Skip to main content

Menjadi NCTzen, Memahami NCT? Part 1


Tulisan kali ini dibuat untuk menguraikan diagram penuh alur mengenai NCT dan anggotanya yang memiliki banyak unit yang berbeda dan bisa berubah. Salah satu konsep baru untuk boyband di bawah naungan SM entertainment, meski sebelumnya Super Junior dan EXO juga memiliki sub unit masing-masing. Untuk pertama kalinya juga aku menyukai boyband bahkan sebelum mereka terbentuk. Mari mengenal mereka yuk.
NCT atau Neo Culture Technology merupakan boyband dibawah naungan SM Entertainment. Berbeda dengan boyband atau girlband yang dikeluarkan SM sebelumnya, NCT mempunyai konsep yang cukup unik yaitu anggotanya tidak terbatas dan memiliki beberapa sub unit yang akan berbasis di berbagai negara. Anggota NCT sebelumnya diperkenalkan lewat SM Rookies yaitu tim predebut yang dibentuk sejak 2013. Anggota ini ditandai dengan sebutan SR13/14/15/16/17B untuk trainee laki-laki dan SR13/14/15/16/17G untuk trainee perempuan (berlaku untuk anggota Red Velvet yang juga diperkenalkan lewat SM Rookies). Beberapa anggota bergabung dengan agensi melalui SM Global Audition dan beberapa anggota lainnya berasal dari perekrutan jalanan, rekomendasi pribadi dan acara hiburan komunitas.

Unit pertama NCT yang kemudian debut adalah NCT U (U mengacu pada United) pada 16 April 2016. NCT U memiliki konsep fleksibel dimana anggotanya bisa berganti sesuai dengan konsep. NCT U merilis single digital berjudul The 7th Sense yang dinyanyikan Taeyong, Doyoung, Ten, Jaehyun, dan Mark serta Without You yang dibuat dua versi yaitu versi Korea yang dinyanyikan Taeil, Doyoung, dan Jaehyun. Sedangkan versi mandarin dinyanyikan ketiganya bersama Kun dari SM Rookies. Sebelumnya pada 9 April 2016 NCT U membuat penampilan siaran pertamanya dengan judul On Air NCT Show- NCT Life di Naver V Live.
 
NCT U - The 7th Sense
Unit kedua yang debut adalah NCT 127 yang berbasis di Seoul, Korea Selatan yang diperkenalkan pada 1 Juli 2016. 127 sendiri diambil dari titik koordinat bujur kota Seoul. Unit ini terdiri dari 7 anggota yaitu Taeil, Taeyong, Yuta, Jaehyun, WinWin, Mark dan Haechan. Pada 7 Juli, mereka mengadakan penampilan debut mereka pada program musik M Countdown, dengan menampilkan singel debut "Fire Truck" dan "Once Again". Mereka kemudian merilis album mini debut berjudul NCT #127 secara digital pada 9 Juli 2019 dan secara fisik pada 11 Juli 2019. Pada 20 Desember, NCT 127 merilis video musik untuk “Switch” yang juga menampilkan aggota grup pelatihan SM yaitu SR15B. 
NCT 127 - Fire Truck
NCT 127 ft SR15B - Switch
NCT 127 ft SR15B - Switch
Unit ketiga yang debut adalah NCT Dream yang terdiri atas para remaja berusia belasan tahun . Mereka terdiri dari Mark, Haechan, Jaeming, Jeno, Renjun, Chenle dan Jisung. Unit ini melakukan debutnya pada 25 Agustus 2019 dengan single “Chewing Gum”. Mark lulus dari grup ini pada 31 Desember 2018 karena usianya telah menanjak 20 tahun
NCT Dream - Chewing Gum
Pada tahun 2018, NCT membuat project yang menampilkan seluruh member NCT dari setiap unit serta menambah tiga anggota baru yaitu Kun, Jungwoo dan Lucas. Dengan total 18 anggota, mereka membawakan lagu “Black on Black” dengan nama NCT 2018. Pada 14 Maret 2018, NCT merilis album pertamanya, NCT 2018 Empathy yang menampilkan seluruh unit NCT yang sedang aktif.
NCT 2018
Unit keempat yang berbasis di Tiongkok direncanakan akan debut pada pertengahan 2018. Namun hal ini mundur hingga awal tahun 2019. Unit ini tidak disebut NCT China melainkan WayV. Tapi fans tetap percaya mereka adalah bagian dari NCT. Anggotanya sendiri terdiri dari Kun, Ten, Lucas dan WinWin yang telah debut sebelumnya ditambah Xiaojun, Hendery dan Yang Yang. WayV dikelola dibawah naungan Label V, sebuah label Tiongkok yang bekerja sama dengan SM Entertainment. Unit ini debut secara resmi pada 17 Januari 2019 dengan menyanyikan versi Mandarin dari “Regular” oleh NCT 127. Mini album pertama mereka yang berjudul “Take Off” rilis pada 9 Mei 2019.
WayV
Unit berikutnya yang diharapkan debut di Jepang, Thailand, Vietnam dan Indonesia. SM sendiri berencana membuat sub unit baru lima tahun yang akan datang yang para membernya berasal dari Amerika dengan nama NCT Holliwood. 

Album Studio
NCT 2018 - NCT 2018 Empathy (2018)
NCT 127 – Regular-Irregular (2018)

Album Mini
NCT 127
1.      NCT #127 (2016)
2.      Limitless (2017)
3.      Cherry Bomb (2017)
4.      Chain (2018)
5.      We are Superhuman (2019)
NCT Dream
1.      We Young (2017)
2.      We Go Up (2018)
3.      We Boom (2019)
WayV
1.      Take Off (2019)

Cr: Wikipedia
Udah bisa daftar gak nih?

Comments

Popular posts from this blog

Profil Deng Lun

Mumet dengan kerjaan, jadi mau update lagi deh biar fresh. Kali ini aku mau nulis profil salah satu aktor China favoritku. Awalnya mau nulis Yang Yang sih tapi dianggurin aja datanya. Nanti deh. Sekarang soalnya ngebet banget sama si senyum lebar, Deng Lun. Soalnya drama yang dia bintangi tuh oke banget. Ini dia profilnya Nama: Deng Lun Born: October 21 st , 1992 (yes, kami Cuma beda setahun) in Shijiazhuang, Hebei Prov Tinggi: 185 cm Berat: 65 kg Deng Lun merupakan lulusan Shanghai Theatre Academy dan memulai karirnya sejak 2013 dalam Drama TV berjudul “Flowers in Fog” (belum nonton sih) kemudian main di beberapa drama lainnya dan akhirnya karirnya terus menanjak. Aku sendiri jatuh hati sama dia waktu dia main di drama berjudul “Because of Meeting You” yang merupakan drama remake dari drama Korea berjudul “Jang Bo-ri is here”. Di drama ini ia berperan sebagai Li Yunkai, seorang pengacara yang merupakan teman masa kecil tokoh utama perempuan. Perannya yang ceria dan

Itazura na Kiss in all versions

Hajimemashite.. Maaf lagi sok Jepang.. Kali ini aku mau bahas soal salah satu Dorama Jepang yang saking populernya sampe diadaptasi dalam berbagai versi. Eng ing eng.. Itazura na Kiss.. Sudah pada nonton versi apa saja? Tenang aku juga belum nonton semua kok. Tapi bagaimana pun versinya kisahnya Cuma satu yaitu bercerita tentang Seorang cewek SMA yang kurang pintar dari kelas F (disini kelas dibagi berdasarkan kepintaran muridnya dan diurut dari A untuk yang paling pintar hingga F untuk yang paling kurang pintar) bernama Aihara Kotoko yang jatuh cinta dengan orang paling populer di sekolahnya dari kelas A bernama Irie Naoki sejak tahun pertama. Di tahun seniornya, Ia kemudian mengakui perasaannya lewat surat cinta kepada Naoki dan ditolak mentah-mentah dengan alasan Naoki benci gadis bodoh. Pada hari yang sama Kotoko kehilangan rumahnya karena suatu musibah (di setiap serial beda-beda eui musibahnya) dan bersama ayahnya terpaksa menumpang di rumah teman ayahnya yang ternyata adala

Review Cry Me a Sad River

Kali ini mau bahas salah satu film China yang cukup ngena di hati dan bikin ikutan nangis.  Ini dia Profilnya Also known: Bei Shang Ni Liu Cheng He Genres: Friendship, School, Youth, Drama, Melodrama, Tragedy Country: China Release: 30 September 2018 Starring: Ren Min, Xin Yun Lai, Zhao Ying Bo Sinopsis: Yi Yao dan Qi Ming adalah tetangga dan teman masa kecil yang pergi ke kelas yang sama. Murid pindahan Tang Xiao Mi menyukai Qi Ming dan menjadi cemburu dengan hubungan baik Yi Yao dengannya. Dia mengikuti Yi Yao dan menemukan rahasia miliknya. Tang Xiao Mi kemudian menggunakan rahasia ini untuk memulai bullyingnya di sekolah dan semua siswa lain bergabung. Penindasan itu perlahan menghancurkan Yi Yao, sampai Gu Sunxi muncul disampingnya dan membantunya. Namun sebuah tragedi kembali menghancurkan Yi Yao. Comment: #SpoilerAlert Setelah terlalu banyak menonton drama kali ini tertarik nonton film China. Yup, mungkin kita hanya familiar dengan film-film action, kung fu maupun his