Skip to main content

American Gangster

Gang di Amerika Latin
Kawasan Amerika adalah kawasan yang marak akan kekerasan kartel narkoba dan obat terlarang khususnya di Amerika Latin yaitu jalur Meksiko menuju Brasil ataupun sebaliknya dan Honduras menjadi negara paling mematikan di jalur ini. Di negara yang memiliki 8 juta penduduk tercatat bahwa setiap 74 menit terjadi kasus pembunuhan. Universitas Honduras meneliti bahwa terjadi 85 pembunuhan dari 100.000 orang akibat kekerasan geng narkotika di Honduras. San Pedro Sula adalah kota paling kejam di Honduras. kota ini terletak di dekat pantai Atlantik dan berdekatan dengan perbatasan Guatemala berada di jalur kunci perdagangan obat-obatan. Sekitar 90 % pedagang kokain di Amerika Serikat melintasi Amerika Tengah menuju perbatasan Amerika-Meksiko. Hal serupa terjadi di El-salvador dimana terjadi 66 pembunuhan di antara 100.000 penduduk. Di Guatemala ada 41 kasus per 100.000 orang. Sedangkan Meksiko dan Kolombia sudah lama dikenal sebagai basis paling kuat dan subur bagi kartel.
Geng di Amerika Serikat
Geng di Amerika Serikat terbagi atas beberapa tipe grup yaitu Geng Jalanan Nasional, Geng Jalanan Lokal, Geng Penjara, Geng Motor dan Geng Etnis serta Geng Organisasi Kriminal. Geng-geng ini sering terlibat dalam perdagangan narkoba dan senjata, pemalsuan uang, penipuan, pemerasan, dan kasus kekerasan lainnya serta prostitusi. Sekitar 45 % kasus kriminal terjadi karena ulah geng-geng di Amerika.
Sejarah keberadaan geng di Amerika Serikat dimulai pada revolusi Amerika sejak tahun 1780-an. Namun keberadaan geng jalanan ini tidak terlalu mendapat perhatian hingga tahun 1800-an. Geng paling awal banyak di kota New York. Di awal 1800-an, terjadi imigrasi yang besar ke wilayah Utara Amerika yang masuk lewat New York yang berasal dari Inggris, Irlandia dan Jerman. Imigran ini kemudian membentuk geng-geng di area yang disebut Five Points. Adapun geng-geng ini bernama the Smiths's Vly gang, the Bowery Boys, the Broadway Boys, the Sydney Ducks of San Francisco. Keempat geng ini mayoritas berasal dari Irlandia. Sedangkan the Fly Boys and the Longbridge Boys adalah geng kulit hitam yang tinggal di New York. Kebanyakan dari anggota geng ini tidak terlibat dengan aktivitas kriminal dan bekerja sebagai buruh biasa. Geng ini mulai fokus pada aktivitas kriminal sejak tahun 1820-an. Terhitung pada 1855, sekitar 30.000 pria menjadi anggota geng.
Di akhir abad ke 19, setelah perang sipil mulai muncul geng Yahudi dan Cina yang terlibat dalam perdagangan narkoba. Seiring dengan itu muncul pula organisasi kriminal dari Italia yang kemudian menjadi mafia di Amerika. Di awal abad ke 20, terjadi imigrasi dari Eropa seperti Polandia dan Italia yang kemudian menjadi pusat dari geng di Chicago. Geng ini kemudian sangat berpengaruh dalam politik di Chicago. Tahun 1920, beberapa geng menjadi organisasi kriminal seperti Chicago Outfit di bawah Al Capone. Geng-geng ini kemudian saling perang dan mengakibatkan banyaknya anggota geng yang terbunuh.
Di wilayah barat sendiri seperti Los Angeles, kebanyakan didominasi oleh social group seperti Latino dan Chicano yang merupakan imigran Meksiko. Geng-geng ini kemudian fokus dalam mempertahankan wilayah teritorinya masing-masing dan ditandai dengan pembuatan Grafiti untuk menandai wilayah kekuasaannya. Imigrasi yang secara besar-besar terjadi di wilayah Utara Amerika dimana lebih dari 1 juta kulit hitam pindah ke wilayah itu dan kemudian menjadi tanda peningkatan populasi kulit hitam yang berpotensi sebagai anggota geng. Pada 1919 terjadi Chicago Rest Riot dimana geng kulit putih melakukan terror pada komunitas kulit hitam dan membuat meningkatnya geng kulit hitam dengan alasan perlindungan diri.
Geng-geng di Los Angeles sendiri mulai menjadi group berbasis territorial pada 1970an. Dengan dua geng federasi Kulit Hitam yaitu the Bloods dan the Crips. Dimana sebelumnya pada 1960, geng-geng lokal mulai beraliansi dan membentuk federasi. Dua aliansi seperti the Folk Nation dan the People Nation terdiri atas Kulit Putih, Hitam dan Hispanic Gang yang  mengklaim teritori di sekitar Chicago dan kota-kota bagian barat. Salah satu yang paling terkenal adalah Latin Kings yang merupakan basis dari geng Latino yang ada di Chicago.
Meningkatnya bisnis narkoba yang dilakukan oleh geng yang ada di Amerika kemudian member jalan bagi geng untuk membeli senjata yang kemudian digunakan untuk berperang dengan geng lain dan melakukan kekerasan serta melawan polisi. Pada tahun 2008, FBI melaporkan bahwa sekitar 1-2 % dari militer Amerika berafiliasi dengan geng. Untuk menghadapi kasus geng ini sebenarnya sudah ada inisiasi dari pemerintah Amerika dengan bekerja sama dengan FBI dan membuat  Gang Violence and Juvenile Crime Prevention act pada  1998.
Geng-Geng Besar di Amerika Latin dan Amerika Serikat
1.      Aryan Brotherhood (AB/the Brand)
Termasuk salah satu geng penjara dimana geng ini banyak membunuh tahanan di penjara. Meskipun jumlahnya hanya 1 % dari tahanan di seluruh penjara tapi geng ini bertanggung jawan atas pembunuhan 26 % tahanan di seluruh Amerika Serikat. Untuk bergabung dgn AB, seseorang harus membunuh tahanan lainya, hal ini dikenal dengan “Blood in, Blood Out”. Bagi yang ingin keluar akan dibunuh. Geng ini banyak terlibat dalam perdagangan narkoba, prostitusi dan pembunuh bayaran.

2.      EMC (La EME)
The Mexian Mafia (La EME) memiliki markas dan anggota di banyak penjara diseluruh Amerika. Didirikan pada 1950 di California. Memiliki hubunngan dekat dengan AB. La eMe memiliki banyak kontrak dengan gank - gank lain untuk membunuh rival mereka. Salah satu aturan dalam geng ini adalah tidak mengekspos geng. Juga terlibat dalam pembunuhan, prostitusi dan perdagangan narkoba.

3.      Primeiro Comando da Capital (PCC)
Geng Brazil yang didirikan pada tahun 1993 oleh 8 tahanan. Secara keras melawan seluruh perangkat pemerintahan dari stasiun polisi hingga terminal bis. Semenjak tahun 2006 geng ini telah menyerang 300 sarana publik. Setiap anggota harus membayar $27 untuk yang dipenjara, dan $ 270 untuk yang telah bebas. Kebanyakan dari uang tersebut dipakai untuk membeli senjata dan obat. Untuk bergabung dengan geng ini seseorang harus “dikenal” oleh anggota lainya, dan “diterima” sumpah setianya.

4.      Black Guerrilla Family (Black Family, Black Vanguard)
Didirikan tahun 1966 oleh George Jackson di Marin Country. Black guirella family adalah geng yang beranggotakan orang-orang ras afrika-amerika. Geng ini didirikan untuk mengangkat martabat orang ”hitam” di penjara dan berencana menggulingkan pemerintahan Amerika. Hingga hari ini memiliki lebih dari 50.000 anggota, namun banyak dari mereka yang bergabung dengan geng lainya juga. Untuk bergabung syaratnya adalah harus ”hitam” dan diakui dan dipilih oleh anggota yang ada.

5.      La Nuestra Familia
La Nuestra adalah geng tahanan orang amerika-meksiko. Didirikan pada tahun 1968 dan menjadi rival berat dari La EME. Geng ini mempertahankan budaya cichano. Tetua geng menontrol geng dari dalam penjara untuk melakukan kegiatanya. Geng ini dikenal membunuh siapa saja. Anggota geng ini biasanya dikenal menjadi kriminalis berat karena La Nuestra memiliki waktu perekrutan dan orientasi hingga 2 tahun. La Nuestra juga mewajibkan menjunjung tinggi geng diatas keluarga, uang, obat dan wanita. Wanita dilarang bergabung tetapi terkadang digunakan untuk menyalurkan obat.

6.      Texas Syndicate (Texas 7)
Texas Sydicate / Texas 7 (T7) geng yang didirikan sebagai respon terhadap geng geng di California lainya seperti La eMe dan AB, karena geng geng tersebut sangat mengintimidasi, terutama di Texas. Oleh karena itu tahanan di texas membentuk geng untuk pertahanan diri mereka. T7 tidak mengizinkan anggota diluar ras Hispanik. Ras kaukasia paling dilarang dalam T7. Geng ini berisi imigran mexico, bukan orang meksiko yang lahir dan besar di Amerika Serikat. Pada tahun 2000 dilaporkan geng ini beranggotakan 1000 di penjara dan 830 diluar penjara.

7.      The Crips
The Crips didirikan oleh anak berumur 16 tahun Stanley Williams dan Raymond Washington. Geng ini dimulai sebagai geng kecil dan berhubungan dengan geng geng individual lainya. Namun sekarang telah berkembang menjadi salah satu geng terbesar dan terkuat di US. Anggotanya mencapai 300.000 orang. The Crips dikenal menggunakan warna biru. Rival berat mereka adalah Bloods dan geng geng hispanik. Geng ini terkenal sangat brutal dan kasar, biasa berkelahi dengan geng lain maupun sesama anggota dan berakhir dengan kematian anggota.

8.      Mara Salvatrucha (MS-13)
Mara Salvatrucha adalah sebuah geng kriminal transnasional yang dibentuk di Los Angeles dan telah menyebar ke bagian lain dari Amerika Serikat, Kanada, Meksiko, dan Amerika Tengah.  Sebagian besar anggota geng ini adalah etnis dari Amerika Tengah dan aktif di daerah perkotaan dan pinggiran kota. Anggota MS mempunyai ciri khas tato yang meliputi tubuh dan juga sering serta menggunakan bahasa isyarat sendiri. Mereka terkenal karena penggunaan kekerasannya yang sangat kejam. Geng ini didirikan pada tahun 1980 oleh imigran El Salvador di lingkungan Uni Pico yang berimigrasi ke Amerika Serikat setelah perang sipil Amerika Tengah tahun 1980-an.
Awalnya, tujuan utama geng ini adalah untuk melindungi imigran El Salvador dari geng lain yang jauh lebih mapan di  lingkungan Uni Pico yang terutama terdiri dari Meksiko-Amerika (alias Chicanos) dan sampai batas yang jauh lebih kecil geng Afrika-Amerika di pinggiran lingkungan. Banyak anggota geng Mara Salvatrucha dari daerah Los Angeles telah dideportasi setelah ditangkap. Sebagai hasil dari deportasi, anggota MS telah merekrut anggota lebih banyak di negara asal mereka. Los Angeles Times berpendapat bahwa kebijakan deportasi telah memberi kontribusi pada ukuran dan pengaruh geng baik di Amerika Serikat dan di Amerika Tengah.  Geng ini diperkirakan memiliki 30.000 sampai 50.000 anggota asosiasi di seluruh dunia, 8.000 hingga 10.000 di antaranya berada di Amerika Serikat. Dalam beberapa tahun terakhir geng telah diperluas menjadi area Washington DC , khususnya di daerah Langley Park dan Takoma Park dekat perbatasan Washington telah menjadi pusat kegiatan geng MS.
9.      Mexico Mafia

Meksiko Mafia adalah geng penjara yang sangat kuat di Amerika Serikat. Ini dimulai pada akhir 1950-an dan untuk melindungi tahanan terhadap narapidana lain dan dari para petugas. Geng ini juga telah terlibat dalam pemerasan dan perdagangan narkoba. Mereka memiliki sekitar 30.000 anggota di seluruh Amerika Serikat. Para anggota geng kadang-kadang olahraga tato dengan desain umum yang merupakan simbol nasional Meksiko dengan lingkaran menyala dan menyeberangi pisau. Dikatakan bahwa ada anggota penjara 150 yang mempunyai wewenang untuk perintah pembunuhan dan 2000 asosiasi yang akan menjalankan perintah ini. Mereka memaksa gerombolan dan dealer untuk membayar pajak perlindungan dan mereka yang menolak akan dibunuh.

Comments

Popular posts from this blog

Profil Deng Lun

Mumet dengan kerjaan, jadi mau update lagi deh biar fresh. Kali ini aku mau nulis profil salah satu aktor China favoritku. Awalnya mau nulis Yang Yang sih tapi dianggurin aja datanya. Nanti deh. Sekarang soalnya ngebet banget sama si senyum lebar, Deng Lun. Soalnya drama yang dia bintangi tuh oke banget. Ini dia profilnya Nama: Deng Lun Born: October 21 st , 1992 (yes, kami Cuma beda setahun) in Shijiazhuang, Hebei Prov Tinggi: 185 cm Berat: 65 kg Deng Lun merupakan lulusan Shanghai Theatre Academy dan memulai karirnya sejak 2013 dalam Drama TV berjudul “Flowers in Fog” (belum nonton sih) kemudian main di beberapa drama lainnya dan akhirnya karirnya terus menanjak. Aku sendiri jatuh hati sama dia waktu dia main di drama berjudul “Because of Meeting You” yang merupakan drama remake dari drama Korea berjudul “Jang Bo-ri is here”. Di drama ini ia berperan sebagai Li Yunkai, seorang pengacara yang merupakan teman masa kecil tokoh utama perempuan. Perannya yang ceria dan

Itazura na Kiss in all versions

Hajimemashite.. Maaf lagi sok Jepang.. Kali ini aku mau bahas soal salah satu Dorama Jepang yang saking populernya sampe diadaptasi dalam berbagai versi. Eng ing eng.. Itazura na Kiss.. Sudah pada nonton versi apa saja? Tenang aku juga belum nonton semua kok. Tapi bagaimana pun versinya kisahnya Cuma satu yaitu bercerita tentang Seorang cewek SMA yang kurang pintar dari kelas F (disini kelas dibagi berdasarkan kepintaran muridnya dan diurut dari A untuk yang paling pintar hingga F untuk yang paling kurang pintar) bernama Aihara Kotoko yang jatuh cinta dengan orang paling populer di sekolahnya dari kelas A bernama Irie Naoki sejak tahun pertama. Di tahun seniornya, Ia kemudian mengakui perasaannya lewat surat cinta kepada Naoki dan ditolak mentah-mentah dengan alasan Naoki benci gadis bodoh. Pada hari yang sama Kotoko kehilangan rumahnya karena suatu musibah (di setiap serial beda-beda eui musibahnya) dan bersama ayahnya terpaksa menumpang di rumah teman ayahnya yang ternyata adala

Review Cry Me a Sad River

Kali ini mau bahas salah satu film China yang cukup ngena di hati dan bikin ikutan nangis.  Ini dia Profilnya Also known: Bei Shang Ni Liu Cheng He Genres: Friendship, School, Youth, Drama, Melodrama, Tragedy Country: China Release: 30 September 2018 Starring: Ren Min, Xin Yun Lai, Zhao Ying Bo Sinopsis: Yi Yao dan Qi Ming adalah tetangga dan teman masa kecil yang pergi ke kelas yang sama. Murid pindahan Tang Xiao Mi menyukai Qi Ming dan menjadi cemburu dengan hubungan baik Yi Yao dengannya. Dia mengikuti Yi Yao dan menemukan rahasia miliknya. Tang Xiao Mi kemudian menggunakan rahasia ini untuk memulai bullyingnya di sekolah dan semua siswa lain bergabung. Penindasan itu perlahan menghancurkan Yi Yao, sampai Gu Sunxi muncul disampingnya dan membantunya. Namun sebuah tragedi kembali menghancurkan Yi Yao. Comment: #SpoilerAlert Setelah terlalu banyak menonton drama kali ini tertarik nonton film China. Yup, mungkin kita hanya familiar dengan film-film action, kung fu maupun his