuklir.
2.             Jelaskan kondisi geografis dan demografis pasifik barat daya!
Jawab :
Dari segi geografis, Kawasan ini memiliki wilayah lautan 1/3 wilayah lautan dunia . Kawasan Pasifik Barat Daya sebagian besar terdiri atas Pulau-Pulau yang sangat kecil, berjumlah banyak dan terpisah satu sama lain oleh lautan dengan jarak berjauhan. Zona iklimnya juga berubah-ubah, sehingga mengakibatkan rentannya terhadap bencana alam. Kepulauan ini banyak mengandung kandungan sumber daya alam, Namun sector utama perekonomiannya terdapat pada pertanian, kehutanan, dan perikanan seperti pada Fiji, Cook Island, Solomon Island, Tonga, Vanuatu, Western Samoa, dan Papua Nugini. Mereka juga kaya akan bahan tambang, seperti emas, tembaga, dan nikel.
Sedangkan demografisnya bahwa wilayah ini jumlah penduduknya sangat kecil, terkecuali Papua Nugini. Bahkan ada satu territory yang hanya dihuni oleh 50 orang. Penduduk di Pasifik Barat Daya ini pada umumnya terdiri dari 3 kelompok. Pertama kelompok Melanesia yang mendiami PNG, Kep. Solomon, Vanuatu, Fiji dan New Caledonia. Kedua, kelompok Polinesia yang ada di Tonga, Samoa Barat, Samoa Amerika, Nieu, Cook Island, Tuvalu, Tokelau, Wallis & Futuna, French polinesia, Pitcairn dan Norfolk. Ketiga, kelompok Mikronesia mendiami pulau-pulau seperti Kepulauan Matshall, Nauru, Kiribati, dan Federasi Mikronesia. Sekitar 70% penduduk bekerja dibidang pertaniaan, tetapi produksi pangan tidak/belum memenuhi kebutuhan dalam negeri. Hanya Papua Nugini saja yang dapat memenuhi kebutuhan pangannya sendiri. Kawasan ini memiliki tingkat pengangguran yang tinggi sebagai akibat adanya urbanisasi, terbatasnya fasilitas kesehatan dan  pendidikan.
3.             Jelaskan presentasi anda dengan actor-aktor eksternal dan kondisi organisasi internasional!
Jawab :
Samoa Barat banyak dipengaruhi oleh aktor-aktor eksternal utamanya negara-negara besar Eropa. Beberapa negara tercatat pernah menjajah Samoa Barat. Samoa Barat pertama kali di jelajahi oleh pelaut Belanda kemudian diikuti oleh penjelajah prancis. Pada tahun 1830-an Missioaris Inggris mulai berdagang di Samoa Barat. Kemudian diikuti dengan kedatangan pada 1856. Hal ini kemudian memicu konflik antara Inggris, Amerika dan Jerman hingga akhirnya kerajaan Samoa hancur dan menjadi kerajaan netral di bawah ketiga negara tersebut. Lalu kemudian dalam Samoa Tripartitie Convension akhirnya wilayah Samoa terbagi atas tiga yaitu kepulauan Solomon yang dimiliki oleh Inggris dan kepulauan Samoa yang terbagi menjadi Samoa Amerika di bawah Amerika dan Samoa Barat di bawah Jerman. Pada perang dunia pertama Selandia Baru menduduki wilayah Samoa dan merebut Samoa Barat dari Jerman. Samoa Barat merdeka dari Selandia Baru pada 1 Januari 1962.
Banyaknya negara yang pernah menduduki Samoa Barat memberi pengaruh tersendiri terhadap aspek politik, ekonomi dan Sosial Budaya di Samoa Barat. Meski telah merdekah hingga saat ini Samoa Barat masih bergantung pada Selandia Baru secara ekonomi. Samoa Barat sangat menggantungkan dirinya terhadap bantuan asing dalam hal ini IMF guna membantu proses pembangunan negaranya. Pihak lain yang turut serta memberikan bantuan terhadap Samoa Barat adalah United Nations Development Program (UNDP), Asean Development Bank (ADB), Komisi Ekonomi dan Sosial untuk Asia Pasifik (ESCAP), Food and Agricultural Organization (FAO), United Nations Educational Social and Cultural Organization (UNESCO), United Nation Fund For Population Activities (UNFPA),World Wide Fund for Nature (WWF) .
Samoa Barat tergabung kedalam beberapa organisasi internasional. Samoa Barat menjadi anggota PBB Juli 1997. Samoa Barat juga adalah salah satu pencetus lahirnya organisasi regional South Pacific Forum (SPF). SPF adalah satu-satunya organisasi regional yang terkemuka, yang merupakan pertemuan tahunan para kepala pemerintahan dari negara-negaa merdeka di kawasan Pasifik Selatan. secara resmi organisasi ini dibentuk tahun 1971, namun fondasinya telah diletakkan sejak tahun 1962 sampai tahun 1970, ketika para pemimpin masyarakat Pasifik Selatan telah berusaha untuk mengurangi sifat penjajahan dari SPC (South Pasific Commision ) yang didirikan oleh negara-negara bekas penjajah. Para pemimpin pasifik Selatan sangat kecewa terhadap pihak kolonial yang tidak mengizinkan mereka untuk mendiskusikan masalah-masalah politik yang mereka alami dalam SPC, sementara mereka juga tidak mempunyai kemampuan dan kekuatan untuk mengubah aturan mengenai pelarangan tersebut. kekecawaan tersebut melahirkan sebuah organisasi ekonomi diantara negara/wilayah Pasifik Selatan, yangberada di luar SPC, dan menamakan dirinya sebagai Pacific Island Producers’ Secretariat (PIPS), yang kemudian mengubah namanya menjadi Pasific Island Priducers’ Association (PIPA). Organisasi tersebut dipandang sebagai cikal-bakal SPF. Dari 5-7 Agustus 1971, pertemuan pertama Forum Pasifik Selatan diprakarsai oleh New Zealand dan diselenggarakan di Wellington, dengan petugas dari tujuh negara termasuk Presiden Nauru, Perdana Menteri Samoa Barat, Tonga dan Fiji, Perdana Menteri Cook Island, Menteri Australia Wilayah Eksternal, dan Perdana Menteri Selandia Baru.
Selain itu Samoa Barat juga tergabung dalam organisasi negara-negara pasifik lainnya. Samoa Barat tergabung dalam Pacific Plant Protection Organization (PPPO), The East-West Center (EWC), Forum Fisheries Agency (FFA), Secretariat for the Pacific Community (SPC), Secretariat of the Pacific Regional Environment Programme (SPREP), Pacific Islands Forum (PIF), The Pacific Islands Applied Geoscience Commission (SOPAC), dan South Pacific Board for Educational Assessment (SPBEA)
4.             Apa Makna dari pertemuan kemarin sebenarnya?
Jawab :
Pertemuan pada tanggal 21 Mei adalah pembukaan Konferensi Second General Assembly Centrist Asia Pasific Democrat International (CAPDI) yang diadakan di Hotel Sahid Jaya Makassar. Konferensinya sendiri berlangsung pada 21-22 Mei 2013, dihadiri ratusan peserta dan delegasi dari 20 negara. Di antaranya yaitu 25 anggota resmi CAPDI, 48 orang undangan spesial, 39 rombongan Pemerintahan Kamboja, dan 12 delegasi Filipina, serta utusan dari negara-negara lain seperti Inggris, Spanyol, Kanada dan lain-lain di Asia Pasifik.
CAPDI adalah organisasi non profit yang menekankan kerjasama dalam politik internasional. Pada sidang umum kali ini mengangkat tema 'Mobilizing Governments, Political Parties, and Civil Societies to Jointly Promote Peace and Reconciliation and to Fight Climate Change in Asia'. Pembukaan konferensi dihadiri oleh Jusuf Kalla sebagai ketua CAPDI, menko kesra Agung Laksono dan gubernur Syahrul Yasin Limpo sebagai tuan rumah. Beberapa pemimpin kepala negara yang hadir seperti mantan Presiden Filipina Fidel Ramos, Presiden CAPDI dari Filipina Jose de Venecia, Wakil Presiden Nepal Madhaw Kumar Nepal, Sekjen parlemen Pakistan Senator Mushahid Hussein Sayyid, Wakil Presiden Meksiko Jose Rivera Banuet, dan Wakil Presiden Korea Selatan Hon Chung Eui-yong. Beberapa pemimpin yang hadir memberikan sambutannya terkait tema yang diangkat pada hari itu.
5.             Analisa prospek kerjasama Indonesia dengan Samoa Barat!
Jawab :
Kerjasama Indonesia dan Samoa Barat dijalin pada tahun 1980 dan masih dirangkap perwakilan RI di Wellington, Selandia Baru. 25-28juli 1983 Menteri luar negeri RI, Mochtar Kusumaatmaja melakukan kunjungan untuk menawarkan program KTNB (Kerjasama Teknis Negara Berkembang) Indonesia yang kemudian di sambut positif. 17-28 september 1983 menteri luar negeri Samoa Barat, Lanofa Meti mengunjungi Indonesia dan meninjau Timor Timur serta berbagai proyek pembangunan Bali, Yogyakarta dan Bandung. Hubungan kerjasama RI dengan Samoa Barat antaralain dalam bidang teknik. Program kerjasama Indonesia yakni TCDC ( Technical Among Developing Countries). Bantuan teknik indonesia yang diharapkan oleh Samoa Barat meliputi bidang pertanian, perikanan pembanguan masyarakat desa dan pendidikan bagi calon mualim pelayaran dan penerbangan.
Sejak awal tahun 2006 Kementerian Luar Negeri RI mendirikan Direktorat Kerjasama Teknis untuk melaksanakan berbagai program dimana negara-negara berkembang lainnya dapat meningkatkan kapasitas mereka, menghargai pentingnya persahabatan antar negara, dan memungkinkan masyarakat di seluruh kawasan untuk lebih memahami budaya dan tradisi Indonesia. Salah satu negara yang diajak bekerjasama adalah Samoa Barat khususnya dalam program pelatihan internasional budidaya perikanan air tawar.

Melihat berbagai kerjasama yang telah dilakukan oleh kedua negara, maka bisa dipastikan bahwa kedepannya kedua negara akan bisa lebih meningkatkan lagi kerjasamanya khususnya di bidang perairan dan kelautan karena keduanya adalah negara kepulauan. Indonesia sebagai negara yang lebih maju di bidang perairan dibanding Samoa Barat dapat membantu Samoa Barat dengan memberi pelatihan dan mengirimkan ahli-ahli perikanannya untuk Samoa Barat.

Comments

Popular posts from this blog

Profil Deng Lun

Mumet dengan kerjaan, jadi mau update lagi deh biar fresh. Kali ini aku mau nulis profil salah satu aktor China favoritku. Awalnya mau nulis Yang Yang sih tapi dianggurin aja datanya. Nanti deh. Sekarang soalnya ngebet banget sama si senyum lebar, Deng Lun. Soalnya drama yang dia bintangi tuh oke banget. Ini dia profilnya Nama: Deng Lun Born: October 21 st , 1992 (yes, kami Cuma beda setahun) in Shijiazhuang, Hebei Prov Tinggi: 185 cm Berat: 65 kg Deng Lun merupakan lulusan Shanghai Theatre Academy dan memulai karirnya sejak 2013 dalam Drama TV berjudul “Flowers in Fog” (belum nonton sih) kemudian main di beberapa drama lainnya dan akhirnya karirnya terus menanjak. Aku sendiri jatuh hati sama dia waktu dia main di drama berjudul “Because of Meeting You” yang merupakan drama remake dari drama Korea berjudul “Jang Bo-ri is here”. Di drama ini ia berperan sebagai Li Yunkai, seorang pengacara yang merupakan teman masa kecil tokoh utama perempuan. Perannya yang ceria dan

Itazura na Kiss in all versions

Hajimemashite.. Maaf lagi sok Jepang.. Kali ini aku mau bahas soal salah satu Dorama Jepang yang saking populernya sampe diadaptasi dalam berbagai versi. Eng ing eng.. Itazura na Kiss.. Sudah pada nonton versi apa saja? Tenang aku juga belum nonton semua kok. Tapi bagaimana pun versinya kisahnya Cuma satu yaitu bercerita tentang Seorang cewek SMA yang kurang pintar dari kelas F (disini kelas dibagi berdasarkan kepintaran muridnya dan diurut dari A untuk yang paling pintar hingga F untuk yang paling kurang pintar) bernama Aihara Kotoko yang jatuh cinta dengan orang paling populer di sekolahnya dari kelas A bernama Irie Naoki sejak tahun pertama. Di tahun seniornya, Ia kemudian mengakui perasaannya lewat surat cinta kepada Naoki dan ditolak mentah-mentah dengan alasan Naoki benci gadis bodoh. Pada hari yang sama Kotoko kehilangan rumahnya karena suatu musibah (di setiap serial beda-beda eui musibahnya) dan bersama ayahnya terpaksa menumpang di rumah teman ayahnya yang ternyata adala

Review Cry Me a Sad River

Kali ini mau bahas salah satu film China yang cukup ngena di hati dan bikin ikutan nangis.  Ini dia Profilnya Also known: Bei Shang Ni Liu Cheng He Genres: Friendship, School, Youth, Drama, Melodrama, Tragedy Country: China Release: 30 September 2018 Starring: Ren Min, Xin Yun Lai, Zhao Ying Bo Sinopsis: Yi Yao dan Qi Ming adalah tetangga dan teman masa kecil yang pergi ke kelas yang sama. Murid pindahan Tang Xiao Mi menyukai Qi Ming dan menjadi cemburu dengan hubungan baik Yi Yao dengannya. Dia mengikuti Yi Yao dan menemukan rahasia miliknya. Tang Xiao Mi kemudian menggunakan rahasia ini untuk memulai bullyingnya di sekolah dan semua siswa lain bergabung. Penindasan itu perlahan menghancurkan Yi Yao, sampai Gu Sunxi muncul disampingnya dan membantunya. Namun sebuah tragedi kembali menghancurkan Yi Yao. Comment: #SpoilerAlert Setelah terlalu banyak menonton drama kali ini tertarik nonton film China. Yup, mungkin kita hanya familiar dengan film-film action, kung fu maupun his