Skip to main content

Rekomendasi Drama China-Taiwan 2020

Masih terjebak di kampung orang karena Covid-19. Udah greget banget mau nulis tapi gak bawa laptop. Akhirnya coba nulis dari HP dan lewat aplikasi notepad. Maaf kalau kurang rapih. Yup, 2020 benar-benar tahun yang penuh kejutan. Untuk pertama kalinya semua orang diseluruh dunia terpengaruh sama sesuatu yang bahkan tidak bisa dilihat dengan mata. Semoga bencana ini segera berlalu. Untuk mengisi keseharian selama stay di rumah aja, aku update lagi rekomendasi drama. Mungkin karena Corona, jadi drama yang tayang selama triwulan pertama 2020 tidak banyak. Tapi mulai April malah membludak. Aku sendiri bingung nonton yang mana dulu. Semoga bagus-bagus dan bisa bikin banyak part.

Ini dia listnya yang sudah kunonton dan kurekomendasikan.

1. Dr. Cutie

Genre: Historikal, Romance, Comedy
Episode: 28
Country: China
Starring: Sun Qian, Huang Junjie

Sinopsis:
Tian Qi adalah seorang dokter di akademi kedokteran kekaisaran, tetapi secara tidak sengaja dipindahkan ke rumah keluarga Shi. Di sana, dia bertemu dengan jenderal yang dingin bernama Ji Heng. Serangkaian insiden membuat ia dan Ji Heng mulai jatuh cinta setelah Ji Heng menemukan bahwa Tian Qi adalah seorang gadis. Namun, Tian Qi akhirnya mengetahui bahwa Ji Heng adalah orang yang memerintahkan eksekusi keluarganya.

Comment:
Di drama ini baru ngeh betapa gantengnya Huang Junjie. Soalnya cuma lihat doi di film Love the Way You Are jadi senior. Eh gak taunya pas nonton drama ini suka banget dan nganggep Sun Qian terlalu beruntung dan gak cocok buat bersanding dengannya. Tapi lama-lama akting Sun Qian oke juga sih. Drama ini komedinya dapet, romance nya dapet. Pokoknya recommended lah. Soalnya gak terlalu berat sebagai costume drama. Meski banyak salah paham tapi cepat selesainya. Gak perlu ada pemeran utama yang mati dulu kayak Xianxia. Hehe

2. Unique Lady

Genre: Historical, Romance
Episode: 24
Starring: Zheng Qiu Hong, Simon Gong

Sinopsis:
Lin Luojing bepergian ke masa lalu di mana dia adalah putri perdana menteri. Untuk kembali ke dunianya, ia harus menemukan cinta sejatinya. Dia bertemu semua jenis pria tampan dengan kepribadian berbeda. Di antara mereka adalah dewa pedang, pengawal kekaisaran, seorang pria kaya yang suka main-main dan seorang pangeran yang sombong.

Comment:
Awalnya gak tertarik nonton drama ini karena kesannya males aja 1 cewek dikelilingi banyak cogan. Kan iri. Eh pas nonton gak taunya lumayan bagus. Aku suka karakter Simon Gong yang dingin, cocok buat dia. Sayangnya agak terganggu sama baju dan style nya, kurang cocok. 

3. Sweet Taichi

Genre: Youth, Sport, Romance
Episode: 24
Starring: Sun Qian, Bi Wen Jun

Sinopsis:
Feng Piao Piao tidak sengaja menyelamatkan teman sekelas Wei Chu dengan Tai chi yang dipelajari dari kakeknya, dia menyadari bahwa keterampilannya jauh lebih maju daripada yang dia pikirkan. Sejak saat itu, hidupnya menjadi terjerat dengan kehidupan Wei Chu dan Tai chi. Namun karena kakeknya pernah mengkhianati klan Tai-chi-nya, dia harus terus-menerus memilih apakah akan menggunakan keahliannya untuk menyelamatkan nyawa dengan risiko identitas mereka terungkap.

Comment:
Kali ini beneran jealous sama Sun Qian yang lagi-lagi dapet lawan main gantengnya gak ketulungan. Taichi yang biasanya identik dengan dunia orang tua kok bisa jadi keren gini yah. Salut banget sih sama China yang menjunjung tinggi nasionalisme jadi bahkan bela diri tradisionalnya dijadiin drama. Udah gitu dikemas dengan kehidupan anak muda, mana pemerannya ganteng-ganteng lagi. Aku suka Wei Chu, aku suka drama ini. 

4. Eternal Love of Dream

Also known as: Three Lives, Three Worlds, The Pillow Book
Genre: Adventure, Historical, Romance, Fantasy, Supernatural
Episode: 
Starring: Dilraba Dilmurat, Vengo Gao

Sinopsis:
Suatu hari, saat mencari budidaya di pegunungan, Feng Jiu, putri rubah ekor sembilan dari Qing Qiu diserang oleh binatang buas. Terperangkap dalam situasi genting, Feng Jiu diselamatkan oleh kemunculan tiba-tiba kaisar Dong Hua. Sebagai rasa terima kasih, Feng Jiu menemani Dong Hua dalam upayanya untuk melawan raja langit yang memberontak. Saat keduanya menghabiskan lebih banyak waktu bersama, Feng Jiu mulai menyadari rasa terima kasihnya terhadap Dong Hua perlahan berubah menjadi cinta. Sayangnya untuknya, Dong Hua sudah lama melupakan apa itu cinta tetapi itu tidak berarti semua harapan hilang. Semua orang tahu bahwa hati yang paling dingin pun dapat mencair seiring waktu, tetapi akankah kehidupan yang tak terhitung jumlahnya benar-benar cukup untuk menyatukan kedua hati ini?

Comment:
Drama ini merupakan sekuel dari drama Eternal Love, Ten Miles Peach Blossom. Kali ini fokus sama kisah percintaan Feng Jiu dan Dong Hua. Lanjutan dari waktu Feng Jiu diangkat jadi ratu Qing Qiu menggantikan Bai Qian. Eh ada Yang Mi jadi cameo, trus ada sedikit scene Bai Qian pake baju pengantin. Sayangnya gak ada Ye Hua. Jujur sih aku masih lebih suka kisah cinta Bai Qian dan Ye Hua, soalnya Feng Jiu sama Dong Hua emang udah kayak bumi dan langit sih. Umur mereka juga beda jauh banget, aku sampe susah bayanginnya. Tapi akhirnya kunonton mulai dari episode pas Bai Qian datang dan ceritanya lumayan sih. Aku suka saat Feng Jiu dan Dong Hua saling usil.

5. Well Intended Love 2

Genre: Romance, Comedy
Episode: 16
Starring: Xu Kai Cheng, Wang Shuang

Sinopsis: 
Xia Lin adalah seorang aktris yang bercita-cita tinggi dan bekerja keras untuk mimpinya. Di sebuah jamuan makan, dia bertemu CEO kaya Ling Yizhou dan memiliki rumor kencan dengannya. Untuk mempertahankan karirnya, Xia Lin ingin Ling Yizhou menjelaskan hubungan mereka. Namun, Ling Yizhou memberi tahu Xia Lin bahwa cara terbaik untuk menghentikan rumor negatif adalah dengan mengumumkan pertunangan palsu mereka. Keduanya berpura-pura menjadi pasangan, dan perlahan jatuh cinta satu sama lain. Mereka juga bekerja sama untuk mengatasi konspirasi dan kesulitan yang dilemparkan pada mereka, dan menyelesaikan kesalahpahaman. Akhirnya, pasangan itu mengakui perasaan mereka yang sebenarnya dan menikah

Comment:
Awalnya kupikir yang ini bakal jadi lanjutan drama pertama, gak taunya ceritanya diulang dari awal pertemuan Xia Lin dan Ling Yizhou. Jadi seolah mereka ada di dimensi dunia berbeda gitu. Mereka tetap orang yang sama tapi peristiwanya beda. Ceritanya ketebak sih, tapi aku suka aja kisah ringan kayak gini.

6. Skate into Love

Genre: Romance, Sport, Youth
Episode: 40
Starring: Janice Wu, Steven Zhang

Sinopsis:
Seorang gadis speed skating bertemu dengan dewa hoki es di sekolah mereka. Meskipun memulai dengan banyak kesalahpahaman, mereka memulai perjalanan untuk mengejar impian mereka.

Comment:
Awalnya tertarik dengan drama ini karena liat sinopsisnya kayaknya keren gitu, apalagi yang main Janice Wu biasanya doi dramanya bagus-bagus. Gak nyangka pas nonton ada bebeb Deng Lun jadi cameo. Apalagi munculnya gak sambil lalu aja, tapi di beberapa episode dan banyak ngasih petuah. Terus posternya yang terpampang di koridor. Ah sukaaa. Ditambah lagi dia pake nama Xu Feng, sama dengan karakter yang dia perankan di Ashes of Love. Jadi kangen dewa api ku, eh di drama ini dia malah jadi Ice God soalnya legenda hoki es. Tapi sebenarnya drama juga bagus banget sih. Aku suka bagaimana drama ini memperlihatkan semua jenis olahraga skating seperti hoki es, speed skating bahkan figure skating. Kayaknya emang buat menghargai atlet-atlet es China yang menang di olimpiade musim dingin. Nonton drama kayak gini nambah banyak banget pengetahuan dan makin salut bagaimana nasionalisme dibangun lewat drama. Banyak slice of life nya pula. Aku suka kata terakhirnya "mimpi tidak bersinar, yang bersinar adalah kamu yang mengejar mimpi itu". Pokoknya recommended.

7.Forget You, Remember Love ep 12

Genre: Romance, Comedy
Episode: 36
Starring: Xing Fei, Jin Ze

Sinopsis:
Shan Junhao kehilangan ingatannya karena kecelakaan, dan mengalami perubahan kepribadian dari CEO yang dingin dan sombong menjadi pria yang lembut dan hangat. Di pulau laut yang indah, ia bertemu dengan gadis desa Ye Qianyu, dan keduanya jatuh cinta. Namun setelah mengetahui identitas aslinya, Ye Qianyu jatuh ke dalam dilema. Setelah memulihkan ingatannya, Shan Junhao kembali ke dirinya yang dulu dan melupakan Ye Qianyu-nya. Ye Qianyu sekarang harus fokus pada rekonstruksi pulau laut, serta menemukan kembali kekasihnya yang hilang

Comment:
Drama ini cukup menarik karena mengambil latar bidang pariwisata. Jadi banyak masalah pengembangan pariwisata alam dan pariwisata modern seperti perhotelan. Tambah pengetahuan lagi dong. Aku suka karakter Junhao waktu jadi CEO dibanding waktu hilang ingatan. 

8. Novoland: Castle in the Sky 2

Genre: Historical, Fantasy, Romance
Episode: 34
Starring: Xu Zheng Xi, Wang Yu Wen

Sinopsis: 
Kisah cinta penyihir terhebat Lan Zhou dan puteri suku Yu

Comment:
Tertarik nonton drama ini karena cinematografi nya keren. Suka kostumnya, latarnya, enak aja diliatnya. Padahal aku gak nonton yang pertama. Eh tapi episode awal aku salfok di tulisan diatas lukisan putri bersayap emas yang jadi legenda. Tulisannya pake aksara lontara, aksaranya suku bugis makassar. Lah jauh banget sampai ke china? Aku yakin itu lontara sih soalnya hurufnya sama semua. Cuma ada satu huruf yang beda. Nah back to dramanya, seperti biasa aku suka xianxia yang romantis abis. Drama ini bisa dibilang cukup romantis apalagi dengan guru yang selalu jagain Feng Ru Che meski dari jauh dan akan selalu menolongnya saat susah. 

9. The Best of You in My Mind

Genre: Modern, Romance, Sports, Youth
Episode: 24
Starring: Song Yiren

Sinopsis:
Sebuah kisah yang mengikuti dua teman masa kecil, seorang wanita muda dari keluarga yang hancur dan seorang pemanah yang sombong, ketika mereka diam-diam saling menyukai.

Comment:
Biasanya drama-drama yang diperankan Ireine Song tuh lucu. Dan betul aja drama ini dipenuhi kisah dua teman masa kecil yang saling menjahili satu sama lain. Mulai dari kehidupan SMA sampai kuliah gak ada hari tanpa keduanya berkelahi. Kayak tom and jerry pokoknya. Jadi betah juga nontonnya. Tapi aku salfok sama senior yang ganteng, duh dapat second lead syndrome. Awalnya dramanya sih berasa kayak nonton Skate into Love. Mungkin karena alurnya sama dan pelatih panahannya orang yang sama yang peranin pelatih hoki es. Tapi yang ini lebih lucu sih. Skate into Love lebih romantis.

10. The Love Equations

Also known as: The Sweet Love Story
Genre: School, Romance
Episode: 27
Starring: Simon Gong, Liu Ren Yu

Sinopsis:
Zhou Xiao adalah mahasiswa sastra yang menyukai novel-novel detektif, kriminal dan misteri. Ia bertemu pria satu kampusnya yang bernama Zhou Fanzhou. Pria itu sangat tampan dan ternyata dari jurusan kedokteran forensik. Zhou Xiao kemudian mendirikan organisasi detektif di kampusnya dengan Zhou Fanzhou sebagai salah satu anggotanya.

Comment:
Sebenarnya kalau drama kedokteran, aku tetep suka drakor. Soalnya mereka bikin dramanya detail gitu. Tapi kali ini ada spesialisasi yang beda yaitu kedokteran forensik. Ditambah ketemu pasangan penulis novel yang gemar dengan cerita misteri, cocoklah yah. Meski awalnya aku gak terlalu suka dengan female lead-nya dan nganggep dia gak cocok disandingkan dengan Simon Gong. Tapi pas tau dia suka Detective Conan jadi suka. Aku suka Simon Gong versi agak cupu disini soalnya biasanya dia jadi cowok dingin dan sombong. Drama ini sendiri dari novel yang dibuat oleh pengarang yang sama yang membuat A Love so Beautiful dan Put Your Head on My Shoulder jadi pastilah bagus.

Demikian rekomendasiku di awal 2020 ini. Masih menantikan banyak judul yang belum jelas jadwal tayangnya. Semoga rekomendasi kali ini bisa menjadi teman selama tinggal di rumah aja.
Stay safe and healthy.

Ay^^!
 
Baca Rekomendasi Drama China 2021 disini
Baca Rekomendasi Drama China 2020 Part 5 disini
Baca Rekomendasi Drama China 2020 Part 4 disini
Baca Rekomendasi Drama China 2020 Part 3 disini
Baca Rekomendasi Drama China 2020 Part 2 disini
Baca Rekomendasi Drama China 2019 disini
Baca Rekomendasi Drama China 2018 disini

Comments

Popular posts from this blog

Profil Deng Lun

Mumet dengan kerjaan, jadi mau update lagi deh biar fresh. Kali ini aku mau nulis profil salah satu aktor China favoritku. Awalnya mau nulis Yang Yang sih tapi dianggurin aja datanya. Nanti deh. Sekarang soalnya ngebet banget sama si senyum lebar, Deng Lun. Soalnya drama yang dia bintangi tuh oke banget. Ini dia profilnya Nama: Deng Lun Born: October 21 st , 1992 (yes, kami Cuma beda setahun) in Shijiazhuang, Hebei Prov Tinggi: 185 cm Berat: 65 kg Deng Lun merupakan lulusan Shanghai Theatre Academy dan memulai karirnya sejak 2013 dalam Drama TV berjudul “Flowers in Fog” (belum nonton sih) kemudian main di beberapa drama lainnya dan akhirnya karirnya terus menanjak. Aku sendiri jatuh hati sama dia waktu dia main di drama berjudul “Because of Meeting You” yang merupakan drama remake dari drama Korea berjudul “Jang Bo-ri is here”. Di drama ini ia berperan sebagai Li Yunkai, seorang pengacara yang merupakan teman masa kecil tokoh utama perempuan. Perannya yang ceria dan

Itazura na Kiss in all versions

Hajimemashite.. Maaf lagi sok Jepang.. Kali ini aku mau bahas soal salah satu Dorama Jepang yang saking populernya sampe diadaptasi dalam berbagai versi. Eng ing eng.. Itazura na Kiss.. Sudah pada nonton versi apa saja? Tenang aku juga belum nonton semua kok. Tapi bagaimana pun versinya kisahnya Cuma satu yaitu bercerita tentang Seorang cewek SMA yang kurang pintar dari kelas F (disini kelas dibagi berdasarkan kepintaran muridnya dan diurut dari A untuk yang paling pintar hingga F untuk yang paling kurang pintar) bernama Aihara Kotoko yang jatuh cinta dengan orang paling populer di sekolahnya dari kelas A bernama Irie Naoki sejak tahun pertama. Di tahun seniornya, Ia kemudian mengakui perasaannya lewat surat cinta kepada Naoki dan ditolak mentah-mentah dengan alasan Naoki benci gadis bodoh. Pada hari yang sama Kotoko kehilangan rumahnya karena suatu musibah (di setiap serial beda-beda eui musibahnya) dan bersama ayahnya terpaksa menumpang di rumah teman ayahnya yang ternyata adala

Review Cry Me a Sad River

Kali ini mau bahas salah satu film China yang cukup ngena di hati dan bikin ikutan nangis.  Ini dia Profilnya Also known: Bei Shang Ni Liu Cheng He Genres: Friendship, School, Youth, Drama, Melodrama, Tragedy Country: China Release: 30 September 2018 Starring: Ren Min, Xin Yun Lai, Zhao Ying Bo Sinopsis: Yi Yao dan Qi Ming adalah tetangga dan teman masa kecil yang pergi ke kelas yang sama. Murid pindahan Tang Xiao Mi menyukai Qi Ming dan menjadi cemburu dengan hubungan baik Yi Yao dengannya. Dia mengikuti Yi Yao dan menemukan rahasia miliknya. Tang Xiao Mi kemudian menggunakan rahasia ini untuk memulai bullyingnya di sekolah dan semua siswa lain bergabung. Penindasan itu perlahan menghancurkan Yi Yao, sampai Gu Sunxi muncul disampingnya dan membantunya. Namun sebuah tragedi kembali menghancurkan Yi Yao. Comment: #SpoilerAlert Setelah terlalu banyak menonton drama kali ini tertarik nonton film China. Yup, mungkin kita hanya familiar dengan film-film action, kung fu maupun his