Skip to main content

My Most Favorite Korean Drama


Annyeonghaseyo Yeorobun!!!
Kali ini mau berbagi soal drakor favoritku sampai saat ini. Jujur, I’m more into Kpop than Drakor. Tapi ada kalau ada yang bagus aku nonton juga. Kategori favoritku ini berdasarkan drakor yang menurutku bagus dan suka ku rewatch kalau lagi kangen. Genrenya sendiri macem-macem meski kebanyakan romance juga. Mungkin list-ku bukan drakor yang paling populer tapi itulah aku punya selera sendiri.

1.        Sassy Girl Chun Hyang


Director: Jeon Ki-Sang, Ji Byeong-Hyeon
Writer: Hong Jung-Eun, Hong Mi-Ran
Assistant Director: Lee Eung-Bok
Network: KBS2
Episodes: 17
Release Date: January 2 - March 1, 2005
Starring: Han Chae Young, Jae Hee

Sinopsis:
"Sassy Girl, Chun-hyang" terinspirasi dari "Legend of Chun-hyang." Cerita dimulai ketika Lee Mong-ryong dipindahkan dari Seoul ke sebuah sekolah menengah di Namwon, Provinsi Jeolla Utara. Karena sesuatu hal mereka kemudian menikah. Tapi Mong-ryong menyukai Chae-rin yang lebih tua darinya. Sedangkan Chun-hyang disukai oleh Byeon Hak Do yang merupakan CEO sebuah perusahaan entertainment. Keduanya kemudian berpisah dan bertemu lagi saat sudah dewasa.

Comment:
Yup, inilah drama pertama yang kusuka. Chun hyang-nya cantik banget. Terus ceritanya unik karena mereka harus menikah padahal masih SMA. Aku suka hubungan love hate-nya Chun Hyang sama Mong Ryong. Tapi jengkel banget sama si paman yang terobsesi sama Chun Hyang dan Chae Rin yang suka ganggu hubungan keduanya. Pokoknya recommended abislah.

2.        Princess Hours

Director: Hwang In-Roe, Kim Do-Hyung
Writer: In Eun-A, Park So-Hee (comic)
Network: MBC
Episodes: 24
Release Date: January 11 - March 30, 2006
Starring: Yoon Eun Hye, Ju Ji-Hoon

Sinopsis:
Chae-gyeong adalah siswa sekolah menengah seni biasa. Suatu hari, dia mendengar berita yang sama sekali tidak terduga bahwa, berdasarkan kehendak kakeknya, dia harus menikahi Putra Mahkota Lee Shin yang bersekolah di sekolah yang sama dengannya. Meski menolak, Chae-gyeong terpaksa menerima perjodohan itu dan menikahi Shin karena keluarganya terbelit utang. Ketika dia berjuang untuk menyesuaikan diri dengan tata krama dan aturan kerajaan sebagai putri mahkota, sepupu Shin yaitu Yul kembali dari Inggris dan berniat untuk merebut tahta. Ia kemudian jatuh cinta pada Chae gyeong sedangkan Lee Shin sudah punya seseorang yang ia sukai yaitu Hyorin.

Comment:
Ini juga salah satu drakor paling populer di jamannya. Diangkat dari komik berjudul Goong dan aku udah baca komiknya. Aku suka bagaimana cerianya Chae Gyeong yang harus bersuamikan Shin yang dingin. Kisahnya kayak cinderella versi modern gitu. Kita bisa melihat bagaimana sistem monarki mencoba bertahan di kehidupan modern. Meskipun sebenarnya saat ini Korea sudah jadi negara demokrasi. Yoon Eun Hye merupakan salah satu favoritku. Sayangnya sekarang aku kurang suka soalnya dia udah berubah banget.

3.        East of Eden
Director: Kim Jin-Man, Ashbun
Assistant Director: Jung Dae-Yoon
Writer: Na Yeon-Suk, Lee Hong-Koo
Network: MBC
Episodes: 56
Release Date: August 25, 2008 - March 10, 2009
Starring: Song Seung Heon, Lee Da Hae, Lee Yeon Hee

Sinopsis:
Bercerita tentang dua kakak beradik Lee Dong Cheol dan Lee Dong Wook yang berniat untuk membalas dendam atas kematian ayah mereka. Namun, berbagai masalah menerpa kehidupan mereka. Dong Cheol dan Dong Wook terpisah lama hingga akhirnya bertemu kembali dengan profesi masing-masing. Sebuah rahasia besar mengenai keduanya kemudian terkuak dan membuat hubungan mereka renggang.

Comment:
Sebuah drama yang menurutku bagus tapi underrated banget. Mungkin karena waktu itu tayangnya bersamaan sama The Heirs yang jadi lebih populer. Ini salah satu drakor terpanjang yang kunonton. Biasanya kan drama korea Cuma 16, 20 sampai 24 episode. Tapi aku betah nontonnya. Dulu nontonnya di TV namanya channel LBS yang menayangkan drama korea. Saking sukanya nonton aku bahkan sampai rebutan remot sama bapakku. Aku suka lihat bagaimana perjuangan Dong Cheol yang diperankan Song Seung Hoon dan kisah cintanya sama Lee Yeon Hee yang anak pemilik kasino besar. Meski endingnya dia harus mati sih. Drama ini banyak intriknya dan bikin aku paling benci sama sosok Kim Tae Hwan dan Lee Dong Wook. Disini juga bertabur bintang soalnya ada Park Hae Jin yang jadi Shin Myung Hoon.

4.        Dream High
Director: Lee Eung-Bok
Writer: Park Hye-Ryun
Network: KBS2
Episodes: 16
Release Date: January 3 - February 28, 2011
Starring: Kim Soo Hyun, Bae Suzy, Taecyeon, Ham Eun Jung, Woyoong, IU

Sinopsis:
"Dream High" mengambil latar di Sekolah Tinggi Seni Kirin dan bercerita mengenai kehidupan para siswa yang berjuang untuk menjadi superstar.

Comment:
Ini merupakan drama pertama yang kunonton maraton dan selesai sehari semalam aja. Aku nontonnya di laptop kakakku pake kaset dvd bajakan (maafkan dosaku) yang dibeli di MTC. Maklum dulu tuh internet belum lancar jadi kalau mau nonton drakor musti tunggu tayang di TV atau beli dvd bajakannya. Nah dvd-nya juga macem-macem. Yang agak murah Cuma sekeping udah berisi full episode tapi biasanya kualitasnya jelek, ada yang gak bisa terputarlah, sub jeleklah. Yang agak mahal berisi 3 sampai 6 keping dvd yang per kepingnya berisi beberapa episode aja. Nah pas nonton Dream High jadi ketagihan. Soalnya banyak sesi nyanyinya kayak High School Musical. Suara penyanyinya juga bagus-bagus. Disini pertama kali kenal Suzy dan Iu. Saking terkenalnya ni drama, flashmob dengan musik Dream High langsung banyak yang ikutin.

5.        Heartstring
Director: Pyo Min-Soo, Lee Min-Cheol
Writer: Lee Myung-Sook
Network: MBC
Episodes: 15
Release Date: June 29 - August 18, 2011
Starring: Park Shin Hye, Jung Yong Hwa

Sinopsis:
Kyu-Won (Park Shin-Hye) adalah gadis yang cerdas dan pemain gayageum yang sangat terampil. Dia berkuliah di departemen musik tradisional Korea. Kyu-Won juga berasal dari keluarga yang memiliki salah satu dari tiga penyanyi pansori terbaik di dunia. Shin (Jung Yong-Hwa) adalah seorang pemuda yang dingin dan pendiam namun merupakan gitaris yang sangat terampil. Dia berkuliah di departemen musik terapan. Mereka datang dari latar belakang keluarga yang berbeda dan berdebat, tetapi kemudian mulai menyukai satu sama lain.

Comment:
Drama ini soundtracknya juara. Unik juga ceritanya tentang musik tradisional vs modern. Park Shin Hye termasuk multitalent banget suaranya bagus juga. Disini juga pertama kali kenal CN Blue soalnya drummernya main juga. Baru ngeh kalau di korea ada band juga gak Cuma bertabur boyband doang. Dan Yong Hwa tuh termasuk salah satu vokalis yang paling bagus soalnya gak pernah lip sync dan selalu total kalau tampil. Liat aja di Party People, Blackpink aja nge fans loh. Di drama ini juga mulai ngeh kalau baju pemeran utama di drakor tuh sengaja dibikin senada setiap scene-nya. Kayak warnanya sama, modelnya sama pokoknya jodohlah.

6.        Cheese in the Trap
Director: Lee Yoon-Jung
Writer: Soon Ggi (original comic), Kim Nam-Hee
Network: tvN
Episodes: 16
Release Date: January 4 - March 1, 2016
Starring: Park Hae Jin, Kim Go Eun
Sinopsis:
Drama menggambarkan hubungan yang rapuh antara mahasiswa perempuan Hong Seol (Kim Go-Eun) dan seniornya Yoo Jung (Park Hae-Jin). Hong-Seol bekerja paruh waktu karena latar belakang keluarganya yang buruk. Yoo Jung tampan, mendapat nilai bagus, atletis dan memiliki kepribadian yang baik, tetapi ia memiliki sisi gelap.
Comment:
Sebenarnya aku udah pernah bikin tulisan yang menyatakan bagaimana kecewanya aku dengan ending drama ini yang gaje. Tapi tetep susah move on dari charmingnya Yoo jung seonbae. Dulu saking sukanya jadi belajar nonton streaming. Dan emang bagian episode awal-awal sampai tengah drama ini tuh manis banget. Sunbae kelihatan care banget sama Seol dan mereka juga selalu pake baju senada gitu. Cuman karena dramanya tayang duluan sebelum webtoon-nya selesai, makanya jadi gantung. Sempat dibikin versi movienya pas 2018 tapi sama aja, malah Cuma cerita bagian awal. Terus pemainnya ganti semua kecuali Park Hae Jin.
7.        Signal
Director: Kim Won-Suk
Writer: Kim Eun-Hee
Network: tvN
Episodes: 16
Release Date: January 22 - March 12, 2016
Starring: Lee Je Hoon, Kim Hye Soo, Cho Jin Woong
Sinopsis:
Hae-Young (Lee Je-Hoon) bekerja sebagai profiler kriminal dan juga seorang letnan polisi. Meskipun dia seorang polisi, dia tidak percaya pada polisi karena pengalaman masa lalunya sendiri. Kembali pada tahun 2000, ketika Hae-Young berada di sekolah dasar, teman sekelasnya Yoon-Jung diculik dan kemudian ditemukan tewas. Hae-Young melihat seorang wanita mengambil Yoon-Jung dari sekolah hari itu, tetapi polisi mengumumkan bahwa tersangka adalah seorang pria. Hae-Young bahkan pergi ke kantor polisi dan mengatakan kepada petugas polisi bahwa dia melihat penculik dan dia adalah seorang wanita. Namun petugas polisi tidak memperhatikannya. Pembunuhnya tidak pernah ditangkap dan kasusnya masih belum terpecahkan hingga hari ini.
Hae-Young bertemu dengan seorang reporter di sebuah kafe untuk mengungkapkan keributan tentang skandal selebriti. Sementara itu, detektif veteran Soo-Hyun (Kim Hye-Soo) berada di kafe mengawasi pertemuan, tidak menyadari bahwa Hae-Young adalah seorang polisi. Dia menangkap Hae-Young karena menguntit selebriti. Saat meninggalkan kantor polisi (kantor polisi yang sama ketika dia masih kecil), Hae-Young mendengar seseorang berbicara dengannya. Dia melihat sekeliling untuk menemukan walkie-talkie. Pria yang berbicara dengan Hae-Young adalah Detektif Jae-Han (Cho Jin-Woong). Detektif itu berasal dari tahun 2000 dan dia sedang menyelidiki hilangnya teman sekolah dasar Hae-Young. Hae-Young dan Detektif Jae-Han mulai berkomunikasi melalui walkie-talkie.
Comment:
Kali ini genre detektif trus ada campuran fantasynya. Tapi pembunuhannya diangkat dari kisah nyata. Disini aku pertama kali nonton Lee Je Hoon dan jatuh cinta sama dia. Unsur romancenya dikit banget tapi bagus juga karena jadi fokus sama bagian misteri dan detektifnya. Banyak belajar juga mengenai pekerjaan profiller.
8.        Weightlifting Fairy Kim Bok Joo
Director: Oh Hyun-Jong
Writer: Yang Hee-Seung
Network: MBC
Episodes: 16
Release Date: November 16, 2016 - January 11, 2017
Starring: Lee Sung Kyung, Nam Joo Hyuk
Sinopsis:
Kim Bok-Joo (Lee Sung-Kyung) adalah atlet angkat besi wanita perguruan tinggi yang menjanjikan. Ayahnya mengelola sebuah restoran ayam kecil dan pamannya ingin menjadi seorang aktor. Dia memiliki kepribadian yang cerah dan rasa keadilan yang kuat. Kim Bok-Joo dan teman-temannya di tim angkat besi wanita tidak populer di kalangan pria dan mereka tidak punya pacar. Tim angkat besi dan tim senam ritmis juga selalu cekcok.
Sementara itu, Jung Joon-Hyung (Nam Joo-Hyuk) adalah seorang perenang perguruan tinggi yang mengalami banyak diskualifikasi awal yang salah. Dia berusia 21 tahun dan memiliki semangat bebas. Paman dan bibinya membesarkannya bersama sepupunya Jung Jae-Yi (Lee Jae-Yoon).
Suatu hari di kampus, Kim Bok-Joo menabrak Jung Joon-Hyung saat dia mengendarai sepedanya. Wajahnya terlihat akrab bagi Jung Joon-Hyung. Setelah dia pergi, Kim Bok-Joo mengambil sapu tangan yang ditinggalkan oleh Jung Joon-Hyung. Saputangan itu sangat penting baginya dan dia mulai mencarinya. Kim Bok-Joo yang menemukan saputangan tersebut kemudian membersihkan dan menyetrika saputangan. Dia pergi ke kolam renang sekolah dan memberikan kembali saputangan milik Joon Hyung dan malah dimarahi karena mencuci saputangan tersebut. Kim Bok-Joo kemudian jatuh ke kolam renang dan Jung Joon-Hyung melompat ke kolam untuk menyelamatkannya. Pada saat itu, Kim Bok-Joo dan Jung Joon-Hyung menyadari di mana mereka telah saling bertemu sebelumnya. Ketika mereka berdua adalah anak-anak, Kim Bok-Joo menyelamatkan hidup Jung Joon-Hyung dengan menangkapnya sebelum dia jatuh ke tanah.
Comment:
Favorit couple ever baik di drama maupun di dunia nyata, NamLee couple aka swag couple. Mereka sempat cinlok di drama ini dan gak lama malah putus. Tapi sampai sekarang semua fans masih belum move on dan berharap mereka balikan. Aku suka akting Lee Sung Kyung disini soalnya dia bela-belain naikin berat badan biar bisa sesuai karakter Bok Joo yang atlet angkat besi, padahal doi model loh. Terus chemistry-nya emang dapet banget sama Nam Joo Hyuk. Dulu paling suka liat ig pantengin ig buat liat interaksi keduanya. Sebenarnya mereka berdua udah pernah main bareng di drama Cheese in the Trap tapi bukan sebagai pasangan, soalnya Nam Joo Hyuk jadi teman Seol sedangkan LSK jadi gadis manja yang suka sama Yoo Jung. 
9.        Tomorrow With You

Director: Yoo Je-Won
Writer: Heo Sung-Hye
Network: tvN
Episodes: 16
Release Date: February 3 - March 25, 2017
Starring: Shin Min Ah, Lee Je Hoon
Sinopsis:
Drama mengisahkan tentang seorang penjelajah waktu dan istrinya.
Comment:
Salah satu drama fantasy-romance yang bagus banget menurutku tapi termasuk underrated juga. gak ngerti aku selera Knets kayak apa. Aku suka chemistry Shin Min Ah dan Lee Je Hoon. Terus bagaimana mereka saling care. Dan beda dengan W yang agak gaje dan kurang logis yang ini endingnya cukup fair dan logis buatku. Pokoknya recommended lah.
10.    Dr. Romantic II
Director: Yu In-Sik
Writer: Kang Eun-Kyung
Network: SBS
Episodes: 16
Release Date: January 6 - February 25, 2020
Starring: Han Suk Kyu, Ahn Hyo Seop, Lee Sung Kyung
Sinopsis:
Boo Yong-Joo (Han Suk-Kyu) menyebut dirinya Dr. Romantis dan disebut Guru Kim. Dia adalah dokter aneh yang tidak mau bersosialisasi dengan orang lain. Boo Yong-Joo menjalankan klinik lusuh Doldam.
Comment:
Ini merupakan drama kedokteran yang paling kusuka. Pengetahuan kedokterannya dapet, romance-nya juga dapet banget. Aku udah nonton season I nya dan suka terus pas nonton season 2-nya tambah suka. Soalnya yang jadi pasangan dokter mudanya favoritku yaitu Lee Sung Kyung dan Ahn Hyo Seop. Lee Sung Kyung pernah juga main drama kedokteran berjudul “Doctors” bareng Park Shin Hye, tapi disitu dia jadi pemeran pendukung dan antagonis. Makanya aku senang sekarang dia main lagi dan jadi pemeran utama. Terus Ahn Hyo Seop udah aku suka banget waktu main di drama Queen of the Ring. Pas mereka berdua dipasangin di drama ini banyak yang komen Ahn Hyo Seop mirip banget sama Nam Joo Hyuk. Emang sih ada mirip-miripnya soalnya sama-sama tinggi, bentuk muka hampir sama dan model rambut juga. tapi aku masih bisa bedain dan keduanya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Selain keduanya aku juga suka Kim Sabu yang amat bijak dan Park Eun Taek sang perawat idola. Yang jadi Park Eun Taek adalah Kim Min Jae yang pernah berperan jadi Goblin versi muda. Doi juga aktor multitalent soalnya bisa nyanyi, ngerap dan dance juga. Tapi itulah korea, kebanyakan Cuma fokus di satu atau dua profesi saja, selebihnya Cuma jadi hobi. Gak kayak di Indonesia, udah aktor masih aja coba nyanyi, terus jadi presenter juga dan maksa jadi pelawak, sekarang jadi youtuber dan punya banyak bisnis. Contohnya banyak gak usah disebutin. Pokoknya drama ini recommended banget, banyak penjelasan tentang hal-hal yang berbau kedokteran jadi yang mau jadi dokter tapi gak kesampaian bisa belajar. Hehe. Terus banyak banget pelajaran hidup dan quotes-quotes bijaknya.

Yup, itu dia semua drakor favoritku. Ada yang samaan gak?

Terima kasih sudah membaca
Ay^^!

Comments

Popular posts from this blog

Profil Deng Lun

Mumet dengan kerjaan, jadi mau update lagi deh biar fresh. Kali ini aku mau nulis profil salah satu aktor China favoritku. Awalnya mau nulis Yang Yang sih tapi dianggurin aja datanya. Nanti deh. Sekarang soalnya ngebet banget sama si senyum lebar, Deng Lun. Soalnya drama yang dia bintangi tuh oke banget. Ini dia profilnya Nama: Deng Lun Born: October 21 st , 1992 (yes, kami Cuma beda setahun) in Shijiazhuang, Hebei Prov Tinggi: 185 cm Berat: 65 kg Deng Lun merupakan lulusan Shanghai Theatre Academy dan memulai karirnya sejak 2013 dalam Drama TV berjudul “Flowers in Fog” (belum nonton sih) kemudian main di beberapa drama lainnya dan akhirnya karirnya terus menanjak. Aku sendiri jatuh hati sama dia waktu dia main di drama berjudul “Because of Meeting You” yang merupakan drama remake dari drama Korea berjudul “Jang Bo-ri is here”. Di drama ini ia berperan sebagai Li Yunkai, seorang pengacara yang merupakan teman masa kecil tokoh utama perempuan. Perannya yang ceria dan

Itazura na Kiss in all versions

Hajimemashite.. Maaf lagi sok Jepang.. Kali ini aku mau bahas soal salah satu Dorama Jepang yang saking populernya sampe diadaptasi dalam berbagai versi. Eng ing eng.. Itazura na Kiss.. Sudah pada nonton versi apa saja? Tenang aku juga belum nonton semua kok. Tapi bagaimana pun versinya kisahnya Cuma satu yaitu bercerita tentang Seorang cewek SMA yang kurang pintar dari kelas F (disini kelas dibagi berdasarkan kepintaran muridnya dan diurut dari A untuk yang paling pintar hingga F untuk yang paling kurang pintar) bernama Aihara Kotoko yang jatuh cinta dengan orang paling populer di sekolahnya dari kelas A bernama Irie Naoki sejak tahun pertama. Di tahun seniornya, Ia kemudian mengakui perasaannya lewat surat cinta kepada Naoki dan ditolak mentah-mentah dengan alasan Naoki benci gadis bodoh. Pada hari yang sama Kotoko kehilangan rumahnya karena suatu musibah (di setiap serial beda-beda eui musibahnya) dan bersama ayahnya terpaksa menumpang di rumah teman ayahnya yang ternyata adala

Review Cry Me a Sad River

Kali ini mau bahas salah satu film China yang cukup ngena di hati dan bikin ikutan nangis.  Ini dia Profilnya Also known: Bei Shang Ni Liu Cheng He Genres: Friendship, School, Youth, Drama, Melodrama, Tragedy Country: China Release: 30 September 2018 Starring: Ren Min, Xin Yun Lai, Zhao Ying Bo Sinopsis: Yi Yao dan Qi Ming adalah tetangga dan teman masa kecil yang pergi ke kelas yang sama. Murid pindahan Tang Xiao Mi menyukai Qi Ming dan menjadi cemburu dengan hubungan baik Yi Yao dengannya. Dia mengikuti Yi Yao dan menemukan rahasia miliknya. Tang Xiao Mi kemudian menggunakan rahasia ini untuk memulai bullyingnya di sekolah dan semua siswa lain bergabung. Penindasan itu perlahan menghancurkan Yi Yao, sampai Gu Sunxi muncul disampingnya dan membantunya. Namun sebuah tragedi kembali menghancurkan Yi Yao. Comment: #SpoilerAlert Setelah terlalu banyak menonton drama kali ini tertarik nonton film China. Yup, mungkin kita hanya familiar dengan film-film action, kung fu maupun his